

1. Bacalah
paragraf berikut !
Makna kata higienis pada teks tersebut adalah
...
A. bersih
B. indah
C. rapi
D. rusak
2.
Bacalah
teksberikut !
Nuansa hijau dalam sebuah taman selalu mendapatkan
prioritas tersendiri untuk membuat desain taman yang indah dan alami.
Kehadiran rumput atau groundcover dan ditambah dengan pohon rindang
dapat menyempurnakan kealamian taman minimalis. Biasanya tampilan dari taman
formal tak banyak dihiasi oleh tumbuhan kecil, seperti rumput, tujuannya agar
taman tetap bersih dan simpel.
|
Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah …
A. Siapa yang pertama kali menggagas taman minimalis?
B. Bagaimana susunan pohon dan rumput pada taman
formal?
C. Apa yang membuat sebuah taman terkesan indah dan
alami?
D. Mengapa kehadiran rumput dapat menyempurnakan
kealamian taman?
3. Bacalah
teks berikut!
Siswa diwajibkan
melaksanakan tugas kebersihan ruang kelas dan halaman sebelum bel masuk.
Siswa tidak diperbolehkan makan dan minum di dalam kelas. Siswa dilarang
membuat keributan di dalam kelas.Yang melanggar tata tertib akan dikenai
sanksi.
|
Simpulan
isi teks tersebut adalah ...
A. Semua
peraturan di atas dibuat oleh siswa.
B. Hanya
petugas piket yang harus mematuhi tata tertib.
C. Setiap
siswa harus mematuhi tata tertib sekolah.
D. Peraturan
sesuai dengan kemampuan siswa.
4. Bacalah teks berikut!
Burung merpati memiliki
kelebihan yang tidak dimiliki burung lainnya. Burung merpati beragam jenis
warna antara lain coklat, putih, dan perpaduan dari beberapa warna tersebut.
Merpati memiliki semacam sensor dalam hidungnya yang digunakan untuk mengenal
bau rumahnya. Inilah penyebab burung merpati dapat pulang ke rumahnya setelah
terbang jauh.
|
Ide pokok kutipan teks tersebut adalah . . .
.
A. Makanan
burung merpati adalah biji-bijian.
B. Burung
merpati memiliki kelebihan dari pada burung lainnya.
C. Burung
merpati memiliki sensor di hidungnya.
D. Burung
merpati dapat pulang ke rumahnya setelah terbang jauh.
5. Bacalah
teks berikut dengan cermat!
Pada suatu hari, ketika
kancil sedang mandi di tepi sungai, kakinya digigit buaya. Kancil lalu
berkata, “Hai, Buaya, kamu salah. Bukan kakiku yang kau gigit, tapi sebatang
kayu yang mengapung.” Kancil mencocokan sebatang kayu dan berkata, “Inilah
kakiku.” Lalu buaya melepaskan kaki kancil dan menggigit dahan kayu itu.
Segera Kancil melompat jauh ke darat sambil menertawakan buaya.
|
Isi yang tersirat dalam teks
tersebut adalah . . . .
A. Makhluk
besar lebih kuat dan lebih cerdik daripada makhluk kecil
B. Makhluk
kecil lebih kuat dan lebih cerdik daripada makhluk besar
C. Makhluk
besar dan makhluk kecil mempunyai kecerdikan yang sama
D. Makhluk
yang kecil dan lemah dapat lebih cerdik dari makhluk yang besar
6. Bacalah teks berikut!
Artikel Jussman Dalle
dalam “Apresiasi Menteri Johan Hapus Penerbangan Murah” mendukung rencana
menteri menerapkan aturan tarif batas bawah tiket pesawat. Dengan demikian,
maskapai diharapkan memiliki ruang finansial dan lebih mengedepankan standar
keamanan. Menurut Jussman, penghapusan penerbangan murah ke luar negeri dapat
menyumbang banyak peluang bagi wisata Indonesia. Dengan diresmikannya aturan
tarif batas bawah tiket, secara otomatis penumpang maskapai dengan dana
terbatas dan penumpang yang ada di daerah luar Pulau Jawa akan kesulitan. Jika
hal ini terjadi maka slogan “Siapa pun dapat naik pesawat terbang” tidak
dapat lagi digaungkan.
|
Simpulan pendapat kontra
dalam paragraf tersebut adalah . . . .
A. Penghapusan
penerbangan murah membuka peluang meningkatnya wisata Indonesia.
B. Penghapusan
penerbangan murah membuat penumpang dengan dana terbatas mengalami kesulitan.
C. Penghapusan
penerbangan murah bukan berarti penghapusan penerbangan murah dengan tujuan
dalam negeri.
D. Penghapusan
penerbangan murah membuat colon penumpang lebih memilih berwisata ke luar
negeri.
7. Bacalah
teks berikut!
Tak
bisa dipungkiri bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib
dilakukan setiap orang untuk bisa membuat tubuhnya tetap sehat dan bugar. Tak
peduli itu orang dewasa atau anak-anak, jika tak pernah berolahraga pasti
akan merasakan dampak negatifnya.
Manfaat
olahraga bagi kesehatan manusia jelas sangat banyak. Berolahraga mampu
memperlancar peredaran darah dan membakar timbunan lemak dalam tubuh,
tentunya dapat mengurangi resiko penyakit berbahaya, seperti jantung,
hipertensi, dan stroke.
|
Ringkasan teks tersebut yang tepat
adalah....
A. Orang
dewasa ataupun anak-anak wajib berolahraga karena banyak manfaatnya bagi
kesehatan.
B. Manfaat
olahraga bagi kesehatan manusia jelas sangat banyak karena mampu memperlancar
peredaran darah.
C. Olahraga
merupakan salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang karena banyak
manfaatnya bagi kesehatan.
D. Untuk
bisa membuat tubuh tetap sehat daan bugar, setiap orang wajib berolahraga
karena banyak manfaatnya bagi kesehatan.
8. Bacalah
teks berikut!
