Sunday, 5 February 2017

PAKET
01


1.   Bacalah teks berikut dengan saksama!
Sistem pendidikan di Indonesia dewasa ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berkaitan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia. Kurikulum 2006 yang sejak lma dipakai diganti dengan kurikulum 2013. Walaupun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum ini, pembelajaran tetap berjalan sebagai mestinya.
Makna kata tercetak niring dalam teks tersebut adalah ... .
A.  cepat
B.  penting
C.  sulit
D.  maju
2.   Bacalah teks berikut!
Hutan bakau merupakan ekosistim pendukung utama kehidupan di wilayah pesisir. Selain sebagai habitat biota laut, hutan bakau berfungsi mengurangi dampak tsunami. Hutan bakau juga berfungsi untuk menahan tepian pantai atau pulau dari pengikisan ombak atau abrasi. Setiap pengrusakan hutan bakau sangat berpotensi terhadap berkurangnya luasan kawasan daratan akibat abrasi.
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ... .
A.  Hutan bakau pendukung utama kehidupan di wilayah pesisir.
B.  Pengrusakan hutan bakau selalu dilakukan sekelompok manusia yang tinggal di pesisir pantai.
C.  Adanya habitat biota laut dapat menahan abrasi.
D.  Dampak tsunami berpotensi terhadap berkurangnya luasan kawasan daratan.
3.   Cermati teks berikut!
Festival Kebudayaan Melanesia 2015 tidak hanya sekedar ajang silaturahmi, tetapi untuk mencari persamaan kebiasaan atau cara hidup, kebudayaan, kesenian, cara berpakaian, bahasa, dan seni budaya lain antarnegara anggota Melanesia. Kesamaan cit –cita mrnjadi salah satu faktor utama untuk memperkenalkan dan memajukan suatu negara, khususnya bagi negara-negara Melanesia saat ini. Sejatinya, budaya memiliki peranan cukup besar dalam eksistensi suatu negara.
Simpulan isi teks tersebut adalah ... .
A.  Cara hidup, kebudayaan, kesenian, dan bahasa modal dasar pembangunan.
B.  Festival Kebudayaan Melanesia 2015 mendukung suatu kemajuan suatu bangsa.
C.  Kesamaan cita-cita merupakan alasan penyelenggaraan acara tersebut.
D.  Budaya memiliki andil cukup besar dalam eksistensi suatu bangsa.
4.   Cermatilah teks berikut
Fear of missing out (FOMO) adalah semacam penyakit mental yang banyak menimpa pengguna media sosial, semacamkecemasan, ketakutan, keengganan, dan juga ketidakmauan tertinggal informasi. Beberapa indikasi FOMO antara lain keinginan untuk selalu mengaktualkan apa pun peristiwa atau kejadian yang menimpa agar diketahui publik. Indikasi lainnya adalah keinginan untuk mengetahui apa yang terjadi pada orang lain yang sering disebut knowing every particular object (KEPO). FOMO tidak hanya menghinggapi kalangan muda, tetapi juga kalangan kalangan senior terdidik, para lulusan pascasarjana, professional, pengusaha, dan kalangan mapan lainnya.
Ide pokok teks tersebut adalah…     
A.  FOMO adalah semacam penyakit mental yang banyak menimpa pengguna media     sosial
B.  Keinginan untuk selalu mengaktualkan apa pun peristiwa atau kejadian yang menimpa

C.  Keinginan untuk mengetahui apa yang terjadi pada orang lain atau KEPO
D.  FOMO menghinggapi kalangan muda, para lulusan pascasarjana, professional, dan pengusaha
5.   Cermatilah paragraf berikut!

Tahun ini kemarau sangat panjang, sampai-sampai tanah di persawahan kering bahkan retak-retak.  Sumur juga kering sehingga tidak dapat untuk menyiram tanah. Sungai-sungai yang biasanya menjadi harapan petani saat musim kemarau juga mendangkal. Padi yang sudah terlanjur ditanam pun akhirnya puso karena kekurangan air.
Isi tersirat teks tersebut adalah… 
A.  Terjadi kemarau panjang
B.  Sumur menjadi kering
C.  Sungai-sungai mendangkal
D.  Petani tidak panen2
6.   Cermatilah paragraf berikut!
Setiap hari Senin setiap sekolah melaksanakan upacara bendera. Hal ini sudah menjadi agenda rutin. Upacara bendera banyak manfaatnya, baik bagi guru maupun siswa. Selain untuk berlatih disiplin, juga dapat menghargai perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan.  Dari amanat pembina upacara, para siswa juga mendapat nasihat-nasihat yang bermanfaat bagi masa depan mereka.
Pernyataan yang mendukung pada teks tersebut adalah…
A.    Saya senang, para siswa mengikuti upacara bendera setiap hari Senin
B.    Saya senang, para siswa dapat  berkumpul dengan teman-temannya
C.    Saya senang, para siswa mendapatkan banyak manfaat ketika mengikuti
 upacara bendera
D.    Saya senang, para siswa lebih sehat karena mendapat vitamin D
7.   Bacalah bacaan berikut!
Tineke telah berusia 83 tahun dan berambut putih. Meskipun demikian, semangat dan tekadnya tidak pernah kendur untuk mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Prestasinya yang spektakuler di dunia atletik patut dicontoh dan dihargai. Meskipun telah berusia lanjut, wanita berbadan tegap tersebut tetap aktif mengikuti berbagai lomba atletik hingga tingkat internasional.
Tekad Tineke untuk menjadi atlet diawali ketika Pekan Olah Raga Nasional (PON) I yang diadakan di Solo 1948. Pada saat itu, wanita yang pernah tinggal di Belanda itu datang ke stadion dan melihat langsung pertandingan atletik. Kemudian, dia mulai berlatih dan terus berlatih. Akhirnya, karena tekad kuatnya, wanita berambut pendek itu terpilih mewakili DKI Jakarta pada PIN ke-2 di Jakarta. Pada saat itu, dia berhasil menyabet medali emas untuk lari estafet 4x100 meter. Kemudian, pada PON ke-4 dan ke-5 dia tidak bisa ikut karena sudah menikah dan pindah ke Belanda.
Ringkasan yang tepat berdasarkan teks di atas adalah....
A.  Tineke telah berusia 83 tahun. Prestasinya di dunia atletik patut dicontoh dan dihargai.
B.  Tineke telah berusia 83 tahun masih aktif mengikuti  berbagai lomba atletik. Tekadnya menjadi atlet diawali ketika PON di Solo 1948.
C.  Semangat Tineke untuk mengharumkan nama bangsa tidak pernah kendur. Oleh karena itu dia rajin dan terus berlatih.
D.  Tekad Tineke untuk menjadi atlet diawali ketika PON di Solo. Pada saat itu dia berhasil menyabet medali emas.
8.   Bacalah teks berikut!
Teks 1
Suatu hari gagak dan merak bercakap-cakap di tepi sungai.
“Sungguh membanggakan bila bulu yang kita miliki berwarna indah,” kata merak.
“Tidakkah kau bosan dengan warna bulumu yang hanya putih itu?”

