Sunday, 5 February 2017

latihan un bi smp

Rounded Rectangle: PAKET 
02
 


1.   Bacalah kutipan teks berikut!
Globalisasi telah membuat pergerakan kepentingan tidak mampu lagi dikekang batas-batas Negara. Atas nama kebebasan dan demokrasi, orang, lembaga, atau bahkan Negara saling klaim untuk menguasai dan meraih keuntungan satu sama lain. Dampak globalisasi seperti itu juga melanda kekayaan intelektual dan kebudayaan kita. Pihak-pihak di luar negeri dapat dengan mudah menngakui hasil kreativitas kita
Makna kata yang dicetak miring adalah…..
a.   Kemajuan teknologi di seluruh dunia.
b.   Penyebaran ideologi baru.
c.   Proses masuknya sesuatu ke ruang lingkup dunia.
d.   Perubahan yang mendasar.
2.   Bacalah kutipan biografi berikut!
Amir Hamzah memulai kepenyairannya pada usia yang masih sangat belia. Ketika ia mesih duduk di bangku AMS, puisi-puisinya telah dimuat di majalah TImbul dan Panji Pustaka. Amir Hamzah terus menulis hingga ia menjadi mahasiswa di Sekolah Hakim Tinggi Jakarta. Amir Hamzah mendapat julukan Raja Penyair Pujangga Baru oleh H.B. Jassin, masih menurut H.B. Jassin, Amir Hamzah adalah penyair yang sangat produktif. Selama lebih kurang 14 tahun, ia menghasilkan 50 puisi asli, 77 puisi terjemahan, 18 prosa liris asli, 1 prosa liris terjemahan, 13 prosa asli, dan 1 prosa terjemahan.
Informasi teks Biografi di atas adalah…..
a.   Perjuangan Amir Hamzah.
b.   Latar belakang keluarga Amir Hamzah.
c.   Pekerjaa dan cita-cita Amir Hamzah.
d.   Karya telah dihasilkan Amir Hamzah.
3.   Perhatikan bacaan berikut!
Saat ini kerusakan terumbu karang yang merupakan sumber kehidupan biota laut terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Pengeboman ikan tidak saja mematikan ikan, tetapi berdampak pada kerusakan seluruh biota laut. Tahun 2006, Coral Reef Rehabilitation and Management Program (Coremap)-LIPI melakukan penelitian di wilayah Indonesia Tengah termasuk perairan NIT yakni Kupang dan Maumere. Hasil penelitian tesebut menyebutkan sekitar 75 persen terumbu karang di Teluk Maumere, Kabupaten Sika, mengalami kerusakan akibat cara penangkapan ikan yang ilakukan nelayan menggunakan bom dan racun-racun lainnya.
(Sumber: http://regional.coremap.co.id)