Teks I
|
Tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari bahan
mineral dan organik. Tanah sangat vital peranannya bagi semua kehidupan di
bumi karena tanah mendukung kehidupan tumbuhan dengan menyediakan hara dan
air sekaligus sebagai penopang akar. Struktur tanah yang berongga-rongga juga
menjadi tempat yang baik bagi akar untuk bernapas dan tumbuh. Tanah juga
menjadi habitat hidup berbagai mikroorganisme. Bagi sebagian besar hewan
darat, tanah menjadi lahan untuk hidup dan bergerak
.
|
Teks II
|
Burung merpati memiliki beragam jenis warna, antara
lain coklat, putih, hitam, atau perpaduan dari beberapa warna tersebut.
Merpati memiliki semacam sensor dalam hidungnya yang digunakan untuk
mengenali bau rumahnya. Inilah penyebab burung merpati dapat pulang ke
rumahnya setelah terbang jauh. Makanan burung ini adalah biji-bijian, seperti
jagung, beras, kacang hijau, dan sebagainya.
|
Perbedaan penggunaan bahasa kedfua teks
tersebut adalah....
|
Teks I
|
Teks II
|
A
|
Tidak
menggunakan kata rujukan
|
Menggunakan
kata rujukan
|
B
|
Menggunakan
kata ganti
|
Tidak
menggunakan kata ganti
|
C
|
Menggunakan
kalimat tunggal dan majemuk
|
Hanya
menggunakan kalimat majemuk
|
D
|
Menggunakan
konjungsi pemilihan
|
Menggunakan
konjungsi penambahan
|
9. Bacalah
kutipan teks cerpen berikut!
Kali ini Karyamin tidak anya tersenyum, melainkan
tertawa keras-keras. Demikian kerassehingga mengundang seribu lebah masuk ke
telinganya. Seribu kunang masuk ke matanya. Lambungnya yang kampong
berguncang-guncang dan merapuhkan keseimbangan seluruh tubuhnya. Ketika
melihat tubuh Karyamin jatuh terguling ke lembah, Pak Pamong berusaha
menahannya. Sayang, gagal.
|
Salah satu keunggulan teks tersebut
adalah....
A. Ceita
cocok untuk seluruh kalangan.
B. Watak
tokoh digambarkan secara jelas.
C. Pesan
moral disajikan secara tersurat.
D. Menggambarkan
peristiwa secara kiasan.
10. Perhatikan
kutipan cerita berikut!
(1)
Sebenarnya dia tidak percaya kalau dia yang mengalaminya. (2) Ketika
mendengarnya bagai disambar petir di siang bolong. Bahkan sejenak dia tak
dapat berkata-kata. (3) Bagaimana tidak, banjir telah menelan habis rumahnya.
Rumah sederhana yang ditinggalinya bersama anak semata wayangnya. (4) Tapi dia bersyukur bahwa dia dan
anaknya selamat dan tinggal di barak penampungan samping kantor kepala desa.
|
Makna kata bercetak miring
pada kutipan cerita tersebut adalah....
A. anak
pertama
B. anak
tunggal
C. anak
terakhir
D. anak
emas
11. Perhatikan
kutipan cerita berikut!
Aku
sudah mulai bosan duduk di kursi pesawat yang sudah menempuh perjalanan
selama beberapa jam. Aku ingin bersekolah kembali di Indonesia. Sudah enam
tahun aku meninggalkan negeri tercintaku ini. Dulu seusai kenaikan kelas
tiga, aku pindah ke Korea. Aku ke Korea karena ikut orangtuaku yang pindah ke
sana. Waktu itu aku masih kecil, jadi harus hidup dalam bimbingan orangtua.
Tapi, sekarang aku sudah dewasa, sudah
bisa menjaga diri sendiri tanpa harus dibimbing mereka lagi.
|
Makna yang tersurat
pada teks tersebut adalah...
A. Walaupun
ingin bersekolah di Indonesia, tokoh aku tetap berada di Korea karena masih
dalam bimbingan orang tua.
B. Tokoh
aku sudah kerasan dan tetap berada di Korea bersama orang tuanya walaupun ingin
bersekolah di Indonesia.
C. Walaupun
kerasan di Korea bersama orang tuanya, tokoh aku tetap ingin bersekolah di
Indonesia.
D. Tokoh
aku yang dulu pindah ke Korea mengikuti orang tuanya, kini ingin bersekolah di
Indonsia karena merasa sudah bisa bertanggung jawab menjaga diri sendiri.
12. Perhatikan
kutipan cerita berikut!
Alkisah
pada suatu hari yang cerah di hutan, ada seekor beruang yang kelaparan. Ia
menjelajahi hutan untuk mencari madu, tapi sayang dia tak menemukan satu
sarang lebah sama sekali. Ia pun akhirnya pergi ke sungai untuk mencari ikan.
Di sana, ia menemukan banyak ikan yang sedang berenang.
|
Kutipan
cerita tersebut termasuk bagian....
A. Perkenalan
B. Konflik
C. Puncak
ketegangan
D. Penyelesaian
13. Bacalah teks berikut!
Sorak
sorai para penonton terdengar sangat riuh. Masing – masing sporter
saling berteriak mendukung tim kesebelasannya. Babak kedua telah
berlangsung beberapa menit, tak disangka
hujan tiba dengan derasnya. Penonton bubar meninggalkan tempatnya untuk
berteduh. Berbeda dengan Parto dan kelima
temannya, penggemar olah raga ini. Mereka tak beranjak dari tempatnya
meskipun basah kuyup diguyur hujan.
“ To, ayo kita berteduh dulu “ ajak Maman
“ Iya To, ini hujannya
semakin deras “ timpal Marno
“ Apa, berteduh,
lihat itu jago kita, kita semangati
biar menang “ jawab Parto
Tak lama kemudian terdengar Azan Mahgrib dan peluit panjang pun mengalun, maka berakhirlah sudah perlawanan dua kubu
tersebut
|
Latar pada kutipan
cerpen tersebut yang tepat adalah ……
A. Pada
sore hari di pantai dengan suasana
menyenangkan
B. Pada
sore hari di stadion dalam suasana mengasyikan
C. Pada
sore hari di pantai dalam suasana murung
D. Pada
sore hari di stadion dalam suasana
keributan
14. Bacalah teks berikut!
Saat
pulang dari kebun pisangnya Pak Karmin mampir di sebuah kedai. Dia bertemu
dengan Pak Kusdi yang dulu bekas teman sekolahnya. Sambil makan kudapan dan
minum kopi mereka saling bercanda dan bercerita tentang pengalamannya selama
ini.