“Ya, sungguh membosankan,” sahut gagak. “Bagaimana kalau kita mencari bahan pewarna? Mula-mula aku akan mengecat bulu-bulumu, setelah itu, kau mengecat buluku. Bagaimana?”

Teks 2
Diantara daun kayu tampak kepada mereka tebing itu turun ke bawah, di kakinya tegak pondok, sunyi mati, tak sedikit jua pun kentara, bahwa dia melindungi manusia yang hidup, pandai bergerak dan bersuara. Di bawahnya kedengaran sebentar-bentar sapi mendengus dan binatang-binatang itu pun kelihatan kekabur-kaburan dalam sinar bara yang kusam. Dari celah-celah dinding pondok keluar cahaya yang kuning merah, tetapi tiada berupa jauh sinar yang halus itu lenyap dibalut oleh kelam yang Maha Kuasa.
Perbandingan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah....
A.  Teks 1 lebih banyak menggunakan kalimat-kalimat dialog, sedangkan teks 2 dengan pencerita.
B.  Teks 1 bahasanya sederhana, mudah dipahami, sedangkan teks 2 bahasanya sulit dipahami.
C.  Teks 1 menggunakan pencerita dia an, sedangkan teks 2 menggunakan pencerita aku an.
D.  Teks 1 bahasanya enak didengar sedangkan teks 2 bahasanya kasar.
9.   Bacalah kutipan teks berikut!
Pada bab pertama novel “Sang Pemimpi”, Andrea menceritakan bahwa dirinya (dalam novel ini digambarkan sebagai Ikal) dan kedua temannya, Arai dan Jimbron adalah tiga remaja yang nakal. Mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar, tokoh antagonis dalam novel ini. Sebaliknya, hal berbeda diberikan oleh sang Kepala Sekolah yang bernama Pak Balia. Pak Balia lah yang telah memberikan mimpi-mimpi kepada murid-muridnya, terutama kepada Ikal, Arai dan Jimbron. “Jelajahi kemegahan Eropa sampai ke Afrika yang eksotis. Temukan berliannya budaya sampai ke Perancis.....”. itulah kata-kata yang sering diucapkan Pak Balia.
Hal yang menyatakan keunggulan karya novel tersebut adalah....
A.  Cerita cocok untuk remaja
B.  Latar ceritanya menarik
C.  Sudut pandang orang ketiga
D.  Pesan moral secara tersurat
Cermatilah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 10 – 12.
Sejak tangan kirinya terluka dan tidak bisa bekerja, Emak jadi sangat pendiam. Wajah  sendunya jadi  murung. Belakangan ini, Emak sering menghabiskan waktu untuk melamun selama berjam-jam di bale-bale rumah. Tampak jelas di wajah senjanya Emak memikirkan sesuatu, sesuatu yang membuatnya tampak frustasi. Beberapa kali Dani memergoki Emak menangis. Setiap kali didekati dan ditanya, Emak selalu menjawab tidak apa-apa, selalu bersikap seolah beliau baik-baik saja.
10. Makna kata frustasi pada kutipan cerpen tersebut adalah ….
A.   Rasa kecewa akibat kegagalan di dalam  mengerjakan  sesuatu.
B.  Rasa sedih akibat tidak berhasil membahagiakan orang lain.
C.   Rasa bersalah akibat telah  mengecewakan orang yang dicintai.
D.   Rasa menyesal akibat kenyataan tidak sesuai dengan harapan.
11.    Makna tersurat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ….
A.  Emak sedang tidak enak badan.
B.  Emak sedang memikirkan sesuatu.
C.  Emak selalu dalam kondisi baik.
D.  Emak sedih memikirkan Dani.
12.    Kutipan cerpen tersebut merupakan bagian ….
A.  Orientasi
B.  Komplikasi
C.  Resolusi
D.  Koda
13.    Bacalah kutipan teks berikut!
Tatkala suatu senja sepasang merpati tersebut kembali ke rumahnya, yang didapati adalah  sepasang ayam galak sedang mengobrak abrik rumahnya dan memakan segala makanan yang terdapat di situ.Alangkah terkejutnya sepasang merpati itu. Marahlah mereka kepada sepasang ayam yang kelihatannya malah mengejeknya.
Latar pada kutipan fabel di atas adalah....
A.  Senja hari, di rumah
B.  Sore hari, di hutan
C.  Malam hari, di hutan
D.  Pagi hari, di rumah
14.    Makna simbol dari sepasang merpati pada cerita di atas adalah....
A.  Kesetiaan dan kasih sayang
B.  Kejujuran
C.  Kedewasaan
D.  Kebaikan dan kelembutan
15.    Bacalah teks berikut!
Ayah mengamati aku dari atas ke bawah.Ia berdiri dan menjangkau tangan kananku.Katanya “Untuk apa bunga ini,heh.”Aku tidak tahu karena apa,telah mencintaibunga di tanganku ini. Ayah meraih, merenggutnya dari tanganku.Kulihat bungkah otot tangan ayah menggenggam bunga kecil-kecil itu.Aku menahan untuk tidak berteriak.
“Laki-lakitidak perlu bunga Buyung. Kalau perempuan bolehlah. Tetapi engkau laki-laki.”
Ayah melempar bunga itu.Aku menjerit. Ayah pergi. Ibu masih berdiri. Aku membungkuk, mengambil bunga itu,membawanya ke kamar.
Isi tersirat kutipan cerpen tersebut adalah...
A.  Ayah tidak ingin Buyung memiliki  sifat lembut seperti wanita.
B.  Ayah tidak ingin anaknya menyukai bunga seperti dia.
C.  Ayah tidak ingin kalau bunga itu dipetik.
D.  Ayah ingin bunga itu menjadi hiasan di taman.
Bacalah kutipan teks cerpen berikut kemudian kerjakan soal nomor 16 dan 17!
Gadis kecil itu kembali ke teras dengan berlari, tidak lupa membawa segulung kain kasa di tangan. Mia meneteskan obat antiseptik ke lengan burung itu pelan-pelan seolah takut menyakiti.
“Kau tenang saja burung cantik, ini akan sedikit sakit, tapi kau akan segera sembuh dan bisa terbang lagi bersama keluargamu,” ujarnya lirih pada burung malang itu seperti seorang dokter.
Kemudian dililitkan kasa steril sebagai perban dengan hati-hati seolah-olah takut jika dia mematahkan lengan yang terluka itu. Mia teringat ayah yang pernah membalutkan perban kasa steril seperti ini ketika dia jatuh dari sepeda.
Mia menceritakan peristiwa yang dialami itu kepada ayahnya. Kata ayahnya, mungkin burung itu terkena tembakan senapan angin para pemburu burung.
Dua hari telah berlalu. Ketika suatu pagi Mia bangun untuk melihat pasien kecilnya, betapa terkejut dia.
“Ayah… Ibu…!” teriak Mia. Ayah dan ibu pun tergopoh-gopoh menghampiri Mia. “Lihat Yah! Burung ini kenapa? Sayap dan dadanya tidak lagi naik turun seperti kemarin, tetapi lukanya sudah mengering,” seru Mia seraya menunjukkan luka di balik balutan perban yang baru saja dibukanya.
“Mia, burung ini terluka cukup parah waktu kau menemukannya tempo hari. Dia sekarang tidak kuat lagi.”

“Mmm… maksud Ayah dia sudah mati?” pekik Mia. Air mata meleleh di pipinya yang kemerahan.
“Iya Mia, Ayah turut menyesal.”

16.    Sebab terjadinya konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah …
A.  Mia menjumpai burung yang terluka di teras rumah.
B.  Mia suka memelihara burung yang sedang terluka.
C.  Burung yang cantik bisa terbang lagi setelah sembuh.
D.  Para pemburu kehilangan burung yang ditembak.
17.    Akibat konflik yang terjadi pada kutipan cerpen tersebut adalah …
A.  Tokoh Ayah turut menyesal.
B.  Tokoh Mia merasa sedih.
C.  Tokoh Ibu menghampiri Mia.
D.  Tokoh Mia mengobati luka.
18.    Bacalah teks berikut!
Teks 1
Senyum Haryono
Para pekerja tertawa bersama. Mereka, para pengumpul batu itu, memang pintar bergembira dengan cara menertawakan diri mereka sendiri. Dan Haryono tidak ikut tertawa, melainkan cukup tersenyum. Bagi mereka tawa atau senyum sama-sama sah sebagai perlindungan terakhir. Tawa dan senyum bagi mereka adalah simbol kemenangan terhadap tengkulak, terhadap rendahnya harga batu, atau terhadap licinnya tanjakan. Pagi itu senyum Haryono pun sebagai tanda kemenangan atas perutnya yang sudah mulai melilit dan matanya yang berkunang-kunang.
Haryono melangkah pelan dan sangat hati-hati. Beban yang menekan pundaknya adalah pikulan yang digantungi dua keranjang batu kali. Jalan tanah yang sedang didakinya sudah licin dibasahi air yang menetes dari tubuh Haryono dan kawan-kawan, yang pulang balik mengangkat batu dari sungai ke pangkalan material di atas sana.