Simpulan bacaan di atas adalah….
a.   Terumbu karang di Indonesia mengalami kerusakan yang parah.
b.   Terumbu karang rusak karena penangkapan ikan dengan menggunakan bom dan racun.
c.   Terumbu karang merupakan sumber kehidupan biota laut.
d.   Hasil penelitian Coremap ya ng dilakukan pada tahun 2006.
4.   Bacalah teks berikut!
Salah satu kebiasaan yang mendukung lahirnya korupsi adalah kebiasaaan mencontek. Kebiasaan yang satu ini memang sudah tak asing bagi generasi kita. Bahkan, anak-anak SD pun sudah mengenalnya. Saat ulangan diberikan oleh gurunya, coba tebak berapa siswa yang mencontek. Apalagi jika guru tidak mengawasi jalannya ulangan. Jumlah siswa yang mencontek tentu bertambah banyak. Sekarang banyak orang menganggap bahwa mencontek adalah hal yang biasa. Nah, dari situlah bibit korupsi itu tertanam.
Ide pokok paragraf tersebut adalah....
a.   Mencontek sudah menjadi kebiasaan generasi muda.
b.   Mencontek adalah hal yang biasa.
c.   Kebiasaan mencontek mendukung lahirnya korupsi.
d.   Banyak siswa yang mencontek ketika ulangan.
5.   Bacalah teks berikut!
KUNJUNGAN WISMAN TURUN 75 PERSEN
Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke Solo sejak 1994 hingga sekarang menurun sampai 75 persen. Indikasi itu antara lain bisa dilihat dari kunungan wisman ke Tourism Information Center (TIC) di Kantor Dinas Pariwisata Solo dari laporan pada tahun 1994 tercatat kunjungan wisman ke objek wisata tercapai sekitar 44 ribu orang. Sedang tahun 1999 hanya sekitar 11 ribu orang. Penurunan itu semakin tajam sejak terjadinya kerusuhan yang melanda kota Solo, yaitu tahun 1998 dan 1999.
Isi tersirat teks bacaan adalah....
a.   Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke objek wisata di Solo pada tahun 1999 mengalami penurunan sebanyak tiga ribu orang jika dibandingkan pengunjung pada tahun 1994.
b.   Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke Solo sejak lima tahun terakhir.
c.   Penurunan jumlah kunjungan wisatawan ke Solo disebabkan oleh kerusuhan yang melanda kota itu dan adanya krisis moneter di Indonesia.
d.   Pada tahun 1999 jumlah wisatawan yang tercatat di Tourism Information Center (TIC) sebanyak 44 ribu orang.
6.   Bacalah teks berikut!
Secara umum, orang mengatakan bahwa banyak manfaat dengan adanya media sosial. Salah satunya adalah selalu membantu orang untuk tetap berkomunikasi dengan orang lain hampir sepanjang waktu dan berbagi bersama di antara mereka.
Akan tetapi, mereka juga seharusnya memikirkan akibat lain dari medioa sosial ini. Jutaan orang di seluruh dunia ketagihan media sosial ini tanpa tujuan yang konstruktif. Mereka juga menyia-nyiakan waktu dengan tidak menggunakan waktu secara produktif. Selain itu, penipuan online dan pencurian identitas adalah masalah besar yang disebabkan oleh media sosial tersebut.
     Simpulan pendapat yang kontra pada teks tersebut adalah....
a.   Media sosial dapat menyebabkan jutaan orang menyia-nyiakan waktu
b.   Pada umumnya, orang mulai memikirkan akibat lain dari media sosial.
c.   Banyak akibat buruk yang ditimbulkan media sosial bagi penggunanya
d.   Penipuan online dan pencurian identitas adalah masalah besar media sosial.
7.   Bacalah teks di bawah ini dengan seksama!
Minyak bumi merupakan sumber alam yang tidak dapat diperbaharui. Sampai sekarang, manusia belum mampu menciptakan minyak bumi atau mendaur ulang minyak yang sudah digunakan. Jadi, jika minyak yang terkandung dalam bumi habis akibat terus-terusan diekploitasi, maka umat manusia harus segera menemukan energi lain pengganti minyak agar roda kehidupan jalan terus. Jika tidak, apa yang akan digunakan untuk menyalakan listrik, mesin, kompor, atau alat-alat lain yang menggunakan minyak sebagai sumber energinya?.
Selama ini minyak bumi yang sering disebut sebagai emas hitam itu menjadi komoditi primadona beberapa bangsa. Hasil penjualan minyak telah membuat beberapa negara menjadi makmur. Akibatnya negara-negara itu seperti berlomba-lomba dalam menemukan sumber minyak baru lalu segera mengurasnya tanpa perduli apa yang akan terjadi seratus tahun yang akan datang.
Rangkuman yang sesuai dengan teks bacaan di atas adalah…
a.   Minyak bumi adalah sumber alam yang paling praktis bila dibandingkan dengan energi matahari, baterei, ataupun nuklir.
b.   Minyak bumi adalah sumber alam yang pasti akan habis dan belum ada penggantinya, tetapi beberapa negara mengekploitasinya secara besar-besaran.
c.   Manusia belum mampu mendaur ulang minyak bumi untuk menggantikan sumber energi alternatif.
d.   Minyak merupakan sumber alam yang tidak dapat diperbaharui tetapi eksploitasinya sangat besar sementara sumber energi yang sepraktis minyak belum ditemukan.
8.   Bacalah kedua kutipan fabel berikut!
Kutipan Fabel  I
Seekor singga merungut dan menderam kepada seekor nyamuk yang asyik terbang berlegar di kepalanya ketika dia coba melelapkan mata.  “Pergi kamu dari sini sebelum aku menginjakmu dengan kakiku,”gumam si Singa
“Aku tidak takut padamu,” kata nyamuk.
“Kamu mungkin digelar Raja Rimba, tapi aku lebih kuat daripada kamu. Aku juga boleh membuktikannya. Mari berlawan dan llihat siapa yang menang,” Sianga pun bersetuju. Nyamyuk dengan pantas menjunam ke arah singa dan menggigitnya bertalu-talu di hidung dan telinganya. Ketika coba menginjak nyamuk itu, singa tercakar diri sendiri dengan kukunya yang tajam hingga berdarah.
“Cukup, cukuplah! Kamu, mengang,” jerit singa.

Kutipan Fabel II
Pada suatu musim yang sangat kering, di mana saat itu burung-burung pun sangat sulit mendapatkan sedikit air untuk diminum, seekor burung gagak menemukan sebuah kendi yang berisikan sedikit air. Tetapi kendi tersebut merupakan sebuah kendi yang tinggi dengan leher kendi sempit. Bagaimana burung gagak tersebut berusaha untuk mencoba meminum air yang berada dalam kendi, dia tetep tidak dapat mencapainya. Burung gagak tersebut hampir merasa putus asa dan merasa akan meninggal karena kehausan.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kutipan fabel di atasa adalah…
a.   Kutipan I menggunakan majas. Kutipan II menggunakan ungkapan
b.   Kutipan I bahasa mudah dipahami. Kuitpan II bahasa sulit dipahami
c.   Kutipan I menggunakan bahasa Melayu. Kutipan II menggunakan bahasa Indonesia
d.   Kutipan I kalimat menggunakan dialog. Kutipan II kalimat tidak menggunakan dialog
9.   Bacalah kutipan berikut!
Novel ini membuka nuansa baru pada zamannya. Sutan Takdir Alisyahbana membawa pembaharruan dibidang masalah yang diungkapkan. Wanita zaman sebelumnya, adalah pengabdi dalam keluarga yang bertanggung jawab kepada rumah tangga, alias penunggu rumah. Namun Sutan Takdir Alisyahbana menampilkan kedudukan wanita setara dengan pria bekerja, aktif di luar rumah dan memajukan kaumnya yang dieakilkan tokoh Tuti. Tokoh ini sebagai telada di masa sekarang dan para pelajar.
Berdasarkan data buku tersebut jika disusun sebagi kalimat resensi tentang keunggulan novel adalah…
a.   Wajarlah novel Layar Terkembang wajib dibaca oleh para siswa.
b.   Memang sepantasnya novel ini mendapat penghargaan dari dunia  pendidikan
c.   Masalah perjuangan emansipasi wanitalah yang membawa novel ini wajib di dunia Pendidikan.
d.   S. takdir Alisayhbana seorang yang ahli mengemukakan permasalahan dalam dunia pendidikan
10. Bacalah kutipan cerpen berikut !
Sepanjang jalan menuju ke rumahnya, di sebuah kompleks perumahan permukiman, hampir-hampir tidak ada orang yang mengenalnya. Langkahnya begitu gontai, lalu menyadari bahwa telah lama ia tak berjalan kaki melintasi kompleks yang luas itu. Ternyata isrinya benar, boleh dikatakan hanya rumahnya sendirilah yang belum mengalami renovasi berarti.
Makna kata bercetak miring dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...