‘” Hai, Pak Kusdi gimana
kabarnya ? Tanya Pak Karmin. “ lama
kita tak bertemu”
“ Wah, aku pergi merantau
ke kota , sudah sebulan ini aku tinggal di rumah “ jawab Pak Kusdi
“ Gimana sukseskan di rantau ? kalau aku ya, tetap seperti dulu meneruskan
warisan orang tuaku, sebagai petani “
kata Pak Karmin
“ Sukses apa, perusahaan
tempatku bekerja gulung tikar setahun yang lalu, maka aku pulang kampung,mau pindah perusahan lain
sudah banyak yang tutup “ jawab Pak Kusdi.Tak lama kemudian mereka berpamitan
pulang ke rumah masing-masing.
|
Makna kata gulung
tikar pada kutipan cerpen diatas yan tepat adalah…..
A. bubar
B. bangkrut
C. roboh
D. terbakar
15. Bacalah teks berikut!
Hasim mulai mempersiapkan diri untuk meraih prestasi belajar di sekolahnya. Tahun depan ia akan
pindah sekolah lain. Oleh pamannya yang tinggal di Krawang disarankan
agar masuk sekolah kejuruan ( SMK ).Karena setelah lulus sekolah kejuruan akan mendapatkan
keterampilan sebagai modal bekerja.
Orang tua Hasim yang tinggal di
kawasan pedesaan setuju dengan saran pamannya tersebut. Ia berharap anak sulungnya tersebut cepat
dapat bekerja untuk membantu kedua
adiknya yang masih duduk di bangku SMP
dan SD. Di rumah Hasim selalu rajin membantu
orang tua. Namun demikian ia juga tidak lupa belajar dan beribadah.
|
Isi tersirat dalam teks tersebut yang tepat
adalah …..
A. Hasim
tinggal bersama pamannya di Krawang
B. Hasim bersekolah di SMK atas saran ayahnya
C. Hasim
mempersiapkan menghadapi ujian akhir
D. Hasim
selalu belajar tetapi lupa beribadah
16. Cermati
teks berikut!
Aldo
dibuat kebingungan oleh sikap teman karibnya. Apapun yang ia perbuat selalu
membuat susah. Bila pergi ke suatu tempat minta diantar. Namun bila diantar
selalu rebut. Bila Anton akan dijauhi, Aldo akan kehilangan sahabat itu.
Namun, bila ditinggalkan Anton akan makan hati terus oleh kelakuannya, Ia pun
tak dapat memilih, hanya dapat merenungi kenyataan hidupnya.
|
Penyebab konflik dari kutipan cerpen di
atas adalah…..
A. Anton
marah karena Aldo tidak mau meengantar
B. Aldo
dan Anton bertengkar karena beda pendpat.
C. Aldo
tidak suka kelakuan Anton, tetapi juga takut kehilangan Anton
D. Anton
tidak suka dengan kelakuan Aldo yang tidak dapat menahan emosi.
17. Bacalah
kutipan cerpen berikut dengan seksama!
Suminah
tertingat suara anaknya, Titin. “Ibu memang egois, apa begitu besar kesalahan
saya Bu, sampai-sampai ibu tidak bisa memaafkan saya” lanjut Titin.”Titin
benar,” Suminah membatin. Tetapi, haruslah ada maaf untuk seseorang anak,
darah daging sendiri yang tega menyakiti orangtua sendiri? “Ibu akan
kehilangan dua nak sekaligus jika ibu
membenci Kang Sapar,” Titin terus merajuk. Akhirnya, hati Suminah luluh juga
atas rajukan Titin.
|
Akibat terjadiya konflik dalam kutipan
cerita di atas adalah….
A. Suminah
akan memaafkan perbuatan buruk kang Sapar jika nanti pulang
B. Suminah
sangat kesal dengan perbuatan kang Sapar
C. Suminah
berhasil memerangi kemarahan atas rajukan Titin
D. Suminah
ragu apabila akan memafkan perbuatan buruk anaknya atau tidak.
18. Bacalah
kutipan cerpen berikut!
Teks
1
|
Hari
ini, hari yang sangat menyenangkan bagi dua sahabat karib ia adalah Shinta
dan Fira. Di hari ini fira an shinta telah menjadi murid di SMP Bumi Pertiwi.
Fira dan Shinta masuk di kelas yang sama dan duduk sebangku. “Shinta, aku
senang banget bisa masuk di SMP ini. Apalagi satu bangku sama kamu” ujar Fira
bahagia. “iya Fir, aku juga senang bangrt. Kita juga bisa kenal banyak
teman.” Balas Shinta takkalah bahagia.
/
|
Teks
2
|
Airin
tertawa sambil berlari ke kamarnya dan melemparkan task e tempat tidur. Ia
tidak segera mengganti baju, tetapi justru mengobrak-abrik tempat surat. Di
keranjang itu ada berpuluh pucuk surat dari beberapa kawan pena. Tetapi yang
dicari satu: Ida Ayu! Ambon, aku harus menulish surat kepadanya, piker Airin
Sumber: Menunggu matahari
Padam. Karya : Effendi Rustam
|
Perbedaan pola pengembangan kedua
kutipan cerpen tersebut diawali dengan……..
|
Teks
1
|
Teks
2
|
A.
|
Memberikan
garis besar cerita
|
Mengisyaratkan
bahagia (ketegangan)
|
B.
|
Menampilkan
lokasi cerita
|
Memberikan
garis besar cerita
|
C.
|
Memulai
dengan aksi tokoh
|
Mengisyaratkan
bahaya (ketegangan)
|
D.
|
Menampilkan
lokasi cerita
|
Memulai
dengan aksi tokoh
|
19. Bacalah teks berikut!
Teks I
Rusa
dan Kura-Kura
Pada
suatu hari si rusa berjalan-jalan di pinggir danau.Ia bertemu dengan
kura-kura yang terlihat hanya mondar-mandir saja. "Kura-kura, apa yang
sedang engkau lakukan di sini?"