Teks 2
Gadis Penjaja Tikar
            Suasana Kebun Raya Bogor dipenuhi dengan pengunjung. Laki-laki, perempuan, tua maupun muda semuanya ada di sana. Saat itu adalah hari libur panjang sekolah sehingga banyak pengunjung yang pergi liburan. Mereka ingin menikmati suasana malam dan menghilangkan kejenuhan.
            Seorang anak kecil tiba-tiba datang dengan pakaian sederhana. Ia menjajakan tikar dari plastik kepada para pengunjung ke pengunjung lain. Ia terus menawarkan tikarnya. “Pak, mau sewa tikar?” katanya pada Pak Umar. “Berapa harga sewa satu lembar tikarnya?” tanya Pak Umar. “Lima ribu rupiah, Pak!” jawabnya dengan suara lembut. “Bagaimana kalau bapak ambil tiga puluh ribu rupiah?” tanya Pak Umar lagi. Gadis itu diam sejenak.
Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut diawali dengan …

Teks 1
Teks 2
A
Menginformasikan garis besar cerita
Mengisyaratkan adanya ketegangan
B
Memulai dengan perbuatan tokoh
Menginformasikan garis besar cerita
C
Menampilkan lokasi terjadinya cerita
Mengisyaratkan adanya ketegangan
D
Memulai dengan perbuatan tokoh
Menampilkan lokasi terjadinya cerita





19.    Bacalah kedua kutipan cerita berikut!
Kutipan fable 1
Kutipan fable 2
Dengan senang hati Kus Tikus naik ke leher sang Jerapah. Kemudian dia memegang kaleng cat dengan kedua bibirnya. Dia merasa nyaman menempel di leher sang Jerapah. Dengan mudah si tikus menjangkau tempat-tempat yang sulit. Si tikus mengayunkan kuas ke langit-langit. Pekerjaan mereka sangat rapi. Pak Beruang sang pemilik rumah, sangat besar hatinya. Lalu, ia memberi imbalan jerih payah lebih untuk Kus Tikus dan Jiji Jerapah
Ketika mereka sedang berpesta, tiba-tiba monyet berteriak kencang, “Teman-teman cepat bersembunyi, ada gerombolan serigala mengintai kita!” seketika itu juga mereka kalang kabut. Tiba-tiba gerombolan serigala mengejar binatang-binatang yang ada di rumah Kuku. Kura-kura, monyet, kancil, dan kambing sudah tertangkap oleh serigala. Seketika itu juga Landa marah. Dia tidak terima melihat teman-temannya ditangkap serigala.
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua cerita tersebut adalah....

Kutipan 1
Kutipan 2
A
Menggunakan bahasa kiasan
Menggunakan bahasa lugas
B
Menggunakan bahasa lugas
Menggunakan bahasa kiasan
C
Menggunakan bahasa ungkapan
Menggunakan bahasa berkonotasi negatif
D
Menggunakan bahasa sehari-hari
Menggunakan bahasa campuran
20.    Bacalah kutipan cerita berikut!
Setelah mendengar cerita itu Kuku merasa iba kepada Landa. Kuku berusaha menghibur Landa. Dia juga mengundang Landa ke pesta di rumahnya. Landa senang mendapat undangan itu. Keesokan harinya Landa datang ke rumah Kuku. Dengan senang dan bergembira dia segera menuju ke rumah Kuku. Setelah sampai di rumah Kuku ternyata sudah banyak binatang lain yang hadir dalam pesta tersebut, termasuk monyet, kambing, dan kancil. Kuku menerima kedatangan Landa dengan gembira. Dia mengenalkan Landa kepada teman-temannya. Sebagian dari tamu-tamu itu ada yang mau bersalaman dengan Landa dan sebagian lain menolaknya.
Komentar terhadap isi teks cerita tersebut adalah ….
A.  Cerita tersebut  menarik karena memakai tokoh Kuku dan Landa.
B.  Cerita tersebut bagus tokoh utamanya hanya mengundang Landa ke rumahnya.
C.  Cerita tersebut menarik semua teman binatang  mau bersalaman dengan Landa
D.  Cerita tersebut bagus dapat menginspirasi pembaca dalam berteman kepada sesama.
21.    Bacalah kutipan cerita berikut!
Di hutan belantara hiduplah seekor landak. Namanya Landa. Jarang sekali dia bermain dengan binatang lain. Si landak tidak mau bermain dengan binatang lain karena khawatir duri yang ada di tubuhnya akan menusuk temannya. Setiap hari Landa bermain sendiri. Mencari makan pun dia hanya berani pada malam hari di saat binatang lain tidur pulas. Hatinya sedih karena tidak mempunyai teman yang bisa diajak berbicara dan bermain. Beberapa waktu lalu si Landa mengajak monyet, kambing, kancil, dan binatang lainnya untuk bermain bersama. Akan tetapi mereka menolak ajakan itu.
Komentar terhadap pola pengembangan teks tersebut adalah ….
A.  Cerita tersebut diawali dengan seekor landak yang jarang bermain dengan binatang lain.
B.  Cerita tersebut mengisahkan landak yang senang mencari makan di malam hari.
C.  Cerita tersebut diawali dengan binatang lain yang menolak ajakan si landak.
D.  Cerita tersebut mengisahkan monyet, kambing, kancil, dan landak.
22.    Perhatikan kalimat berikut!
Kapal itu Berlayar menyusuri samudera Pasifik.
Kalimat tersebut salah dalam penggunaan ejaan karena ....