a.   lambat
b.   cepat
c.   tegak
d.   hati-hati
11. Bacalah kutipan fabel berikut !
Si Kura-Kura ke Angkasa
Sepasang suami-istri nenek moyang kura-kura tinggal di sebuah telaga yang berair jernih dikelilingi perdu-perdu sejuk. Mereka hidup rukun dan selalu bekerja keras. Mereka juga menjaga lingkungan sekitarnya dengan baik. Ini membuat seekor rajawali jadi betah duduk-duduk di pinggir telaga itu, sehabis menikmati air telaga untuk mengusir dahaganya.
Karena si rajawali itu sering mengunjungi telaga itu, ia jadi bersahabat dengan suami-istri kura-kura. Mereka hampir setiap hari mengobrol bersama dengan topik pembicaraan yang berganti-ganti. Yang paling menarik adalah apabila rajawali menceritakan pengalamannya ke berbagai negara. Pengembaraan yang menakjubkan membuat suami-istri kura-kura itu terheran-heran.
Maksud kalimat bercetak miring dalam kutipan fabel tersebut adalah ...
a.   Cerita pengembaraan suami-istri kura-kura ke berbagai negara sungguh menyenangkan.
b.   Cerita pengembaraan burung rajawali ke berbagai tempat membuat suami-istri kura-kura terheran-heran.
c.   Pengembaraan burung rajawali dan suami-istri kura-kura ke berbagai negara sungguh menakjubkan.
d.   Pengembaraan burung rajawali ke berbagai negara menyentuh hati suami-istri kura-kura.
12. Bacalah kutipan cerpen berikut !
“ Awa...” Belum selesai aku bilang “ awas “ kepada Willy, tapi terlambat. Di belakang Willy sudah ada musuh yang menyiapkan senjata untuk menembaknya. “ Jangan ! Jangan  !“ Aku segera berlari menghampirinya, tapi.....DUAR !!!!!
 Willy terkapar...., tulang lututku lemas...
Kutipan cerpen tersebut merupakan bagian ...
a.   orientasi
b.   komplikasi
c.   klimaks
d.   koda
13. Bacalah teks fabel  berikut ini !
Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat  taman yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu.
Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana.
Latar kutipan fabel di atas adalah….
a.   Di atas pohon, siang hari, bahagia
b.   Di taman, sore hari, gelisah
c.   Di taman, hari yang cerah, bahagia
d.   Di atas pohon, hari yang cerah, gelisah
14. Bacalah kutipan teks berikut!
“Hai, kepompong alangkah jeleknya nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan melihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah ?” ucap sang semut sambil membusungkan dada.
Makna simbul pada kata membusungkan dada adalah….
a.   berdiri tegap
b.   membanggakan diri

c.   terlalu kenyang
d.   membesarkan dada
15. Bacalah kutipan teks berikut!
Kemudian sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang hebat dan terpuji.
Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut
“Aku adalah kepompong yang pernah kauejek”
Ternyata, kepompong yang dulu diejek telah menyelamatkan nyawanya.
Amanat yang terkandung dalam kutipan di atas adalah….
a.   Hendaklah kita berterima kasih.
b.   Janganlah suka dipuji
c.   Pujilah kebaikan orang lain
d.   Jangan pernah mengejek orang lain
16. Bacalah teks berikut!
Menurut ibu yang didengarnya dari ayah, sebab terjadinya penikaman terhadap Opzichter Belanda itu karena Opzichter itu selalu mengganggu istri-istri mereka, dan rupanya kuli-kuli kontrak itu sadah gelap matanya, tidak dapat lagi menahan hati melihat opzichter itu mengganggu istri-istri mereka, lalu mereka memutuskan ramai-ramai menyerang opzichter.
     Penyebab konflik pada diri kuli kontrak tersebut adalah
a.   Kuli-kuli kontrak memaki-maki opzichter yang mengganggu istri mereka.
b.   Istri kuli-kuli kontrak mengadukan opzichter kepada suami mereka.
c.   Opzichter tidak dapat lagi menahan marahnya terhadap istri kuli kontrak.
d.   Istri kuli kontrak merasa di hina oleh perlakuan opzichter.
17. Peristiwa akibat konflik terebut adalah …
a.   Opzichter menyerang kuli-kuli kontrak yang melawan.
b.   Kuli kontrak memutuskan untuk menyerang opzichter.
c.   Opzichter mengutuk kuli-kuli kontrak dan mengekang istrinya.
d.   Kuli kontrak melindungiistri-istri mereka dari bahaya.
18. Bacalah ke dua kutipan cerpen berikut !
Kutipan cerpen I
“Sudah saya pikir masak-masak!”
Saya terkejut
“Pikrkan sekali lagi! Bapak kasih waktu satu bulan!”
Taksu menggeleng.
“Dikasih waktu satu tahun pun hasilnya sama, pak. Saya ingin jadi guru!”
“Tidak! Kamu piker saja dulu satu bulan lagi!”
Bukan hanya satu bulan, tetapi dua bulan kemudian, kami berdua datang lagi mengunjungi Taksu di tempat kosnya. Sekali ini kami tidak muncul dengan tangan kosong. Istri saya membawa krupuk kulit ikan kegemaran Taksu. Saya sendiri membawa sebuah laptop baru yang paling canggih, sebagai kejutan.