"Aku
sedang mencari sumber penghidupan,"jawab sikura-kura.Si rusa tiba-tiba
marah mendengar jawaban si kura-kura."Jangan berlagak engkau, hei kura-
kura! Engkau hanya mondar-mandirsaja namun berlagak tengah mencari sumber
penghidupan!"Si kura-kura berusaha menjelaskan, namun si rusa tetap
marah. Bahkan, si rusa mengancam
akan menginjak tubuh si kura-kura.Si kura-kura yang jengkel akhirnya
menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki.
|
Teks II
Beruang
dan Lebah
Seekor
beruang menjelajahi hutan untuk mencari buah-buahan, menemukan pohon tumbang
di mana pada pohon tersebut terdapat sarang tempat lebah menyimpan
madu.Beruang mulai mengendus-endus dengan hati-hati di sekitar pohon tumbang
tersebut untuk mencaritahu apakah lebah-lebah sedang berada dalam sarang
tersebut.Tepat pada saat itu, sekumpulan kecil lebah terbang pulang dengan
membawa banyak madu. Lebah-lebah yang pulang tersebut, tahu akan maksud
sang Beruang dan mulai terbang mendekati sang Beruang, menyengatnya dengan
tajam lalu lari bersembunyi ke dalam lubang batang pohon.
Beruang
tersebut menjadi sangat marah dan seketika itu juga, loncat ke atas batang
yang tumbang tersebut dan dengan cakarnya menghancurkan sarang lebah.Tetapi
hali ni malah membuat seluruh kawanan lebah yang berada dalam sarang, keluar
dan menyerang sang Beruang. Beruang yang sial itu akhirnya lari
terbirit-birit dan hanya dapat menyelamatkan dirinya dengan cara menyelam
kedalam air sungai.
|
Perbedaanpenggunaanbahasakeduatekstersebutadalah…
A. teks
I menggunakan kata ganti, teks II menggunakan kata seru.
B. teks
I menggunakankalimatlangsungdantidaklangsung, teks II
hanyamenggunakankalimattidaklangsung.
C. teks
I latartempatdigambarkantersirat, teks II latartempatdigambarkantersurat.
D. teks
I menggunakan kata sandang, teks II menggunakan kata penghubung persyaratan.
20. Bacalahkutipanteks fable berikut!
Mendengar
berita warganya dimangsa buaya, Raja katak langsung marah. Ia mendatangi
buaya didampingi pasukannya. Kepada buaya, Raja Katak mengancam ,jika terus
memakan warganya, ia akan menyihir buaya menjadi seekor katak. Lalu raja
katak dan pasukannya meninggalkan buaya.
Namun,buaya
masih berani memakan warga Kerajaan Katak. Raja Katak yang kesal langsung
mengeluar kantong katsihirnya yang sudah lama tidak dipakainya. Ia langsung
menyihir buaya menjadi seekor katak kecil.
Karena
menjadi katak kecil inilah, buaya menjadi takut akan dimangsa buaya lainnya.
Lalu, ia pergi menghadap raja katak untuk meminta maaf. Ia berjanji tidal
akan makan warga Kerajaan Katak lagi. Raja Katak yang merasa iba, langsung
membebaskan buaya dari leluatan sihir. Karena merasa hutang budi, buaya lalu
menjadikan dirinya sebagai benteng pertahanan Kerajaan Katak agar aman dari
buaya lainnya.
|
Komentar
yang tepatterhadapisi kutipan fabel tersebutadalah…
A. Banyakpesan
moral yangadadalam fabel tersebutdiantaranyaadalahmembalasbudikebaikan
orang lain
B. Karenahanyaceritatentangbinatangtidakmungkinpesan
moral diterapkandalamkehidupansehari-hari.
C. Isi
ceritamengada-adakarenatidakmungkinseekorkatakdapatmengalahkanseekorbuaya yang
lebihbesar.
D. Isi
ceritakurangmenarikkarenahanyadilatarbelakangiceritakehidupanbinatangbukankehidupanmanusia.
21. Bacalahkutipanteksfableberikut!
Seorang putri muda dan sangat cantik kehilangan bolanya
yang ternyata masuk ke dalam air,saat dia sedang bermain di pinggir danau.
Dia menangis begitu sedih, tiba-tiba
seekor katak yang duduk di samping
danau meneriakinya, "Apa yang akan kamu berikan jika saya mengambilkan
bolamu?"
"Emas, berapapun yang kamu minta!" jawab sang
putri. "Tidak, aku hanya meminta saya diizinkan untuk tinggal dengan mu
dan menjadi teman kamu, "kata katak. Sang putri menyetujinya (apa
artinya sebuah janji seperti itu yang penting dia bias memiliki bolanya
kembali), Tapi dia sama sekali tidak punya niat menjalankan janjinya. Bahkan,
saat ia mengambil bolanya kembali dia kabur begitu cepat sehingga katak tidak
bias mengikutinya.
Namun demikian, setelah beberapa saat sang katak
akhirnya tiba juga di istana. Ketika sang putri melihat katak, ia merasa
takut. Dia berlari untuk meminta bantuan kepada ayahnya, tetapi raja, yang
tahu apa yang terjadi, memerintahkan putrinya untuk menepati janjinya. Sang
putri mengangkat katak itu dengan lembut di tangannya namun, dengan menggigil
jijik, dia membiarkan jatuh ke tanah lagi. Namun satu sentuhan itu sudah
cukup untuk mengubah sihir mantra terhadap
katak tersebut, yang menyebabkan dia kembali berubah menjadi pangeran
muda dan tampan seperti sebelumnya. Cerita ini berakhir dengan bahagia dengan
upacara pernikahan antara sang pangeran yang berubah kembali dari katak
dengan sang putri.
|
Komentar
yang tepatterhadappolapengembanganfabeltersebutadalah…
A. Pola
yang digunakankurangtepatkarenatokohnyatidakmenepatijanji.