A.  Huruf kapital seharusnya tidak dipakai sebagai penjelas huruf pertama nama diri geografi yang digunakan sebagai penjelas nama jenis.
B.  Huruf kapital seharusnya dipakai sebagai huruf pertama nama diri geografi jika kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya.
C.  Huruf kapital seharusnya dipakai sebagai sebagai huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi.
D.  Huruf kapital seharusnya dipakai sebagai penjelas huruf pertama nama diri geografi yang digunakan sebagai penjelas nama jenis.
23.    Bacalah teks Laporan berikut!
Laporan Kegiatan … Tes Kompetensi Dasar mengatakan bahwa rerata kemampuaqn calistung (membaca, menulis, berhitung) untuk seluruh kabupaten di Provinsi DIY belum dapat memenuhi kriteria dan perlu ditingkatkan. Hal ini beralasan jika melihat hasil … Direktorat Ketenagaan Depdiknas Tahun 2004 yang menyebutkan secara 65, 29% dari sebanyak 29.238 guru SD tidak menguasai dengan baik materi pelajaran (Mundularto, 2005:8). Hal ini memiliki pengaruh terhadap … soal yang digunakan dalam Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN).
Kata baku yang tepat untuk melengkapi kutipan tersebut adalah …
A.  Analisa, survei, kualitas
B.  Analisa, survei, kwalitas
C.  Analisis, survei, kualitas
D.  Analisis, survey, kualitas
24.    Perhatikan petunjuk rumpang berikut!
Petunjuk Melakukan Wawancara
1)    Tetapkan tujuan melakukan wawancara, lalu tentukan narasumber.
2)    [ ….. ]
3)    Upayakan pertanyaan yang diajukan dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya..
4)    [ ….. ]
5)    Saat melakukan wawancara, ajukan pertanyaan yang runtut.
6)    Akhiri wawancara dengan kesan menyenangkan.
Kalimat tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah …
A.  2) Siapkan daftar pertanyaan sesuai tema yang dipilih dan alat tulis.
4)  Daftar pertanyaan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan narasumber.
B.  2)  Siapkan daftar pertanyaan sesuai tema yang dipilih dan alat perekam.
4)  Awali pembicaraanringan, seperti menanyakan kabar.
C.  2)  Siapkan daftar pertanyaan sesuai temayang dipilih dan alat tulis.
4)  Penentuan tema wawancara bertujuan untuk membatasi perbincangan dengan narasumber.
D.  2)  Siapkan daftar pertanyaansesuai tema yang dipilih dan alat perekam.
     4) Hubungi narasumber dan buatlah janji terlebih dahulu untuk melakukan wawancara dengan
          narasumber.
25.    Cermati kalimat-kalimat berikut !
Petunjuk Membuat Tape Singkong
1.   Kupas singkong yang akan dibuat tape
2.   Cuci bersih singkong yang telah dikupas
3.   Kerok singkong yang telah dikupas
4.   Taburi singkong yang sudah dingin dengan ragi tape secukupnya
5.   Kukus singkong yang sudah bersih
6.   Dinginkan singkong yang sudah matang
7.   Siapkan tempat yang dilapisi penuh dengan daun pisang
8.   Masukkan singkong yang telah ditaburi ragi tape
9.   Tutup rapat-rapat dan simpan
10. Setelah 2-3 hari buka dan tape siap disantap
Urutan yang tepat petunjuk membuat Tape singkong tersebut adalah…
A.  1, 3, 2, 5, 6, 4, 7, 8, 9, 10
B.  1, 2, 3, 5, 6, 4, 7, 8, 9, 10
C.  1, 3, 2, 4, 6, 5, 7, 8, 9, 10
D.  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10
26.    Bacalah kalimat berikut!
Buah jambu biji sangat bagus bagi…. tubuh karena banyak mengandung …. yang dapat      menyegarkan dan menghaluskan….
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah…
A.  Kesegaran, vitamin, kulit
B.  Kesehatan, nutrisi, wajah