Kutipan cerpen II
“Jadi, apa yang membawamu kemari?”
“Kenangan”.
“Palsu! Kalau ini hanya soal kenangan, tidak perlu menunggu 10 tahun setelah keluargamu kembali dan menetap 30 kilometer saja dari sini?”
Saya tersenyum, hanya sebentar kecanggungan diantara kami sebelum kata-kata obrolan meluncur seperti peluru-peluru yang keluar dari magasin.
Bertemu dengannya, mau tidak mau mengingatkan kembali pada pengalaman kami dahulu, pengalaman yang menjadikan dia, walaupun tidak setiap waktu, selalu lekat di ingatan saya. Tentu dia mengingatnya pula, bahkan saya yakin rasa yang di idapnya lebih besar efeknya. Karena sebagai seorang sahabat, dia jauh lebih tulus dan setia dari pada saya.
Malam itu saya berada disini, mempeerhatikannya belajar. Teplok yang menjadi penerang ruangan diletakkan di atas meja, hamper mendekat sama sekali dengan wajahnya jika dia menunduk untuk menulis.
Di atas amben, ayahnya santai merokok. Sesekali menyalakan pemantik jika bara rokok lintingannya tidak bertemu potongan besar atau kemenyan yang tidak lembut-lembut di irisnya. Ibunya, seorang perempuan yang banyak tertawa, berada di sudut sembari bekerja memilin sabut-sabut kelapa menjadi tambang.
Kami tertawa, tertawa dan tertawa seakan-akan rentetan kejadian yang akhirnya menjadi pengingat abadi persahabatan kami ini, bukanlah sebuah kejadian meloloskan diri dari maut karena waktu telah menghapus semua kengeriannya           
Perbedaan pola pengembangan ke dua kutipan cerpen tersebut adalah …
a.   Kutipan I    menggunakan alur maju
Kutipan II   menggunakan alur sorot balik
b.   Kutipan I    menggunakan alur sorot balik
Kutipan II   menggunakan alur maju
c.   Kutipan I    menggunakan alur maju
Kutipan II   menggunakan alur campuran
d.   Kutipan I    menggunakan alur sorot balik
Kutipan II   menggunakan alur campuran
19.Bacalah teks berikut!
Teks 1 (cerpen)
Pada suatu hari, si tuli dan si buta bersama-sama pergi kepasar untuk berbelanja. Setiba di pasar, si buta memberikan uang dua ribu rupiah kepada si tuli. Si buta meminta si tuli membeli nasi dan sepotong daging yang agak besar. Daging itu pun digigit-gigit dan dikunyah keras-keras oleh si buta sampai melotot matanya yang buta itu. Akant etapi , tiba-tiba aneh, si buta dapat melihat lagi. Karena gembiranya dia meloncat-loncat, lalu ditinjunya si tuli.

Teks 2 (fabel)
Pada suatu hari , induk ayam membawa anak-anaknya jalan-jalan memasuki hutan. Saat hari mulai gelap, anak-anak ayam mulai ketakutan.
Tiba-tiba, muncul seekor musang, ”Hei, Induk Ayam itik mengapa kau dan anak-anakmu ada di tengah hutan malam-malam begini?” kau harus hati-hati. Menginaplah di rumahku!” kata Musang.
Induk Ayam menyetujui tawaran pak`Musang. Beberapa saat kemudian anak-anak ayam sudah tidur. Induk ayam masih belum tidur karena ia takut musang akan memangsa mereka. Tepat tengah malam induk ayam membangunkan anak-anaknya. Disaat itulah ayam langsung lari. akhirnya ayam-ayam itu menemukan jalan pulang dan selamat dari bahaya.
Perbedaanpenggunaanbahasakeduatekstersebuta adalah……
a.   Bahasateks 1:singkat, padat,danjelas.
Bahasateks 2:bertele-tele.
b.   Bahasateks 1:tidakresmi.
Bahasa teks 2:lebihresmi.
c.   Bahasateks 1:lebihmudahdipahami.
Bahasa teks 2:lebihsulit di pahami.
d.   Teks 1 menggunakan kata kerja yang biasa di gunakanuntukmanusia.
Teks 2 menggunakan kata kerja yang biasadigunakanuntuk hewan,sepertimengendus-endus.


20.Bacalahteksberikutdenganseksama!
Teks 1 (cerpen)
“haruskah ku ambil uang ibu? ”kata ku dalam hati.”bukankah Ibu telah bekerja keras? dan telah bersusah payah menyekolahkan aku? “kata ku dalam hati pertanyaan itu berdengung di hatiku. Akhirnya “ku putuskan berterusterang saja apapun yang terjadi akan ku hadapi.”

Teks 2 (fabel)
Di sebuah desa, hiduplah seekor kodok yang bernama kodok keputusasaan. Ia selalu mengeluh dan menyerah pada setiap usaha yang dilakukannya. Pada suatu hari, ai didatangi oleh kodok keberhasilan.
“Sedang apa kamu?“ tanya kodok keberhasilan yang telah berhasil menggapai cita-citanya.
“menyendiri saja.“ uja rkodok keputusasaan.
“hmm…Dulu, aku sering dihina oleh kodok-kodok lainnya karena memiliki impian yang tidak mungkan ku lakukan suatu hari, aku bertekad untuk bangkit kembali dan tidak mendengarkan semua hinaan itu. Akhirnya, aku berhasil meraih semua hal yang tidak mungkin ku lakukan itu.

Perbedaannilai moral yang terkandangdalamkeduatekstersebutadalah…
a.   Nilai moral teks 1:menghormati orang tua.
Nilai moral teks 2:merenungihidup
b.   Nilai moral teks 1:kejujuran.
Nilai moral teks 2:kemauankeras.
c.   Nilai moral teks 1:kebimbangan.
Nilai moral teks 2:percayadiri.
d.   Nilai moral teks 1:menyadarikesalahan.
Nilai moral teks 2:keputusasaan
21. Bacalah kedua kutipan teks berikut dengan seksama!
Teks   1 (cerpen)
      Sifat pemarah Mawar Merah makin hari makin bertambah.Setiap marah,Mawar Merah selalu melemparkan kotoran ayam ke Mawar Putih.Akhirnya,di sekitar Mawar Putih banyak kotoran ayam yang sudah kering.
      Ajaibnya,justru karena kotoran ayam itu M awar Putih  semakin subur dan dari batangnya muncul bunga-bunga yang indah dan harum. Ada pun mawar merah karena selalu marah, batangnya menjadi kurus dan tak berbunga.