B. Fabelmenjadimenarikkarenapola
yang digunakantidakumum, yaitudimulaidariklimaks.
C. Polasesuaiurutanperistiwasehinggamemudahkananak-anaksebagaipembacamemahamiisicerita.
D. Anak-anaksebagaipembacaakanmenemuikesulitankarenapolatidaksesuaidenganurutanperistiwa.
22. Bacalah
kutipan teks fabel berikut!
“Hoo-leaaa-leooo...!”
teriak monyet keras-keras. Ia pun menggelantung dari satu dahan ke dahan
lainnya. Tingkahnya lucu, tetapi kadang bikin jengkel juga. Dia lantas jadi
takabur.
“Hati-hati,
Monyet!” seru Kancil dari bawah.
“Oo,
jangan khawatir! Aku kan hebat! Lihat, nih...! Toeng...toeeeng...! Nggak
mungkin aku jatuh!” kata monyet semakin sombong dan takabur.
“Iya
... tapi jangan terlalu tinggi, Nyet! Bahaya...!” teriak zebra dengan cemas.
Namun, Monyet malahan bergelantungan semakin tinggi.Diam-diam kancil was-was
juga. Tiba-tiba “Krak-kkrraaakk...!”
|
Komentar yang tepat
terhadap penggunaan bahasa kutipan teks fabel tersebut adalah ...
A. Banyak
kata yang digunakan bermakna tersirat sehingga agak menyulitkan dalam memahami
isinya.
B. Bahasa
yang digunakan adalah bahasa sehari-hari sehingga akan memudahkan pembaca
memahami isinya.
C. Kalimat-kalimat
yang digunakan hanya menggunakan kalimat langsung sehingga membuat pembaca
senang.
D. Kurangnya
konjungsi yang digunakan pada teks tersebut membuat keterpaduan antarkalimat
dalam paragraf kurang.
23. Bacalah
kalimat berikut!
Kedua burung pemalas itu
hanya diam ... di sarang mereka,
padahal teman-teman mereka sibuk mencari pewarna.
|
Kata yang tepat untuk mengisi bagian
rumpang kalimat tersebut adalah ....
A. berkicau
B. bermalasan
C. bertengger
D. bercengkrama
24. Perhatikan
teks berikut!
Untuk membuat obat kutu air, berikut ini
adalah langkah-langkahnya:
(1) Ambil
1 sendok makan kapur sirih beri air 5 sendok makan, aduk-aduk, endapkan.
(2) Ambil
air kapur sirih yang telah diendapkan, buang endapan kapur sirih tersebut.
(3) Siapkan
minyak sayur yang belum digunakan.
(4) Bahan
nomor dua dan bahan nomor tiga dicampur dengan perbandingan 1:1.
(5) (
... )
(6) Oleskan
salep tersebut pada kaki yang terkena kutu air, 2x sehari, sesudah mandi pagi dan sebelum
tidur.
(7) Lakukan
setiap hari sampai kutu air kering.
|
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks tersebut adalah ...
A. Aduk-aduk
sampai tercampur.
B. Tambahkan
garam secukupnya
C. Aduk-aduk
sampai menjadi salep
D. Tempatkan
di mangkok terbuat dari kaca.
25. Cermati
teks berikut!
Petunjuk
Mengatasi Batu dan Pilek
1) Masukkan
1 gelas air panas, perasan jeruk nipis, madu, dan garam ¼ sendok teh.
2) Tumbuklah
½ jari rimpang kencur hingga halus.
3) Selanjutnya,
aduklah hingga rata.
4) Kemudian,
campur dengan beras giling secukupnya.
5) Saringlah,
lalu minumlah pada pagi hari.
|
Urutan yang tepat
Petunjuk Mengatasi Batu dan Pilek tersebut adalah ...
A. 1)-2)-4)-3)-5)
B. 1)
-3)-2)-5)-4)
C. 2)-3)-1)-5)-4)
D. 2)- 4)-1)-3)-5)
26. Perhatikan
kalimat berikut!
Indonesia, Singapura,
Jepang, dan Malaysia mengadakan kerja sama ( ... ) dalam bidang perdagangan.
|
Istilah yang tepat
untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ...
A. multiteral
B. regional
C. bilateral
D. local
27. Cermati
teks berikut!
Aktivitas
donor darah dipandang sebagai kegiatan positif dan mulia karena mampu
menolong sesama. ( ... ) Bisa dikatakan aktivitas donor darah dilakukan
secara sukarela atau percuma. Donor darah ada pula yang dijalani untuk
situasi genting. Contohnya salah satu keluarga membutuhkan darah dalam jumlah
cukup banyak, tetapi PMI atau rumah sakit tidak memiliki stok darah.
|
Kalimat yang tepat
untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ...
A. Pendonor
akan mendapat manfaat luar biasa dari melakukan donor darah secara rutin.
B. Donor
darah nyatanya tidak hanya bermanfaat bagi sang penerima (resipien) semata.
C. Pasalnya
donor darah membantu mereka yang membutuhkan darah tanpa pamrih.
D. Pendonor
darah nantinya akan merasakan kualitas hidup meningkat dari sebelumnya.
28. Bacalah
teks berikut!
Kemajuan
teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan game
online di internet.Banyak anak dan remaja menghabiskan waktunya di depan
computer atau telepon pintar untuk menyalurkan hobi bermain game online.Hal
itu tentu membawa dampak dan pengaruh terhadap anak dan lingkungannya.
Secara
umun, saya sepakat dengan alas an yang mengatakan bahwa game online memiliki
dampak negtif. Akan tetapi, alasan-alasan tersebut perlu dikaji secaraa
akademis. Banyak juga dampak positif yang diperoleh anak dan lingkungannya
jika mereka bermain game online secara proposional dan tanggungjawab.