C.  Kesehatan, vitamin, kulit
D.  Kesegaran , nutrisi , tubuh
27.    Bacalah teks berikut!
Di sebuah hutan yang sangat lebat, tinggallah bermacam-macam hewan. Ada Semut, Gajah,   Harimau, Badak, Burung, dan sebagainya.Pada suatu hari, datanglah badai yang sangat dasyat.....Semua hewan berlari ketakutan menghindari badai tersebut.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah…
A.  Banyak hewan penghuni hutan itu kebingungan.
B.  Badai itu membuat seluruh penghuni hutan panik.
C.  Badai itu banyak menghancurkan rumah-rumah hewan di hutan.
D.  Banyak hewan yang lari tunggang langgang.
28.    Bacalah teks di bawah ini!
Penduduk asli negara Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan pohon singkong. Pohon singkong merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditanam oleh para petani di tanah air. Dari umbi hingga daunnya, tanaman ini dapat digunakan untuk kehidupan manusia. Umbi pohon ini dikenal dengan nama singkong yang merupakan jenis umbi kayu yang dapat diolah menjadi aneka makanan yang nikmat. Sementara untuk batangnya dapat dimanfaatkan sebagai kayu bakar dan bisa ditanam kembali dengan cara distek.
(....)
Berdasarkan informasi yang diambil dari manfaatdaun.com, daun singkong mempunyai kandungan nutrisi yang terdiri dari vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, magnesium, kalium, kalsium, zat besi, mangan, zinc dan lain sebagainya. Selain itu, daun singkong mempunyai kadar kalori dan lemak rendah. Di dalam 100 gram daun singkong terdapat kandungan kalori sebanyak 37 kkal dan terdapat kandungan lemak sebanyak 1,9 gram.
Paragraf yang tepat untuk mengisi bagian rumpang  teks tersebut adalah…
A.  Nah, bagaimana dengan daunnya? Sama seperti umbi singkong, daun singkong juga dapat dikonsumsi menjadi berbagai masakan yang enak seperti ditumis, direbus sebagai lalapan serta bisa juga dimasak menjadi sayur lodeh dan urap. Jika dibandingkan, kandungan nutrisi di dalam daun singkong tak kalah dengan kandungan yang terdapat pada sayuran pada umumnya
B.  Tak hanya untuk mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, kandungan nutrisi di dalamnya juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, berikut ini akan diberikan informasi tentang manfaat daun singkong untuk kesehatan tubuh.

C.  Selain kaya akan kandungan nutrisi dan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, daun singkong ini juga dibanderol dengan harga yang cukup murah. Dengan uang 2 ribu rupiah saja, kita sudah bisa mendapatkan daun singkong ini di pasaran.
D.  Akan tetap daun singkong tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam porsi yang berlebihan, terutama untuk orang yang menderita hipertensi. Mengkonsumsi daun singkong secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah atau hipertensi.
29.    Bacalah teks berikut!
Aku terlalu sombong dan angkuh, aku menghendaki manusia sempurna sedangkan manusia hanya dapat ikhtiar dan berusaha untuk sempurna. Kini aku sadar kemanusiaaan hanya dapat dibina dengan mencintai dan bukan membenci. Sudah saja hendak merusak manusia lain. Tetapi pertama kali merusak dirinya sendiri. (Harimau-Harimau oleh Moehtar Lubis).
Dalam kutipan novel di atas pengarang menggunakan sudut pandang …
A.  akuan
B.  diaan
C.  orang kedua
D.  orang ketiga
30.    Cermati data hasil lomba baca puisi berikut !
Lomba baca puisi dalam rangka memperingati HUT SMP N 1 Sukodono
Peringkat
Kelas
Jumlah Nilai
Juara 1
Kelas 1XB
1060
Juara II
Kelas VIID
1024
Juara III
Kelas VIIG
1010
Paragraf laporan yang tepat berdasarkan data tersebut adalah…
A.  Hasil lomba yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMP N I Sukodono sebagai berikut. Juara I diraih oleh kelas IX B dengan jumlah nilai 1060.Juara II diraih oleh kelas VII D dengan jumlah nilai 1024 dan juara III diraih oleh kelas VII G dengan jumlah nilai 1010.
B.  Hasil lomba baca puisi yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMP N I Sukodono sebagai berikut.Juara I diraih oleh kelas IX B dengan jumlah nilai 1060.Juara II diraih oleh kelas VII D dengan perolehan nilai 1024 dan juara II diraih oleh kelas VII G dengan jumlah nilai 1010.