Teks 2 (Fabel)
       Si Kelinci berteriak, “Pak, singamengantuk! Pak, Singa mengamuk!” Akhirnya, Pak Kijang sekeluarga lari tak beraturan. Akhirnya, anak Pak Kijang jatuh ke jurang. Si Kelinci tertawa terbahak-bahak melihatnya. “Kena saya kelabui PakKijang,” begitu bangganya Si Kelinci, “Cerdas juga saya,” kata Si Kelinci. Suatu hari, dengan sekuat tenaga Si Kelinci menghindari kejaran PakSinga. Akan tetapi, apalah daya, Pak Singa lebih cepat larinya. Akhirnya, Si Kelinci tertangkap oleh Pak Singa.
Perbedaan pola pengembangan pada kedua teks tersebut adalah…
a.   Teks cerpen diakhiri dengan bagian orientsi sedangkan teks fabel diakhiri bagian resolusi.
b.   Teks cerpen diawali dengan bagian komplikasi sedangkan teks fabel diawali bagianorientasi.
c.   Teks 1 : Menggunakan konjungsi yang menyatakan waktu
Teks 2 : Menggunakan kata sandang Si dan Sang
d.   Teks 1: Menggunakan konjungsi yang menyatakan perlawalan
Teks 2 :: Menggunakan konjungsi yang menyatakan sebab



22. Bacalahkutipan teks cerpen berikut !
Hari ini ayah tidak pergi kerja, aku pun sedang libur sekolah. Kulihat ayah sedang sibuk membetulkan sepeda motornya. Lantas kudekati ayah, “butuh bantuan, Yah?”, tanyaku polos. Saat itu aku masih kecil dan duduk di bangku SD. “eh, ada dede’ kecil. Boleh-boleh”, jawab ayah. Kami banyak berbincang selama membetulkan sepeda motor ayah. Ayah banyak bercerita tentang sepeda motor padaku, aku menikmatinya. “kalo dede’ sudah besar nanti mau jadi apa?’, tanya ayah padaku. “dede’ ingin jadi pembalap yah, seperti Valentino Rossi”, jawabku secara spontan. “oh ya?, wah hebat. Tapi pembalap harus tahu bagian yang terpenting dari motor, dede’ tahu?”, tanya ayah padaku. Aku pun berfikir, apa ya yang paling penting?.
Keesokan harinya saat sarapan, aku menjawab pertanyan ayah kemarin. Bagian terpenting dari sepeda motor adalah roda, karena tanpa roda motor tidak bisa berjalan. Mendengar jawabanku ayah berkata: “wah pintarnya, tapi sayangnya bukan itu sayang”, jawab ayah. Aku pun tidak menyerah, setiap hari aku selalu mencoba menjawabnya. Mungkin jawabannya adalah kunci, karena tanpa kunci motor tidak akan bisa menyala dan diamankan. Tapi ayah selalu berkata: “smakin hari dede’ smakin pintar ya, tapi jawabannya masih belum tepat”.
Komentar yang tepat terhadap penggunaan Bahasa kutipan cerpen tersebut adalah . . .
a.   Banyak kata yang digunakan bermakna tersirat sehingga agak menyulitkan dalam memahami isinya.
b.   Kalimat –kalimat yang digunakan hanya  menggunakan kalimat majemuk sehingga agak membosankan.
c.   Kurangnya konjungsi yang digunakan pada cerpen membuat keterpaduan antar kalimat dalam paragraph kurang.
d.   Bahasa yang digunakan adalah Bahasa sehari hari sehingga akan memudahkan pembaca memahami isinya.
23. Bacalah kalimat berikut!
Harga jual tanaman hias diDesa  Parang Ijo sangat { . . . } ada yang dijual dengan harga seribu rupiah, tetapi ada pula yang harganya mencapai belasan juta rupiah.
Kata yang tepat untuk mengisi bagian rumpang kalimat tersebut adalah . . .
a.   Murah
b.   Bersaing
c.   Bervariasi
d.   Terjangkau
24. Bacalah petunjuk berikut ini!
Menghilangkan Rasa Sakit karena Tertusuk Duri
(1) Ambillah sebatang sereh kemudian memarkan sedikit!
(2) […]
(3) Lalu bakarlah di atas api sampai cukup panas!
(4) […]
(5) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang dan duri tersebut akan keluar dengan sendirinya!
Bagian nomor (2) dan (4) pada petunjuk tersebut dapat dilengkapi dengan kalimat ...
a.   (2) Sereh yang sudah cukup panas, ditempelkan pada kaki yang sakit! (4) Celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa!
b.   (2) Celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa! (4) Tempelkan sereh yang cukup panas tadi, pada bagian kaki Anda yang tertusuk duri!
c.   (2) Tempelkan batang sereh yang sudah dipanaskan tadi! (4) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit hilang!
d.   (2) Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit di kaki hilang dengan sendirinya! (4) Batang sereh dicelupkan ke dalam minyak kelapa sebelum dibakar!
25. Cermati kalimat-kalimat berikut!
1.    Tempatkan preparat pada meja benda tepat pada lubang preparat dan jepit dengan penjepit obyek/benda!
2.    Aturlah fokus untuk memperjelas gambar obyek dengan cara memutar pemutar kasar, sambil dilihat dari lensa okuler. Untuk mempertajam putarlah pemutar halus !