( … )
|
Paragraf yang tepat
untuk mengisi bagian rumpang teks tersebut adalah …
A. Untuk
itu,peran orang tua dalam memberikan bimbingan tentang kewajiban belajar dan
kesadaran pemenuhan hobi harus sesuai porsinya. Penggunanaan internet secara
sehat sangat penting dan diperlukan. Akan tetapi,penyaluran hobi yang positif
perlu terus didukung.
B. Game online
adalah jenis permainan computer yang memanfaatkan jaringan computer. Jaringan
yang biasanya digunakan adalah jaringan
internet dan jenisnya serta selalu menggunakan tehnologi yang ada saat
ini,seperti modem dan koneksi kabel.
C. Banyak
jenis dalam game online,dari mulai
permainan sederhana berbasis teks hingga permainan yang menggunakan grafik
kompleks dan membentuk dunia virtual yang ditepati oleh banyak pemain
sekaligus. Dalam game ini ada dua
unsure utama, yaitu server dan client.
D. Game online dimulai
sejak tahun 1969, ketika permainan untuk dus orang dikembangkan dengan tujuan
awal untuk pendidikan. Kemudian pada awal tahun 1970, sebuah system dengan
kemampuan time-sharing diciptakan
untuk memudahkan siswa belajar secara online.
29. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Tampak
Toni tengah asik bermain internet. “Yang lagi internetan gak mau berhenti?”
Ledek Andi pada Toni yang semula tak begitu mengenal internet hanya tersenyum. Namun ,tidak demikian dengan
Iwan. Iwan merasa prihatin dengan kedua temannya karena sudah hamper tiga jam
berinternetan.
Akhirnya
,Iwan memberanikan diri menegur kedua temannya, “Ton,dan kamu Ndi,jangan
terlalu lama bermain Internet!” “Memang kenapa, Wan?” Tanya Andi. “Ndi, internet bias bermanfaat buat
kamu, tapi biasa juga Cuma keburukan
yang kamu dapat. “Kok,bias Wan?’ Tanya Toni. Iwan pun menjelaskan, “Internet
bermanfaat jika kita gunakan, misalnya untuk membantu kita mencari informasi
untuk menyelesaikan tugas sekolah dan hiburan untuk melepas jenuh.
Nah,pengaruh buruknya, misalnya membuat kita malas belajar karena waktu
tersita untuk internetan. “O, begitu.” Andi dan Toni kompak mengucapkan.
|
Teks yang tepat berdasarkan teks cerpen
tersebut adalah …
A. Dampak Internet bagi Remaja
Internet
adalah seluruh jaringan computer yang saling terhubung menggunakan standar
system global Transmission Control
Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protocol pertukaran paket
untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
B. Pengaruh Internet bagi Remaja
Terciptanya
internet telah membawa perubahan yang sangat berarti dalam berbagai aspek
kehidupan remaja. Selain itu,internet juga telah melahirkan dunia baru yang
memiliki pola, corak sekaligus karakteristik berbeda dengan dunia nyata.
Internet
ini dapat bermanfaat,tetapi bias juga memberikan pengaruh buruk bagi remaja.
Manfaat internet,misalnya membantu mereka mencari informasi untuk menyelesaikan
tugas sekolah dan hiburan untuk melepas jenuh. Sementara itu,pengaruh buruk
internet bagi remaja, misalnya membuat mereka menjadi malas belajar karena
waktu untuk belajar tersita untuk berinternetan.
C. Dampak Internet bagi Remaja
Hampir
setiap aktivitas remaja dipengaruhi oleh internet. Namun,selain memberikan
manfaat, internet juga dapat memberikan pengaruh buruk bagi remaja.
Manfaat
internet bagi remaja di antaranya adalah membantu mereka mencari informasi
untuk menyelesaikan tugas sekolah dan hiburan untuk melepas jenuh. Sementara
itu,pengaruh buruk internet bagi remaja, misalnya membuat mereka menjadi malas
belajar karena waktu untuk belajar tersita untuk berinternetan. Jadi ,internet
dapat bermanfaat bagi para remaja,tetapu ketika disalahgunakan,internet dapat
membawa pengaruh kurang baik bagi mereka.
D. Pengaruh Internet bagi Remaja
Manfaat
internet bagi remaja di antaranya adalah membantu mereka mencari informasi
untuk menyelesaikan tugas sekolah dan hiburan untuk melepas jenuh. Sementara
itu,pengaruh buruk internet bagi remaja, misalnya membuat mereka menjadi malas
belajar karena waktu untuk belajar tersita untuk berinternetan.
Pnegertian
dari internet sendiri adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan
menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan computer dengan berbagai tipe dan
jenis.Awalnya internet merupakan jaringan computer yang dibentuk oleh
Departemen Pertahanan Amerika Serikat.
30.
Perhatikan
data-data berikut!
1) Membaca
buku dapat menambah wawasan dan informasi.
2) Membaca
buku mampu membuat organ otak selalu aktif setiap waktu.
3) Robert
S. Wilson, Ph.D. menjelaskan hobi membaca buku pada usia anak-anak akan
sangat bermanfaat bagi kesehatan otak di usia tuanya.
|
Teks yang sesuai dengan data-data
tersebut adalah …
A. Membaca
buku dapat menambah wawasan dan informasi. Membaca buku juga mampu membuat
organ otak selalu aktif setiap waktu. Oleh karena itu, Robert S. Wilson, Ph.D.
menyimpulkan bahwa membaca buku sangat banyak manfaatnya,antara lain bermanfaat
bagi kesehatan otak di usia tua.
B. Membaca
buku dapat menambah wawasan dan informasi. Selain itu, manfaat lain dari
membaca buku adalah mampu membuat organ otak selalu aktif setiap waktu. Robert
S. Wilson, Ph.D. pun menjelaskan bahwa membaca buku sangat banyak manfaatnya
bagi kesehatan otak usia anak-anak.
C. Membaca
buku dapat menambah wawasan dan informasi. Selain itu,menurut Robert S. Wilson, Ph.D. membaca buku mampu
membuat organ otak selalu aktif setiap waktu sehingga hobi membaca buku pada
usia anak-anak, akan sangat bermanfaat bagi kesehatan otak di usia tuanya.