C.  Hasil lomba baca puisi yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMP N I Sukodono sebagai berikut. Juara III diraih oleh kelas IX B dengan jumlah nilai 1060.Juara II diraih oleh kelas VII D dengan perolehan nilai 1024 dan juara I diraih oleh kelas VII G dengan jumlah nilai 1010.
D.  Secara berturut-turut hasil lomba kelas yang dilaksanakan di SMP N I Sukodono sebagai berikut. Juara I diraih oleh kelas IX G dan Juaran II diraih kelas VII D juara III diraih oleh kelas VIII G
31.    Bacalah kalimat berikut!
Pelajar sekarang lebih mengutamakan musyawarah mufakat dari pada sikap anarkis guna menyelesaikan masalah.
Penulisan yang tepat pada kata yang bercetak miringdi atas adalah….
A.  anarki
B.  anarkitis
C.  anarkisme
D.  anarkinisme.
Bacalah paragraf di bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 32 dan 33!
(1)               Memasuki kawasan wisata Sangeh, terdapat patung besar yang berwujud ksatria raksasa, yaitu Kumbakarna yang sedang dikeroyok puluhan kera-kera. (2) Patung ini menggambarkan kisah pewayangan Ramayana yang sangat dikenal masyarakat Bali. (3) Di sekitar patung Kumbakarna terdapat dua patung singa, yang salah satunya terlihat sedang mengasuh seekor anak kera. (4) Hal ini berarti menunjukkan bahwa masyarakat Bali menyukai seni pahat patung yang tinggi. (5) Setelah memasuki pintu gerbang akan melewati jalan sepanjang lebih kurang 200 meter menuju hutan pala yang setiap sisinya dipagari dengan tembok batu-batu kali besar yang disusun tidak beraturan.
32.    Berdasarkan paragraf di atas kalimat tidak efektif ditunjukkan pada nomor….
A.  1
B.  2
C.  3
D.  4
33.    Kalimat tidak padu pada paragraf di atas ditunjukkan pada nomor….
A.  1
B.  2
C.  4
D.  5
34.    Perhatikan kalimat berikut!
Menurut (1)....dokter,ayah menderita penyakit (2)....,sehingga operasi prostatnya ditunda karena sangat membahayakan bagi jiwanya.
Istilah yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kalimat tersebut adalah....
A.  1) analisis (2) hipertensi
B.  (1) penelitian (2) infeksi
C.  (1) diagnosis (2) hipertensi
D.  (1) diagnosa (2) ginjal
35.    Perhatikan kalimat di bawah ini !
Andi dan Ayahnya .......di hotel sejak pulang ke Indonesia.
A.  bermalam
B.  semalaman
C.  semalam
D.  kemalaman
36.    Tidak seorang pun berpangku tangan saat banjir datang, bahkan mereka [...] dengan penuh semangat...
Kata ulang yang tepat untuk mengisi bagian rumpang kalimat tersebut adalah....
A.  tolong-tolongan
B.  tolong-menolong
C.  bertolong-tolong
D.  tolong-tolong
37.    Cermati teks berikut!
1) Pendidikan adalah suatu proses internalisasi budaya kepada seseorang atau sekelompok masyarakat untuk menjadikan orang atau kelompok tersebut lebih beradap. 2) Selama ini terjadi salah kaparah mengenai definisi pendidikan. 3) Pendidikan hanya diartikan sebagai proses transfer ilmu saja antara guru dan siswa, serta mementingkan hasil sehingga melupakan nilai sosial dan moral. 4) Itulah sebabnya seharusnya sistim pendidikan tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan saja, tetapi juga memberikan pendidikan karakter siswa.
Kalimat yang menggunakan kata tidak baku dalam paragraf tersebut adalah ....
A.  1)
B.  2)
C.  3)
D.  4)
38.    Cermati paragraf berikut!
1)Sebagian besar perdagangan luar negeri Indonesia dijalankan dengan menggunakan dolar AS sehingga mahalnya dolar AS akan membuat harga barang impor menjadi lebih mahal. 2) Keadaan ini tidak terlalu buruk, terutama jika barang impor tersebut adalah jenis barang konsumsi. 3) Keadaan ini membuat orang yang dahulu gemar membeli buah impor dari luar negeri kini beralih ke buah lokal dari daerah yang harganya lebih rendah. 4) Jadi, kenaikan harga dolar memang akan mengurangi pendapatan importir lokal, tetapi akan menaikkan pendapatan para petani dan pedagang buah lokal.
Kalimat tidak efektif dalam paragraf tersebut ditunjukkan nomor ....
A.  1)
B.  2)
C.  3)
D.  4)
39.    Bacalah teks berikut!
Norma kesopanan mengajarkan setiap warga negara untuk menghormati hak-hak orang lain. Norma ini selalu mengatur tingkah laku kita dalam pergaulan hidup sehari-hari. Norma ini merupakan aturan yang berasal dari hati nurani mengenai perilaku baik dan buruk. Sebagai contoh orang yang meludah di tempat umum akan dicela dan dinilai tidak sopan.