3.    Apabila telah selesai menggunakan, bersihkan mikroskop dan simpan pada tempat yang tidak lembab
4.    Letakkan mikroskop di atas meja, untuk memindahkan mikroskop gunakan cara yang benar yaitu tangan kiri memegang lengan mikroskop dan tangan kanan menopang kaki (dasar) mikroskop.
5.    Mengatur cermin dan diafragma untuk melihat kekuatan cahaya masuk, hingga dari lensa okuler tampak terang berbentuk bulat (lapang pandang).
6.    Putar revolver sehingga lensa obyektif dengan perbesaran lemah berada pada posisinya satu poros dengan lensa okuler yang ditandai bunyi klik pada revolver.
7.    Apabila bayangan obyek sudah ditemukan, maka untuk memperbesar gantilah lensa obyektif dengan ukuran dari 10 X,40 X atau 100 X, dengan cara memutar revolver hingga bunyi klik
Urutan yang tepat agar kalimat-kalimat acak tersebut menjadi petunjuk menggunakan Mikroscop adalah…
a.   5, 3, 2, 1, 6, 7, 4
b.   1, 2, 3, 4, 5, 6, 7
c.   4, 6, 5, 1, 2, 7, 3
d.   2, 4, 1, 6, 5, 7, 3
26. Dinas Pertanian mengadakan kegiatan …. kepada para petani mengenai langkah-langkah  pelaksanaan program ketahanan pangan.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah …
a.   adaptasi
b.   sosialisasi
c.   argumentasi
d.   konservasi
27. bacalah kalimat berikut!
Salah satu jenis serangga adalah kupu-kupu (1) Sayap pada kupu-kupu sangat indah dan beraneka motif (2) …. (3) Yakni dari ulat menjadi kepompong kemudian berubah menjadi seekor kupu-kupu yang cantik(4).
Lengkapilah kalimat yang rumpang pada paragraph di atas dengan kalimat yang tepat:
a.   Kupu-kupu menghisap madu yang ada pada bunga.
b.   Habitat kupu-kupu dengan berbagai motif banyak di jumpai di Indonesia.
c.   Kupu-kupu merupakan jenis serangga tercantik yang pernah kita jumpai.
d.   Kupu-kupu serangga yang bermetamorfosis.
28. Bacalah teks berikut!
Narkoba ternyata bisa menular. Tapi, cara penularannya tidak seperti penyakit lain…. Kita dirayu pemakai atau penjual narkoba.
“Katanya, sih, biar gaul and funky. Padahal, itu semua bohong! Nah, kalau berhasil dirayu dan jadi pemakai narkoba, dia akan merayu lagi teman di rumah atau di sekolah untuk memakai narkoba juga. Kalau tidak kuat menahan rayuan, lama-lama pengguna narkoba makin banyak.Untuk itu, supaya tidak tertular narkoba, kalau ada yang menawari, cukup katakan,” TIDAK!” Anak Indonesia sebagai generasi harapan bangsa  harus berani bersikap tegas untuk menolak rayuan pengguna narkoba.
Kalimat yang tepat untuk mengisi kalimat ke dua paragraf pertama yang rumpang adalah…
a.   Kalau penyakit lain bisa melalui kontak fisik ataupun melalui udara.
b.   Penularan narkoba sangat cepat dibandingka dengan penyakit lain.
c.   Penularan narkoba terjadi melalui rayuan.
d.   Narkoba penularannya berbeda dengan penyakit lain karena narkoba sebenarnya bukan penyakit.
29. Perhatikan teks prosedur berikut!
Cara Membuat Omelet Mi
(1) Pertama-tama remas mi instan 2-3 remasan , lalu direbus.
(2) Tiriskan mi, lalu campurkan dengan dua buah telur yang sudah diberi bumbu mi.