D. Membaca
buku sangat banyak manfaatnya. Selain menambah wawsan dan informasi, membaca
buku juga mampu membuat organ otak selalu aktif setiap waktu. Menurut Robert S. Wilson, Ph.D.,hobi membaca buku pada usia anak-anak akan sangat
bermanfaat bagi kesehatan otak di usia tuanya.
31. Bacalah teks berikut!
Banyak orang yang lebih
suka menerobos pagar daripada menyeberang melalui jembatan penyebrangan.
Untuk mengatasi hal itu, Dinas Perhubungan Pemkab Gresik mengajak masyarakat untuk
meninggalkan kebiasaan tersebut dan beralih menggunakan jembatan
penyebrangan. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan budaya tertib.
|
Kesalahan penggunaan kata pada awal
ilustrasi tersebut adalah….
A. Kata orang di ganti manusia
B. Kata
orang di ganti penyebrang
C. Kata
jembatan di ganti rakit
D. Kata
menerobos di ganti nylonong
32. Bacalah teks berikut!
Beberapa saat waktu yang
lalu gempa menimpa di daerah kawasan sekitar Gunung Muria. Banyak para
anggota masyarakat berada di luar karena takut ada gempa susulan berikutnya.
|
Kesalahan penggunaan kata pada kalimat
terakhir teks laporan tersebut adalah…
A. Kata
para dan berikutnya dihilangkan
B. Kata
saat dan berikutnya dihilanggkan
C. Kata
saat dan para dihilangkan
D. Kata
saat, para, dan berikutnya dihilangkan
33. Bacalah teks berikut!
Siapa
yang tidak kenal menu pasta? (1). Makanan
khas Italia ini menambah khasanah kuliner Indonesia sejak puluhan tahun silam (2). Makanan ini cocok untuk
binatang peliharaan.(3). Beraneka
kreasi dengan bumbu-bumbu untuk bermunculan guna memanjakan lidah para
pencinta pasta (4)
|
Kalimat yang tidak padu pada paragrap di
atas terdapat pada kalimat nomer….
A. Kalimat
nmer 1
B. Kalimat
nomer 2
C. Kalimat
nomer 3
D. Kalimat
nomer 4
34. Bacalah teks berikut!
Pengggunaan
bahan-bahan kimia dalam pertanian sangat bermanfaat bagi para petani tetapi
juga memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan. Selain sangat ampuh membunuh
serangga, penggunaan ....yang berlebihan juga berdampak pada pencemaran air
tanah.
|
Istilah yang tepat untuk
melengkapi kalimat di atas adalah ....
A. pestisida
B. isektisida
C. herbisida
D. fungisida
35.
Dua
orang anak sedang bermain catur. Keduanya duduk ....di sebuah teras rumah.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi
kalimat di atas adalah ...
A. dihadapkan
B. menghadap
C. menghadapkan
D. berhadapan
36. bacalah teks berikut!
Polisi
telah mengantongi nama-nama tersangka dalam kasus pencurian di toko mas pada
bulan Januari kemarin. ..... tersangka telah diketahui sejak seminggu yang
lalu dengan beberapa membawa beberapa alat bukti yang telah dibawa oleh
polisi
|
Kata ulang yang tepat untuk
melengkapi kalimat di atas adalah ....
A. gerak-gerak
B. gerak-gerik
C. bergerak-gerak
D. mengerak-gerakkan
37. Bacalah teks berikut!
Penduduk Desa Makmur mulai
berkarya (1) di sawah. Mereka akan menumbuhkan (2) padi. Karena musim
penghujan sudah hadir (3). Mereka berharap panen tahun ini lebih baik.
|
Perbaikan pilihan kata pada paragraf
tersebut adalah. . . .
A. membajak, menanam, ada
B. membajak, bertanam, ada
C. membajak, ditanam, datang
D. membajak, menanam, dating
38. Perhatikan
kalimat berikut !
Kami selalu sarapan pagi
agar supaya tidak sakit perut ketika berolahraga
|
Perbaikan kalimat tidak efektif tersebut
yang tepat adalah. . .
A. Kami
selalu sarapan pagi agar tidak sakit perut ketika berolahraga.
B. Kami
selalu sarapan pagi supaya tidak sakit perut ketika berolahraga.
C. Ketika
berolahraga kami selalu sarapan agar tidak tidak sakit perut.
D. Kami
selalu sarapan agar tidak sakit perut ketika berolahraga.
39. Perhatikan
kalimat berikut!
Semua para undangan sekalian dimohon masuk ke dalam
ruamg perjamuan makan malam
|
Perbaikan kalimat tersebut adalah. . .
A. Para
undangan dimohon masuk ke ruang perjamuan.
B. Semua
undangan sekalian masuk ke dalam ruang.
C. Semua
para undangan dimohon masuk ke perjamuan.
D. Para
undangan sekalian masuk ke dalam ruang perjamuan.
40. Untuk
sementara waktu siswa diliburkan karena kabut asap yang sangat pekat.
Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi
kalimat efektif adalah…
A. nenghilangkan kata “waktu”
B. menghilangkan kata “untuk”
C. kata “sangat”diganti kata
“amat”
D. kata”diliburkan”diganti
kata”dirumahkan
41. Cermatilah
kalimat berikut!
Penglepasan
siswa kelas IX SMP Nusa Bangsa akan dilaksanakan di Hotel Ciputra.
Kata penglepasan
pada kalimat tersebut tidak tepat karena…
A. tidak
tepat secara kaidah
B. tak lazim digunakan
C. tidak
tepat secara analogi,seharusnya pelepasan
D. kesalahan
paradigm,seharusnya penglepasan
42. Perhatikan
teks berikut!
(1)Arang aktif adalah
sejenis arang yang diperoleh dari suatu pembakaran. (2)Arang aktif tersebut
mempunyai sifat tidak larut dalam air. (3)Ibu menyetrika pakaian masih
menggunakan arang yang dibakar. (4)Arang aktif dapat diperoleh dari
pembakaran ampas tebu,tempurung,dan tongkol jagung.
|
Alasan ketidakpaduan paragraph tersebut
adalah karena kalimat nomor ....
A. tidak
ada hubungannya dengan kalimat (2), (3), dan (4)
B. (2)tidak
ada hubungannya dengan kalimat (1), (3), dan (4)
C. (3)tidak
ada hubungannya dengan kalimat (1), (2), dan (4)
D. (4)tidak
ada hubungannya dengan kalimat (1), (2), dan (3)
43. Perhatikanlah
kalimat berikut!
Kemarin (1) hasna membawa
(2) jeruk (3) bali saat berlibur ke (4) bali
Kata yang huruf pertamanya harus
di tulis dengan huruf kapital adalah nomor...
A. (1)
dan (2)
B. (3)
dan (4)
C. (1)
dan (3)
D. (1)
dan (4)
44. Perhatikanlah
kalimat berikut!
Ibu membeli
bermacam bumbu masak garam cabai merica dan lada
|
Penggunaan tanda baca yang tepat pada
kalimat tersebut adalah...
A. Ibu
membeli bermacam bumbu masak: garam, cabai, merica dan lada.
B. Ibu
membeli bermacam bumbu masak; garam, cabai, merica, dan lada.
C. Ibu
membeli bermacam bumbu masak: garam, cabai, merica, dan lada
D. Ibu
membeli bermacam bumbu masak: garam, cabai, merica, dan lada.
45. Perhatikanlah
kalimat-kalimat berikut!
(1)
Ayah menerima kuitansi pembelian sepeda motor.
(2)
Kualitas barang dalam negeri lebih bagus.
(3)
Pembuatan mesin itu menggunakan tekhnik canggih.
(4)
Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan.
|
Kalimat di atas yang menggunakan ejaan
yang salah adalah:
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
46. Cermati
kaliamt berikut!
Meski kau kirimkan
sekarung uang aku tetap tidak akan bahagia sebelum melihat kamu Nak kata ibu
itu kepada anaknya.
|
Penggunaan tanda baca
yang tepat untuk kalimat tersebut adalah …
A. “Meski
kau kirimkan sekarung uang aku tetaptidak akan bahagia sebelum melihatu, Nak,” kata ibu itu kepada
anaknya.
B. “
Meski kau kirimkan sekarung uang, aku tetap tidak akan bahagia sebelum
melihatmu Nak.” Kata ibu itu kepada anaknya.
C. “
Meski kau kirimkan sekarung uang, aku
tetap tidak akan bahagia sebelum melihatmu, Nak,” kata ibu itu kepada
anaknya.
D. “Meski
kau kirimkan sekarung uang, aku tetap tidak akan bahagia sebelum melihatmu
Nak,” kata ibu itu kepada anaknya.
47. Perhatikan
kalimat berikut!
Tidak
banyak yang mengetahui jika pada akhir hayatnya, presiden republik Indonesia yang pertama itu
menderita sakit.
|
Perbaikan pemakaian
ejaan dan peletakan kata yang tepat pada kalimat tersebut adalah …
A. Tidak
banyak yang mengetahui jika pada akhir
hayatnya, Presiden Republik Indonesia yang pertama itu menderita sakit.
B. Tidak
banyak yang mengetahui jika pada akhir hayatnya, presiden pertama Republik
Indonesia itu menderita sakit.
C. Tidak
banyak yang mengetahui jika pada akhir hayatnya, Presiden pertama Republik
Indonesia itu menderita sakit.
D. Tidak
banyak yang mengetahui jika pada akhir hayatnya, presiden republik Indonesia
yang pertama itu menderita sakit.
48. Perhatikan
kalimat berikut!
Ketika
tidak mempunyai pendirian yang kuat seorang pelajar, akan sangat mudah
terjerumus pada hal-hal negatif,
sehingga rusaklah
masa depannya.
|
Perbaikan penggunaan
tanda baca yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah …
A. Ketika
tidak mempunyai pendirian yang kuat, seorang pelajar akan sangat mudah
terjerumus pada hal-hal negatif, sehingga rusaklah masa depannya.
B. Ketika
tidak mempunyai pendirian yang kuat, seorang pelajar akan sangat mudah
terjerumus pada hal-hal negatif sehingga rusaklah
masa depannya.
C. Ketika
tidak mempunyai pendirian yang kuat seorang pelajar akan sangat mudah
terjerumus, pada hal-hal negatif sehingga rusaklah
masa depannya.
D. Ketika
tidak mempunyai pendirian yang kuat seorang pelajar akan sangat mudah
terjerumus pada hal-hal negatif sehingga rusaklah
masa depannya.
49. Perhatikan
Kalimat berikut!
Dia ntara sekian banyak nasihat Ibunya ,ada yang paling
diingat Ahmad,Yaitu bermanfaatlah bagi
orang lain.
|
Alasan
ketidak tepatan penggunaan ejaan
pada kalimat tersebut adalah …
A. Kata
Ibunya
seharusnya ditulis ibunya
karena kata ibu
tidak diikuti nama orang.
B. Kata
di antara
seharusnya diantara
karena di
pada kata tersebut sebagai imbuhan.
C. Kata
diingat
seharusnya di ingat
karena kata di
pada kata tersebut sebagai kata depan.
D. Kata
nasihat
seharusnya ditulis nasehat
sesuai dengan kebiasaan berbahasa.
50. Perhatikan
kalimat berikut!
Setelah ibunya meninggal, katak kecil itu hanya bias
menangis dan menyesali dirinya, karena
tak pernah mau menuruti perkataan ibunya.
|
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda
baca pada kalimat tersebut diatas adalah …
A. Tanda
(,) setelah kata meninggal
tidak
diperlukan karena anak kalimat tidak
diawal kalimat.
B. Tanda
koma (,) setelah kata meninggal
seharusnya sebelum kata dan k
arena merupakan Pemerian.
C. Tanda
koma (,) sebelum kata karena
seharusnya diletakkan sebelum kata dan k
arena merupakan pemerian.
D. Tanda
koma (,) sebelum kata karena
tidak diperlukan karena anak kalimat mengikuti Induk kalimat.
No comments:
Post a Comment