A.  Jika tidak diatur dengan baik, kemungkinan akan terjadi penyimpangan terhadap norma kesopanan tersebut.
B.  Negara menyadari bahwa setiap warganya memiliki perbedaan dalam memenuhi kebutuhan hidup.
C.  Pelanggaran terhadap norma kesopanan akan mengakibatkan seseorang dicela atau dicemooh oleh masyarakat.
D.  Norma kesopanan mengatur, melarang, serta memaksa warga masyarakat untuk bertingkah laku sesuai undang-undang.
Bacalah teks eksposisi berikut ini untuk soal no 40 dan 41!
Pendidikan adalah senjata yang paling ampuh karena dengan pendidikan, manusia mampu mengubah dunia. Sebenarnya, apa itu pendidikan? Pendidikan adalah sebuah alat untuk dapat memelajari (1) banyak hal yang bermanfaat. Pendidikan yang ada di negara kita sendiri, Indonesia, tergolong lumayan baik. Pemerintah telah mengeluarkan dana untuk merenovasi dan membangun gedung sekolah dan menggeratiskan untuk biaya pendidikan. Apa yang mesti didasari oleh pelajar adalah adanya keinginan belajar dan berprestasi. Dengan tekat bisa membangun semangat yang ada dalam diri pelajar, haruslah para pelajar segera menyadari bahwa pemerintah sudah membantu mereka secara taklangsung, yakni dengan membantu pendidikan Indonesia. Banyak pelajar-pelajar harus memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia dan negara Indonesia karena pendidikan yang sudah ditopang oleh pemerintah Indonesia. Dengan begitu, pasti derajat Indonesia akan lebih diakui dikancah (2) dunia. Selain itu Indonesia juga akan banyak ditangani oleh investor asing sehingga mampu meningkatkan perekonomian dalam negeri. Namun pendidikan kadang dicemari, karena ulah para oknum yang tidak bertanggung jawab mencoreng dunia pendidikan Indonesia. Hal tersebut mesti diberantas. Bagaimana caranya? Dengan mendatangkan guru yang berkualitas dan sosialisasi kepada para murid, di harapkan (3) dapat menekan angka ulah oknum tidak bertanggung jawab ini. Sering di Koran atau televisi, kekerasan di sekolah dan bullying (perisakan) terhadap sesama teman sejawat. Itu juga pe  rlu di hindari demi kemajuan pendidikan Indonesia. 
40.    Perbaikan yang tepat untuk kata yang bercetak miring pada teks tersebut adalah …
A.  (1) mempelajari, (2) di kancah, dan (3) diharapkan
B.  (1) mempelajari, (2) dikancah, dan (3) di harapkan
C.  (1) mempelajari, (2) di kancah, dan (3) di harapkan
D.  (3) mempelajari, (2) di-kancah, dan (3) di-harapkan