(3) Panaskan minyak, lalu goreng mi hingga kecoklatan.
(4) Omelet mi siap dihidangkan.
Cerpen yang tepat berdasarkan teks  prosedur tersebut adalah...
a.   Cara membuat omelet mi itu mudah. Pertama-tama remas-remas mi instan lalu rebus.Kedua tiriskan mi lalu campurkan  dengan dua buah telur yang telah diberi bumbu. Selanjutnya panaskan minyak, lalugoreng hingga kecoklatan. Omele siap dihidangkan.
b.   Minggu pagi, Tia bergegas ke dapur menghampiri ibunya.” Ibu masak apa?”tanya Tia.”Katanya kamu ingin diajari membuat omelet mi?”. “Oh iya. Bahannya masih ada, kan? Bagaimana caranya, Bu?” “Baiklah. Pertama remas mi 2-3 remasan,lalu direbus.Setelah itu mi ditiriskan.Dua buah telur dikocok dan diberi bumbu mi. Campurkan mi yang sudah ditiriskan.Panaskan minyak,lalu goreng hingga kecoklatan. Omelet mi siap dihidangkan”, kata Ibu.“ Oke, Tia coba  ya, Bu”
c.   “Ah,Ibu. Mengapa masak omelet mi lagi,sih?” tanya Reni “Menurutku omelet mi termasuk makanan tidak sehat,Bu. Bahannya saja mi instan.Makanan tersebut mengandung bahan pengawet yang berbahaya bagi tubuh. Sebaiknya kita tidak mengonsumsi makanan serba instan, terutama bagi anak-anak”.
d.   Pernahkah Anda membuat omelet mi? Omelet mi mudah dibuat lho.Bahannya mudah didapat dan tidak membutuhkan waktu lama. Bahan omelet dapat dibeli di warung atau pasar swalayan.Selain praktis, omelet mi disukai anak-anak karena kebanyakan anak suka makanan ini.Caranya mudah. Pertama-tama remas-remas mi lalu rebus.Campurkan mi dengan telur, lalu goreng hingga kecoklatan.
30. Perhatikan data-data berikut ini !
>Letaknya 3 km dari Candi Borobudur
>Terdapat 3 areaBudha
>Di depan candi terdapat Budhis Monastry
>Berdiri di atas kaki candi setinggi 3,79 meter
>Berbentuk segiempat
>Atap bertingkat-tingkat
Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut adalah...
a.   Candi berbentuk segiempat dengan atap bertingkat-tingkat yang dihiasi stupa- stupa kecil ini memang tegak berdirisendiri tanpa candi-candi pendamping. Dengan pintu masuk menghadap  arah matahari tenggelam, Candi Mendut memiliki relung-relung besar yang menjadi singgasana bagi tiga area Budha raksasa.
b.   Biasanya wisatawan akan mengunjungi Candi Mendut, Candi Pawon, lalu berakhir di Candi Borobudur.Ketiga candiyang terletak dalam satu garis lurus ini dulunya merupakan candi Budha yang didatangi para peziarah dari belahan bumi. Candi Mendut merupakan candi yang terletak 3 kilometer dari Candi Borobudur.
c.   Candi mendut merupakan Candi Budha yang terletak 3 kilometer dari Candi Borobudur. Direlung candi terdapat 3 area Budha berukuran besar dan tepat didepan candi terdapat Budhis monastry. Berdiri kokoh di ataskaki candi setinggi 3,70 meter.Candi Mendut berbentuk segi empat dengan atap bertingkat-tingkat.
d.   Candi Mendut merupakan  candi Budha yang terletak 3 kilometer dari Candi Borobudur. Biasanya wisatawan akan mengunjungi Candi Mendut, Candi Pawon, lalu Candi Borobudur. Ketiga candi yang terletak dalam satu garis ini dulunya merupakan candi yang didatangi para peziarah dari berbagai belahan bumi.
31. Perhatikan kalimat berikut ini!
Kerja sama ekonomi antarnegara dapat menjadi cara menarik bagi para fasilitator untuk menanamkan modalnya di Indonesia.
Penggunaan kata bercetak miring pada kalimat diatas akan tepat maknanya apabila diganti kata...
a.   Donatur
b.   Induktor
c.   Inspektur
d.   Investor
32. Cermati kalimat – kalimat berikut !
(1) Anita sangat suka sekali bunga mawar.
(2) Anita sangat suka bunga mawar merah.
(3) Bunga mawar merah mudah peraatannya.
(4) Bunga mawar banyak terdapat di taman sekolah.
Kalimat yang tidak efektif ditandai dengan nomor …
a.   (1)
b.   (2)
c.   (3)
d.   (4)
33.    Bacalah teks berikut !
            Sejumlah kendaraan pun mogok di kota Medan, baik mobil, angkutan kota, maupun sepeda motor (1) Beberapa tepian jalan menjadi lokasi mirip bengkel dadakan untuk upaya menghidupkan kembali kendaraan yang mati terkena rembesan air genangan banjir itu (2) Wajah – wajah stres dan menggerutu menjadi panorama di pagi itu (3) Mereka seperti tak peduli lagi dengan harga bensin yang tidak juga turun (4)
Ketidakpaduan paragraf tersebut ditandai dengan kalimat nomor …
a.   (1)
b.   (2)
c.   (3)
d.   (4)
34.    Perhatikan kalimat berikut!
Mereka yang mengalami gangguan dalam melihat yang diakibatkan  kelainan / kerusakan pada organ penglihatan dinamakan ( … )
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …
a.   Tunadaksa
b.   Tunawicara
c.   Tunanetra
d.   Tunarungu
35.    Cermati kalimat berikut!
Pada tanggal 29 Januari 2016, di sekolahku {...} pentas seni.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah...
a.   Mengadakan
b.   Menyelenggarakan
c.   Diadakan
d.   Terselenggara
36.    Cermati kalimat berikut!
Saat liburan, kafe-kafe penuh pengunjung meskipun di antara mereka terlihat hanya sekedar {...} saja.
Kata ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang di atas adalah...
a.   Makan makanan ringan
b.   Minum miinuman teh dingin
c.   Makan cumi cumi
d.   Minum-minum
37.    Perhatikan kalimat berikut!
Pada sore hari, panorama Pantai Kute sangat bagus.
Perbaikan kata yang dicetak miring pada kalimat tersebut yang tepat adalah...
a.   bagus
b.   indah
c.   baik
d.   cantik


38.    Cermatilah kalimat di bawah ini!
Para anak-anak yang berulang kali sering minum jus apel kecil kemungkinan terserang gangguan asma.
Kalimat tersebut akan menjadi kalimat efektif jika ditulis….
a.   Para anak-anak yang berkali-kali sering minum jus apel kecil kemungkinan terserang gangguan asma.
b.   Anak-anak yang berulang kali sering minum jus apel kecil kemungkinan terserang gangguan asma.
c.   Para anak-anak yang berulang-ulang sering minum jus apel kecil kemungkinan terserang gangguan asma.
d.   Anak-anak yang sering minum jus apel kecil kemungkinan terserang gangguan asma.
39.    Cermatilah uraian di bawah ini!
Ketika George Bush berkuasa, menurut ukuran kita, pendidikan di Amerika dalam keadaan prima. Oleh karena itu, Bush tetap memiliki program reformasi pendidikan menyeluruh untuk masa depan Amerika
Kata yang tepat untuk mengganti kata bercetak miring agar dua kalimat tersebut menjadi  padu adalah ….
a.   Tetapi
b.   Dengan demikian
c.   Bahkan
d.   Selain itu
40.    Perhatikan kalimat berikut ini!
Semua para undangan sekalian diharap segera memasuki ruang rapat.
Agar kalimat tersbut menjadi kalimat efektif maka ….
a.   Kata semua dihilangkan karena bermakna sama dengan kata para.
b.   Kata sekalian dihilangkan karena bermakna sama dengan kata semua.
c.   Kata para dan sekalian dihilangkan karena bermakna sama.
d.   Kata semua, para, dan sekalian dihilangkan karena bermakna sama.
41.    Sejak dari kemarin dia hanya diam saja.
Alasan kalimat di atas tidak efektif adalah...
a.   Kesalahan memasukkan kata dari  karena menunjukkan arah terjadinya suatu pristiwa.
b.   Kesalahan memasukkan kata dari  karena menunjukkan perbandingan.
c.   Kesalahan memasukkan kata dari  karena menunjukkan letak benda.
d.   Kesalahan memasukkan kata dari  karena menunjukkan waktu.
42.    Perhatikan paragraf berikut!
Kegiatan membaca indah merupakan upaya dalam menyerap informasi. Hal tersebut merupakan langkah awal dalam  upaya memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan.  Langkah selanjutnya adalah melakukan upaya pemahaman yang tepat terhadap isi bacaan.  Selain itu, membaca berulang-ulang merupakan salah satu cara yang tepat dalam memahami bacaan.
Alasan kesaIahan penggunaan kalimat tidak padu dalam paragraf tersebut adalah ...
a.   Kalimat tersebut tidak berkaitan satu dengan kalimat lain untuk mendukung gagasan utama sehingga paragraf tidak padu.
b.   Kalimat tersebut berupa kalimat imbauan bahwa membaca indah perlu  disosialisasikan kepada masyarakat.
c.   Kalimat tersebut seharusnya menggunakan kalimat majemuk seperti kalimat lain dalam paragraf tersebut.
d.   Pilihan kata yang digunakan dalam kalimat tersebut tidak tepat sehingga sulit dipahami pembaca.
43.    Perhatikan kalimat berikut!
Ibu membeli oleh-oleh jeruk Bali.
Kalimat tersebut salah dalam penggunaan ejaan karena....
a.   Huruf kapital seharusnya tidak dipakai sebagai penjelas huruf pertama nama diri geografi yang digunakan sebagai penjelas nama jenis
b.   Huruf kapital seharusnya dipakai sebagai huruf pertama nama diri geografi jika kata yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya
c.   Huruf kapital seharusnya dipakai sebagai huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri geografi
d.   Huruf kapital seharusnya dipakai sebagai penjelas huruf pertama nama diri geografi yang digunakan sebagai penjelas nama jenis

44.    Perhatikan kalimat berikut!
Laksmi meminta adiknya yang malas belajar : “Jangan malas belajar nanti tinggal kelas”.
Alasan kesalahan penggunaan tanda baca dalam kalimat tersebut adalah ....
a.   Setelah kata belajar seharusnya menggunakan tanda baca koma.
b.   Setelah kata belajar seharusnya menggunakan tanda baca titik koma.
c.   Setelah kata belajar seharusnya menggunakan tanda pisah.
d.   Setelah kata belajar seharusnya menggunakan tanda kutip.
45.    Bacalah teks berikut!
(1) Pemerintah berupaya memperluas jaringan listrik ke setiap pelosok tanah air.
(2) Selama pelita ke IV perluasan jaringan listrik itu  diprioritaskan ke desa-desa  strategis.
(3) Desa-desa yang mendapat prioritas adalah desa swasembada; desa swakarya; desa swadaya; dan ibu kota kecamatan.
(4) Desa-desa inilah yang  mendapat prioritas utama.
Ejaan yang  tepat dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat ...
a.   (1) dan (2)
b.   (2) dan (3)
c.   (2) dan (4
d.   (1) dan (4)
46.    Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Buku kumpula cerpen ‘Hujan Kepagian’ itu cukup menarik.
(2) Buku ini menceritakan kesaksian tentang revolusi kemerdekaaan.
(3) Karya sastra yang menampilkan kisah-kisah disekitar revolusi yang dialami oleh pengarang,jumlahnya sangat sedikit.
(4) Selain itu, buku ni juga memiliki amanat mengajak generasi muda untuk berjuang mempertahankan kemerdekaan bangsa.
Kalimat yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca ditandai dengan nomor …
a.   (1)
b.   (2)
c.   (3)
d.   (4)
47.    Perhatikan kalimat berikut!
Kami sekeluarga akan bertamasya ke danau toba saat liburan pada hari lebaran.
Penggunaan ejaan tepat terdapat pada kalimat ....
a.   Kami sekeluarga akan bertamasya ke danau Toba saat liburan pada hari lebaran
b.   Kami sekeluarga akan bertamasya ke Danau toba saat liburan pada Hari Lebaran.
c.   Kami sekeluarga akan bertamasya ke Danau Toba saat liburan pada hari Lebaran.
d.   Kami sekeluarga akan bertamasya ke danau toba saat liburan pada Hari Lebaran.
48.    Perhatikan kalimat berikut!
Belikan adikmu permen cokelat dan es krim, kata ibu kepadaku.
Penggunaan tanda baca tepat terdapat pada kalimat…
a.   “Belikan adikmu permen, cokelat dan es krim,”kata ibu “kepadaku”.
b.   “Belikan adikmu permen,cokelat dan es krim,”kata ibu kepadaku.
c.   “Belikan adikmu permen cokelat dan es krim,” kata ibu kepadaku.
d.   “Belikan adikmu permen, cokelat, dan es krim,kata ibu kepadaku.
49.    Perhatikan kalimat berikut!
Guru saya, Pak Doni pandai sekali.
Kalimat tersebut salah dalam penggunaan tanda baca karena …


a.   Tanda koma seharusnya dipakai untuk mengapit keterangan tambahan yang sifatnya tidak membatasi.
b.   Tanda koma seharusnya dipakai untuk menghindari salah baca atau salah pengertian di belakang keterangan yang terdapat di awal kalimat.
c.   Tanda koma dipakai untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimat jika anak kalimat itu mendahului induk kalimatnya.
d.   Tanda koma dipakai untuk memisahkan bagian atas nama yang dibalik susunannya dalam sebuah kalimat.
50.    Perhatikan kalimat berikut!
Di meja itu ada: buah manggis, anggur, dan jeruk.
Alasan penggunaan tanda baca tersebut tidak tepat adalah…
a.   Tanda titik dua hanya dipakai dalam naskah drama sesudah kata yang menunjukkan pelaku dalam percakapan.
b.   Tanda titik dua dalam kalimat tersebut dipakai pada akhir suatu pernyataan lengkapdiikuti pemerian.
c.   Tanda titik dua hanya dipakai sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan pemerian.
d.   Tanda titik dua dalam kalimat tersebut tidak dipakai jika pemerian itu merupakan pelengkap yang mengakhiri pernyataan. 







No comments:

Post a Comment