41.    Perhatikan kalimat berikut!
Banyak pelajar-pelajar harus memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia dan negara Indonesia karena pendidikan yang sudah ditopang oleh pemerintah Indonesia.
Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah …
A.  Banyak pelajar yang harus memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia dan negara Indonesia karena pendidikan yang sudah ditopang oleh pemerintah Indonesia.
B.  Pelajar-pelajar harus memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara Indonesia karena pendidikan yang sudah ditopang oleh pemerintah Indonesia.
C.  Banyak pelajar-pelajar harus memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara Indonesia karena pendidikan yang sudah ditopang oleh pemerintah Indonesia.
D.  Pelajar harus memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara Indonesia karena pendidikan yang sudah ditopang oleh pemerintah.
42.    Cermati teks berikut!
(1) Terjadinya kerusakan lingkungan di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, lebih disebabkan  oleh masih lemahnya penegakan hukum di bidang lingkungan. (2) Bahkan, beberapa kasus yang benar-benar merusakkan lingkungan pun kadang luput dari jeratan hukum. (3) Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah Jawa Barat, Ade Suhanda Adnawidjaja, menyatakan bahwa secara ideal kasus yang menyangkut lingkungan seharusnya ditangani oleh pihak eksekutif. (4) Namun, hal itu tidak bisa dilakukan mengingat adanya keterbatasan kewenangan dan personel. (5) Oleh karena itu, penegakan hokum di berbagai bidang harus dilaksanakan secara bersih, transparan dan profesional.
            Kalimat penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah …
A.  (2)
B.  (3)
C.  (4)
D.  (5)
43.   Penggunaan ejaan tidak tepat terdapat pada kalimat …
A.   Ibu sangat menyukai kursi dengan ukiran jepara.
B.   Ayah memerlukan kunci inggris untuk memperbaiki sepeda motornya.
C.   Harga pisang ambonlebih mahal daripada pisang depok.
D.  Saya sangat menyukai jeruk bali.
44.  Penggunaan tanda baca tidak tepat terdapat pada kalimat …
A.    Kamu pasti punya banyak waktu luang buat belajar, ya?
B.    Wah, kamu pasti senang menjadi juara kelas.
C.    Mengapa kamu tidak mengumpulkan, tugas Her?
D.    Aku setiap hari belajar, tetapi tetap saja kalah denganmu.
45.  Perhatikan kalimat berikut :
1.   Pada bulan Pebruari curah hujan tinggi
2.   Nenek masih keturunan Suku Sunda
3.   Gaya bicara Cinta Laura ke - Inggris-inggrisan
4.   Pada hari Jumat siswa memakai seragam pramuka
Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat diatas,terdapat pada nomor....
A.    1
B.    2
C.    3
D.    4



46.  Cermatilah kalimat berikut :
1.Bapak menasihati. “ Berhati-hatilah,Nak !”
2.Bapak menasihati, “ Berhati-hatilah,Nak !”
3.Bapak menasihati, “ Berhati-hatilah Nak !”
4.Bapak menasihati, “ Berhati-hatilah, Nak”!
Penulisan kalimat langsung yang tepat terdapat pada nomor....
A.    1
B.    2
C.    3
D.    4
47.  Cermatilah kalimat berikut!
Penduduk desa Makmur mulai berkarya [...] di sawah. Mereka akan menumbuhkan [...] padi. Karena musim penghujan sudah hadir [...]. Mereka berharap panen tahun ini lebih baik.
Perbaikan pilihan kata pada paragraf yang rumpang tersebut adalah ....
A.    membajak, menanamkan, ada
B.     membajak, bertanam, ada
C.     membajak, ditanam, datang
D.    membajak, menanam, datang
48.  Cermati kalimat di bawah ini!
Selanjutnya raja Iskandar yang, agung mengenalkan merica ke Yunani
Perbaikan penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat di atas adalah …
A.  Selanjutnya Raja, Iskandar yang Agung mengenalkan merica ke Yunani
B.  Selanjutnya, Raja Iskandar, yang Agung mengenalkan merica ke Yunani.
C.  Selanjutnya, Raja Iskandar yang Agung, mengenalkan merica ke Yunani.
D.  Selanjutnya, Raja Iskandar yang Agung, mengenalkan merica ke Yunani
49.    Gubernur terpilih dilantik oleh Presiden di dalam gedung.
Alasan ketidaktepatan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah....
A.  Kata Presiden seharusnya ditulis presiden karena tidak diikuti nama orang.
B.  Kata dilantik seharusnya ditulis di lantik karena di kata depan.
C.  di dalam ditulis didalam karen di adalah imbuhan.
D.  gedung ditulis Gedung karena nama tempat.
50.    Pelajar harus : semangat,rajin,dan giat belajar.
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut adalah....
A.  tanda (.) seharusnya diganti tanda seru (!)
B.  pengurangan tanda (,) setelah kata rajin
C.  tanda (,) sebelum kata dan tidak perlu
D.  tanda ( : ) tidak diperlukan





1 comment: