

1.
Bacalah
kutipan teks berikut!
Globalisasi
telah membuat pergerakan kepentingan tidak mampu lagi dikekang batas-batas
Negara. Atas nama kebebasan dan demokrasi, orang, lembaga, atau bahkan Negara
saling klaim untuk menguasai dan meraih keuntungan satu sama lain. Dampak
globalisasi seperti itu juga melanda kekayaan intelektual dan kebudayaan
kita. Pihak-pihak di luar negeri dapat dengan mudah menngakui hasil
kreativitas kita
|
Makna kata yang dicetak miring adalah…..
a. Kemajuan
teknologi di seluruh dunia.
b. Penyebaran
ideologi baru.
c. Proses
masuknya sesuatu ke ruang lingkup dunia.
d. Perubahan
yang mendasar.
2.
Bacalah
kutipan biografi berikut!
Amir Hamzah
memulai kepenyairannya pada usia yang masih sangat belia. Ketika ia mesih
duduk di bangku AMS, puisi-puisinya telah dimuat di majalah TImbul dan Panji
Pustaka. Amir Hamzah terus menulis hingga ia menjadi mahasiswa di Sekolah
Hakim Tinggi Jakarta. Amir Hamzah mendapat julukan Raja Penyair Pujangga Baru
oleh H.B. Jassin, masih menurut H.B. Jassin, Amir Hamzah adalah penyair yang
sangat produktif. Selama lebih kurang 14 tahun, ia menghasilkan 50 puisi
asli, 77 puisi terjemahan, 18 prosa liris asli, 1 prosa liris terjemahan, 13
prosa asli, dan 1 prosa terjemahan.
|
Informasi teks
Biografi di atas adalah…..
a. Perjuangan
Amir Hamzah.
b. Latar
belakang keluarga Amir Hamzah.
c. Pekerjaa
dan cita-cita Amir Hamzah.
d. Karya
telah dihasilkan Amir Hamzah.
3.
Perhatikan
bacaan berikut!
Saat ini kerusakan terumbu karang yang
merupakan sumber kehidupan biota laut terjadi hampir di seluruh wilayah
Indonesia. Pengeboman ikan tidak saja mematikan ikan, tetapi berdampak pada
kerusakan seluruh biota laut. Tahun 2006, Coral Reef Rehabilitation and
Management Program (Coremap)-LIPI melakukan penelitian di wilayah Indonesia
Tengah termasuk perairan NIT yakni Kupang dan Maumere. Hasil penelitian
tesebut menyebutkan sekitar 75 persen terumbu karang di Teluk Maumere,
Kabupaten Sika, mengalami kerusakan akibat cara penangkapan ikan yang
ilakukan nelayan menggunakan bom dan racun-racun lainnya.
(Sumber: http://regional.coremap.co.id)
|
Simpulan bacaan di atas adalah….
a. Terumbu
karang di Indonesia mengalami kerusakan yang parah.
b. Terumbu
karang rusak karena penangkapan ikan dengan menggunakan bom dan racun.
c. Terumbu
karang merupakan sumber kehidupan biota laut.
d. Hasil
penelitian Coremap ya ng dilakukan pada tahun 2006.
4.
Bacalah
teks berikut!
Salah satu
kebiasaan yang mendukung lahirnya korupsi adalah kebiasaaan mencontek.
Kebiasaan yang satu ini memang sudah tak asing bagi generasi kita. Bahkan,
anak-anak SD pun sudah mengenalnya. Saat ulangan diberikan oleh gurunya, coba
tebak berapa siswa yang mencontek. Apalagi jika guru tidak mengawasi jalannya
ulangan. Jumlah siswa yang mencontek tentu bertambah banyak. Sekarang banyak
orang menganggap bahwa mencontek adalah hal yang biasa. Nah, dari situlah
bibit korupsi itu tertanam.
|
Ide pokok paragraf tersebut
adalah....
a. Mencontek
sudah menjadi kebiasaan generasi muda.
b. Mencontek
adalah hal yang biasa.
c. Kebiasaan
mencontek mendukung lahirnya korupsi.
d. Banyak
siswa yang mencontek ketika ulangan.
5.
Bacalah
teks berikut!
KUNJUNGAN WISMAN TURUN 75 PERSEN
Tingkat kunjungan
wisatawan mancanegara ke Solo sejak 1994 hingga sekarang menurun sampai 75
persen. Indikasi itu antara lain bisa dilihat dari kunungan wisman ke Tourism Information Center (TIC) di
Kantor Dinas Pariwisata Solo dari laporan pada tahun 1994 tercatat kunjungan
wisman ke objek wisata tercapai sekitar 44 ribu orang. Sedang tahun 1999
hanya sekitar 11 ribu orang. Penurunan itu semakin tajam sejak terjadinya
kerusuhan yang melanda kota Solo, yaitu tahun 1998 dan 1999.
|
Isi tersirat teks bacaan adalah....
a. Jumlah
wisatawan mancanegara yang berkunjung ke objek wisata di Solo pada tahun 1999
mengalami penurunan sebanyak tiga ribu orang jika dibandingkan pengunjung pada
tahun 1994.
b. Tingkat
kunjungan wisatawan mancanegara ke Solo sejak lima tahun terakhir.
c. Penurunan
jumlah kunjungan wisatawan ke Solo disebabkan oleh kerusuhan yang melanda kota
itu dan adanya krisis moneter di Indonesia.
d. Pada
tahun 1999 jumlah wisatawan yang tercatat di Tourism Information Center (TIC) sebanyak 44 ribu orang.
6.
Bacalah
teks berikut!
Secara
umum, orang mengatakan bahwa banyak manfaat dengan adanya media sosial. Salah
satunya adalah selalu membantu orang untuk tetap berkomunikasi dengan orang
lain hampir sepanjang waktu dan berbagi bersama di antara mereka.
Akan
tetapi, mereka juga seharusnya memikirkan akibat lain dari medioa sosial ini.
Jutaan orang di seluruh dunia ketagihan media sosial ini tanpa tujuan yang
konstruktif. Mereka juga menyia-nyiakan waktu dengan tidak menggunakan waktu
secara produktif. Selain itu, penipuan online dan pencurian identitas adalah
masalah besar yang disebabkan oleh media sosial tersebut.
|
Simpulan
pendapat yang kontra pada teks tersebut adalah....
a. Media
sosial dapat menyebabkan jutaan orang menyia-nyiakan waktu
b. Pada
umumnya, orang mulai memikirkan akibat lain dari media sosial.
c. Banyak
akibat buruk yang ditimbulkan media sosial bagi penggunanya
d. Penipuan
online dan pencurian identitas adalah masalah besar media sosial.
7.
Bacalah teks di bawah ini dengan
seksama!
Minyak bumi merupakan sumber alam
yang tidak dapat diperbaharui. Sampai sekarang, manusia belum mampu
menciptakan minyak bumi atau mendaur ulang minyak yang sudah digunakan. Jadi,
jika minyak yang terkandung dalam bumi habis akibat terus-terusan
diekploitasi, maka umat manusia harus segera menemukan energi lain pengganti
minyak agar roda kehidupan jalan terus. Jika tidak, apa yang akan digunakan
untuk menyalakan listrik, mesin, kompor, atau alat-alat lain yang menggunakan
minyak sebagai sumber energinya?.
Selama ini minyak bumi yang sering
disebut sebagai emas hitam itu menjadi komoditi primadona beberapa bangsa.
Hasil penjualan minyak telah membuat beberapa negara menjadi makmur.
Akibatnya negara-negara itu seperti berlomba-lomba dalam menemukan sumber
minyak baru lalu segera mengurasnya tanpa perduli apa yang akan terjadi
seratus tahun yang akan datang.
|
Rangkuman
yang sesuai dengan teks bacaan di atas adalah…
a. Minyak bumi adalah sumber alam yang
paling praktis bila dibandingkan dengan energi matahari, baterei, ataupun
nuklir.
b. Minyak bumi adalah sumber alam yang
pasti akan habis dan belum ada penggantinya, tetapi beberapa negara
mengekploitasinya secara besar-besaran.
c. Manusia belum mampu mendaur ulang
minyak bumi untuk menggantikan sumber energi alternatif.
d. Minyak merupakan sumber alam yang
tidak dapat diperbaharui tetapi eksploitasinya sangat besar sementara sumber
energi yang sepraktis minyak belum ditemukan.
8.
Bacalah
kedua kutipan fabel berikut!
Kutipan Fabel I
Seekor singga merungut dan
menderam kepada seekor nyamuk yang asyik terbang berlegar di kepalanya ketika
dia coba melelapkan mata. “Pergi kamu
dari sini sebelum aku menginjakmu dengan kakiku,”gumam si Singa
“Aku tidak takut padamu,”
kata nyamuk.
“Kamu mungkin digelar Raja
Rimba, tapi aku lebih kuat daripada kamu. Aku juga boleh membuktikannya. Mari
berlawan dan llihat siapa yang menang,” Sianga pun bersetuju. Nyamyuk dengan
pantas menjunam ke arah singa dan menggigitnya bertalu-talu di hidung dan
telinganya. Ketika coba menginjak nyamuk itu, singa tercakar diri sendiri
dengan kukunya yang tajam hingga berdarah.
“Cukup, cukuplah! Kamu,
mengang,” jerit singa.
|
Kutipan Fabel II
Pada suatu musim yang sangat
kering, di mana saat itu burung-burung pun sangat sulit mendapatkan sedikit
air untuk diminum, seekor burung gagak menemukan sebuah kendi yang berisikan
sedikit air. Tetapi kendi tersebut merupakan sebuah kendi yang tinggi dengan
leher kendi sempit. Bagaimana burung gagak tersebut berusaha untuk mencoba
meminum air yang berada dalam kendi, dia tetep tidak dapat mencapainya.
Burung gagak tersebut hampir merasa putus asa dan merasa akan meninggal
karena kehausan.
|
Perbedaan penggunaan bahasa pada kutipan
fabel di atasa adalah…
a. Kutipan
I menggunakan majas. Kutipan II menggunakan ungkapan
b. Kutipan
I bahasa mudah dipahami. Kuitpan II bahasa sulit dipahami
c. Kutipan
I menggunakan bahasa Melayu. Kutipan II menggunakan bahasa Indonesia
d. Kutipan
I kalimat menggunakan dialog. Kutipan II kalimat tidak menggunakan dialog
9. Bacalah kutipan berikut!
Novel ini
membuka nuansa baru pada zamannya. Sutan Takdir Alisyahbana membawa
pembaharruan dibidang masalah yang diungkapkan. Wanita zaman sebelumnya,
adalah pengabdi dalam keluarga yang bertanggung jawab kepada rumah tangga,
alias penunggu rumah. Namun Sutan Takdir Alisyahbana menampilkan kedudukan
wanita setara dengan pria bekerja, aktif di luar rumah dan memajukan kaumnya
yang dieakilkan tokoh Tuti. Tokoh ini sebagai telada di masa sekarang dan
para pelajar.
|
Berdasarkan
data buku tersebut jika disusun sebagi kalimat resensi tentang keunggulan novel
adalah…
a.
Wajarlah novel Layar Terkembang wajib dibaca oleh para
siswa.
b.
Memang sepantasnya novel ini mendapat penghargaan dari
dunia pendidikan
c.
Masalah perjuangan emansipasi wanitalah yang membawa
novel ini wajib di dunia Pendidikan.
d.
S. takdir Alisayhbana seorang yang ahli mengemukakan
permasalahan dalam dunia pendidikan
10. Bacalah kutipan cerpen
berikut !
Sepanjang jalan menuju ke rumahnya, di sebuah kompleks
perumahan permukiman, hampir-hampir tidak ada orang yang mengenalnya.
Langkahnya begitu gontai, lalu
menyadari bahwa telah lama ia tak berjalan kaki melintasi kompleks yang luas
itu. Ternyata isrinya benar, boleh dikatakan hanya rumahnya sendirilah yang
belum mengalami renovasi berarti.
|
Makna kata bercetak miring dalam kutipan cerpen tersebut
adalah ...
a. lambat
b. cepat
c. tegak
d. hati-hati
11. Bacalah kutipan fabel
berikut !
Si
Kura-Kura ke Angkasa
Sepasang
suami-istri nenek moyang kura-kura tinggal di sebuah telaga yang berair
jernih dikelilingi perdu-perdu sejuk. Mereka hidup rukun dan selalu bekerja
keras. Mereka juga menjaga lingkungan sekitarnya dengan baik. Ini membuat
seekor rajawali jadi betah duduk-duduk di pinggir telaga itu, sehabis
menikmati air telaga untuk mengusir dahaganya.
Karena si rajawali
itu sering mengunjungi telaga itu, ia jadi bersahabat dengan suami-istri
kura-kura. Mereka hampir setiap hari mengobrol bersama dengan topik
pembicaraan yang berganti-ganti. Yang paling menarik adalah apabila rajawali
menceritakan pengalamannya ke berbagai negara. Pengembaraan yang menakjubkan membuat suami-istri kura-kura itu
terheran-heran.
|
Maksud kalimat bercetak miring dalam kutipan fabel
tersebut adalah ...
a. Cerita
pengembaraan suami-istri kura-kura ke berbagai negara sungguh menyenangkan.
b. Cerita
pengembaraan burung rajawali ke berbagai tempat membuat suami-istri kura-kura
terheran-heran.
c. Pengembaraan
burung rajawali dan suami-istri kura-kura ke berbagai negara sungguh
menakjubkan.
d. Pengembaraan
burung rajawali ke berbagai negara menyentuh hati suami-istri kura-kura.
12. Bacalah kutipan cerpen
berikut !
“ Awa...” Belum selesai aku bilang “
awas “ kepada Willy, tapi terlambat. Di belakang Willy sudah ada musuh yang
menyiapkan senjata untuk menembaknya. “ Jangan ! Jangan !“ Aku segera berlari menghampirinya, tapi.....DUAR
!!!!!
Willy terkapar...., tulang lututku lemas...
|
Kutipan cerpen tersebut merupakan bagian ...
a. orientasi
b. komplikasi
c. klimaks
d. koda
13. Bacalah teks fabel berikut ini !
Dikisahkan pada suatu hari
yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan di taman. Ia sangat bahagia karena
bisa berjalan-jalan melihat taman yang
indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang
berada di taman itu.
Ia melihat sebuah kepompong di atas
pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi
ke mana-mana.
|
Latar kutipan fabel
di atas adalah….
a. Di
atas pohon, siang hari, bahagia
b. Di
taman, sore hari, gelisah
c. Di
taman, hari yang cerah, bahagia
d. Di
atas pohon, hari yang cerah, gelisah
14. Bacalah kutipan
teks berikut!
“Hai, kepompong alangkah jeleknya
nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan melihat
dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah ?” ucap sang
semut sambil membusungkan dada.
|
Makna simbul pada kata membusungkan dada adalah….
a. berdiri
tegap
b. membanggakan diri
c. terlalu
kenyang
d. membesarkan
dada
15. Bacalah kutipan
teks berikut!
Kemudian sang semut
berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan
nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang hebat dan terpuji.
Mendengar pujian itu,
kupu-kupu berkata kepada semut
“Aku adalah kepompong yang
pernah kauejek”
Ternyata, kepompong yang
dulu diejek telah menyelamatkan nyawanya.
|
Amanat yang terkandung dalam kutipan di
atas adalah….
a. Hendaklah
kita berterima kasih.
b. Janganlah
suka dipuji
c. Pujilah
kebaikan orang lain
d. Jangan
pernah mengejek orang lain
16. Bacalah teks
berikut!
Menurut ibu yang
didengarnya dari ayah, sebab terjadinya penikaman terhadap Opzichter Belanda
itu karena Opzichter itu selalu mengganggu istri-istri mereka, dan rupanya
kuli-kuli kontrak itu sadah gelap matanya, tidak dapat lagi menahan hati
melihat opzichter itu mengganggu istri-istri mereka, lalu mereka memutuskan
ramai-ramai menyerang opzichter.
|
Penyebab
konflik pada diri kuli kontrak tersebut adalah
a. Kuli-kuli
kontrak memaki-maki opzichter yang mengganggu istri mereka.
b. Istri
kuli-kuli kontrak mengadukan opzichter kepada suami mereka.
c. Opzichter
tidak dapat lagi menahan marahnya terhadap istri kuli kontrak.
d. Istri
kuli kontrak merasa di hina oleh perlakuan opzichter.
17. Peristiwa
akibat konflik terebut adalah …
a. Opzichter
menyerang kuli-kuli kontrak yang melawan.
b. Kuli
kontrak memutuskan untuk menyerang opzichter.
c. Opzichter
mengutuk kuli-kuli kontrak dan mengekang istrinya.
d. Kuli
kontrak melindungiistri-istri mereka dari bahaya.
18. Bacalah ke dua kutipan
cerpen berikut !
Kutipan cerpen I
“Sudah saya pikir
masak-masak!”
Saya terkejut
“Pikrkan sekali lagi!
Bapak kasih waktu satu bulan!”
Taksu menggeleng.
“Dikasih waktu satu tahun
pun hasilnya sama, pak. Saya ingin jadi guru!”
“Tidak! Kamu piker saja
dulu satu bulan lagi!”
Bukan hanya satu bulan, tetapi dua bulan
kemudian, kami berdua datang lagi mengunjungi Taksu di tempat kosnya. Sekali
ini kami tidak muncul dengan tangan kosong. Istri saya membawa krupuk kulit
ikan kegemaran Taksu. Saya sendiri membawa sebuah laptop baru yang paling
canggih, sebagai kejutan.
|
Kutipan cerpen II
“Jadi,
apa yang membawamu kemari?”
“Kenangan”.
“Palsu! Kalau ini
hanya soal kenangan, tidak perlu menunggu 10 tahun setelah keluargamu kembali
dan menetap 30 kilometer saja dari sini?”
Saya tersenyum,
hanya sebentar kecanggungan diantara kami sebelum kata-kata obrolan meluncur
seperti peluru-peluru yang keluar dari magasin.
Bertemu dengannya,
mau tidak mau mengingatkan kembali pada pengalaman kami dahulu, pengalaman
yang menjadikan dia, walaupun tidak setiap waktu, selalu lekat di ingatan
saya. Tentu dia mengingatnya pula, bahkan saya yakin rasa yang di idapnya
lebih besar efeknya. Karena sebagai seorang sahabat, dia jauh lebih tulus dan
setia dari pada saya.
Malam itu saya
berada disini, mempeerhatikannya belajar. Teplok yang menjadi penerang
ruangan diletakkan di atas meja, hamper mendekat sama sekali dengan wajahnya
jika dia menunduk untuk menulis.
Di atas amben,
ayahnya santai merokok. Sesekali menyalakan pemantik jika bara rokok
lintingannya tidak bertemu potongan besar atau kemenyan yang tidak
lembut-lembut di irisnya. Ibunya, seorang perempuan yang banyak tertawa,
berada di sudut sembari bekerja memilin sabut-sabut kelapa menjadi tambang.
Kami tertawa, tertawa dan
tertawa seakan-akan rentetan kejadian yang akhirnya menjadi pengingat abadi
persahabatan kami ini, bukanlah sebuah kejadian meloloskan diri dari maut
karena waktu telah menghapus semua kengeriannya
|
Perbedaan pola
pengembangan ke dua kutipan cerpen tersebut adalah …
a. Kutipan
I menggunakan alur maju
Kutipan II menggunakan alur sorot balik
b. Kutipan
I menggunakan alur sorot balik
Kutipan II menggunakan alur maju
c. Kutipan
I menggunakan alur maju
Kutipan II menggunakan alur campuran
d. Kutipan
I menggunakan alur sorot balik
Kutipan II menggunakan alur campuran
19.Bacalah teks berikut!
Teks
1 (cerpen)
Pada suatu hari, si tuli
dan si buta bersama-sama pergi kepasar untuk berbelanja. Setiba di pasar, si
buta memberikan uang dua ribu rupiah kepada si tuli. Si buta meminta si tuli
membeli nasi dan sepotong daging yang agak besar. Daging itu pun
digigit-gigit dan dikunyah keras-keras oleh si buta sampai melotot matanya
yang buta itu. Akant etapi , tiba-tiba aneh, si buta dapat melihat lagi.
Karena gembiranya dia meloncat-loncat, lalu ditinjunya si tuli.
|
Teks
2 (fabel)
Pada suatu hari , induk
ayam membawa anak-anaknya jalan-jalan memasuki hutan. Saat hari mulai gelap,
anak-anak ayam mulai ketakutan.
Tiba-tiba, muncul seekor
musang, ”Hei, Induk Ayam itik mengapa kau dan anak-anakmu ada di tengah hutan
malam-malam begini?” kau harus hati-hati. Menginaplah di rumahku!” kata
Musang.
Induk Ayam menyetujui
tawaran pak`Musang. Beberapa saat kemudian anak-anak ayam sudah tidur. Induk
ayam masih belum tidur karena ia takut musang akan memangsa mereka. Tepat
tengah malam induk ayam membangunkan anak-anaknya. Disaat itulah ayam
langsung lari. akhirnya ayam-ayam itu menemukan jalan pulang dan selamat dari
bahaya.
|
Perbedaanpenggunaanbahasakeduatekstersebuta
adalah……
a. Bahasateks
1:singkat, padat,danjelas.
Bahasateks
2:bertele-tele.
b. Bahasateks
1:tidakresmi.
Bahasa
teks 2:lebihresmi.
c. Bahasateks
1:lebihmudahdipahami.
Bahasa
teks 2:lebihsulit di pahami.
d. Teks
1 menggunakan kata kerja yang biasa di gunakanuntukmanusia.
Teks
2 menggunakan kata kerja yang biasadigunakanuntuk hewan,sepertimengendus-endus.
20.Bacalahteksberikutdenganseksama!
Teks
1 (cerpen)
“haruskah ku ambil uang
ibu? ”kata ku dalam hati.”bukankah Ibu telah bekerja keras? dan telah
bersusah payah menyekolahkan aku? “kata ku dalam hati pertanyaan itu
berdengung di hatiku. Akhirnya “ku putuskan berterusterang saja apapun yang
terjadi akan ku hadapi.”
|
Teks
2 (fabel)
Di sebuah desa, hiduplah
seekor kodok yang bernama kodok keputusasaan. Ia selalu mengeluh dan menyerah
pada setiap usaha yang dilakukannya. Pada suatu hari, ai didatangi oleh kodok
keberhasilan.
“Sedang apa kamu?“ tanya
kodok keberhasilan yang telah berhasil menggapai cita-citanya.
“menyendiri saja.“ uja
rkodok keputusasaan.
“hmm…Dulu, aku sering
dihina oleh kodok-kodok lainnya karena memiliki impian yang tidak mungkan ku
lakukan suatu hari, aku bertekad untuk bangkit kembali dan tidak mendengarkan
semua hinaan itu. Akhirnya, aku berhasil meraih semua hal yang tidak mungkin
ku lakukan itu.
|
Perbedaannilai moral yang terkandangdalamkeduatekstersebutadalah…
a. Nilai
moral teks 1:menghormati orang tua.
Nilai
moral teks 2:merenungihidup
b. Nilai
moral teks 1:kejujuran.
Nilai
moral teks 2:kemauankeras.
c. Nilai
moral teks 1:kebimbangan.
Nilai
moral teks 2:percayadiri.
d. Nilai
moral teks 1:menyadarikesalahan.
Nilai
moral teks 2:keputusasaan
21. Bacalah kedua kutipan teks
berikut dengan seksama!
Teks 1 (cerpen)
Sifat pemarah Mawar Merah makin hari
makin bertambah.Setiap marah,Mawar Merah selalu melemparkan kotoran ayam ke
Mawar Putih.Akhirnya,di sekitar Mawar Putih banyak kotoran ayam yang sudah
kering.
Ajaibnya,justru karena kotoran ayam itu
M awar Putih semakin subur dan dari
batangnya muncul bunga-bunga yang indah dan harum. Ada pun mawar merah karena
selalu marah, batangnya menjadi kurus dan tak berbunga.
|
Teks
2 (Fabel)
Si Kelinci berteriak, “Pak,
singamengantuk! Pak, Singa mengamuk!” Akhirnya, Pak Kijang sekeluarga lari
tak beraturan. Akhirnya, anak Pak Kijang jatuh ke jurang. Si Kelinci tertawa
terbahak-bahak melihatnya. “Kena saya kelabui PakKijang,” begitu bangganya Si
Kelinci, “Cerdas juga saya,” kata Si Kelinci. Suatu hari, dengan sekuat
tenaga Si Kelinci menghindari kejaran PakSinga. Akan tetapi, apalah daya, Pak
Singa lebih cepat larinya. Akhirnya, Si Kelinci tertangkap oleh Pak Singa.
|
Perbedaan pola pengembangan pada kedua
teks tersebut adalah…
a. Teks
cerpen diakhiri dengan bagian orientsi sedangkan teks fabel diakhiri bagian resolusi.
b. Teks
cerpen diawali dengan bagian komplikasi sedangkan teks fabel diawali bagianorientasi.
c. Teks
1 : Menggunakan konjungsi yang menyatakan waktu
Teks
2 : Menggunakan kata sandang Si dan Sang
d. Teks
1: Menggunakan konjungsi yang menyatakan perlawalan
Teks
2 :: Menggunakan konjungsi yang menyatakan sebab
22. Bacalahkutipan teks cerpen
berikut !
Hari
ini ayah tidak pergi kerja, aku pun sedang libur sekolah. Kulihat ayah sedang
sibuk membetulkan sepeda motornya. Lantas kudekati ayah, “butuh bantuan,
Yah?”, tanyaku polos. Saat itu aku masih kecil dan duduk di bangku SD. “eh,
ada dede’ kecil. Boleh-boleh”, jawab ayah. Kami banyak berbincang selama
membetulkan sepeda motor ayah. Ayah banyak bercerita tentang sepeda motor
padaku, aku menikmatinya. “kalo dede’ sudah besar nanti mau jadi apa?’, tanya
ayah padaku. “dede’ ingin jadi pembalap yah, seperti Valentino Rossi”,
jawabku secara spontan. “oh ya?, wah hebat. Tapi pembalap harus tahu bagian
yang terpenting dari motor, dede’ tahu?”, tanya ayah padaku. Aku pun
berfikir, apa ya yang paling penting?.
Keesokan
harinya saat sarapan, aku menjawab pertanyan ayah kemarin. Bagian terpenting
dari sepeda motor adalah roda, karena tanpa roda motor tidak bisa berjalan.
Mendengar jawabanku ayah berkata: “wah pintarnya, tapi sayangnya bukan itu
sayang”, jawab ayah. Aku pun tidak menyerah, setiap hari aku selalu mencoba
menjawabnya. Mungkin jawabannya adalah kunci, karena tanpa kunci motor tidak
akan bisa menyala dan diamankan. Tapi ayah selalu berkata: “smakin hari dede’
smakin pintar ya, tapi jawabannya masih belum tepat”.
|
Komentar yang tepat terhadap penggunaan Bahasa kutipan
cerpen tersebut adalah . . .
a. Banyak
kata yang digunakan bermakna tersirat sehingga agak menyulitkan dalam memahami
isinya.
b. Kalimat
–kalimat yang digunakan hanya
menggunakan kalimat majemuk sehingga agak membosankan.
c. Kurangnya
konjungsi yang digunakan pada cerpen membuat keterpaduan antar kalimat dalam
paragraph kurang.
d. Bahasa
yang digunakan adalah Bahasa sehari hari sehingga akan memudahkan pembaca
memahami isinya.
23. Bacalah kalimat berikut!
Harga jual tanaman hias
diDesa Parang Ijo sangat { . . . } ada
yang dijual dengan harga seribu rupiah, tetapi ada pula yang harganya
mencapai belasan juta rupiah.
|
Kata yang tepat untuk mengisi bagian
rumpang kalimat tersebut adalah . . .
a. Murah
b. Bersaing
c. Bervariasi
d. Terjangkau
24. Bacalah petunjuk berikut
ini!
Menghilangkan Rasa Sakit
karena Tertusuk Duri
(1) Ambillah sebatang
sereh kemudian memarkan sedikit!
(2) […]
(3) Lalu bakarlah di atas
api sampai cukup panas!
(4) […]
(5) Ulangi beberapa kali
hingga rasa sakit hilang dan duri tersebut akan keluar dengan sendirinya!
|
Bagian nomor (2) dan (4) pada petunjuk
tersebut dapat dilengkapi dengan kalimat ...
a. (2)
Sereh yang sudah cukup panas, ditempelkan pada kaki yang sakit! (4) Celupkan
batang sereh ke dalam minyak kelapa!
b. (2)
Celupkan batang sereh ke dalam minyak kelapa! (4) Tempelkan sereh yang cukup
panas tadi, pada bagian kaki Anda yang tertusuk duri!
c. (2)
Tempelkan batang sereh yang sudah dipanaskan tadi! (4) Ulangi beberapa kali
hingga rasa sakit hilang!
d. (2)
Ulangi beberapa kali hingga rasa sakit di kaki hilang dengan sendirinya! (4)
Batang sereh dicelupkan ke dalam minyak kelapa sebelum dibakar!
25. Cermati kalimat-kalimat
berikut!
1. Tempatkan preparat pada meja benda
tepat pada lubang preparat dan jepit dengan penjepit obyek/benda!
2. Aturlah fokus untuk memperjelas
gambar obyek dengan cara memutar pemutar kasar, sambil dilihat dari lensa
okuler. Untuk mempertajam putarlah pemutar halus !
3. Apabila telah selesai menggunakan,
bersihkan mikroskop dan simpan pada tempat yang tidak lembab
4. Letakkan mikroskop di atas meja,
untuk memindahkan mikroskop gunakan cara yang benar yaitu tangan kiri
memegang lengan mikroskop dan tangan kanan menopang kaki (dasar) mikroskop.
5. Mengatur cermin dan diafragma
untuk melihat kekuatan cahaya masuk, hingga dari lensa okuler tampak terang
berbentuk bulat (lapang pandang).
6. Putar revolver sehingga lensa
obyektif dengan perbesaran lemah berada pada posisinya satu poros dengan
lensa okuler yang ditandai bunyi klik pada revolver.
7. Apabila bayangan obyek sudah
ditemukan, maka untuk memperbesar gantilah lensa obyektif dengan ukuran dari 10
X,40 X atau 100 X, dengan cara memutar revolver hingga bunyi klik
|
Urutan yang tepat agar kalimat-kalimat
acak tersebut menjadi petunjuk menggunakan Mikroscop adalah…
a. 5,
3, 2, 1, 6, 7, 4
b. 1,
2, 3, 4, 5, 6, 7
c. 4,
6, 5, 1, 2, 7, 3
d. 2,
4, 1, 6, 5, 7, 3
26. Dinas
Pertanian mengadakan kegiatan …. kepada para petani mengenai
langkah-langkah pelaksanaan program
ketahanan pangan.
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat
di atas adalah …
a.
adaptasi
b.
sosialisasi
c.
argumentasi
d.
konservasi
27. bacalah kalimat
berikut!
Salah satu jenis serangga adalah
kupu-kupu (1) Sayap pada kupu-kupu sangat indah dan beraneka motif (2) …. (3)
Yakni dari ulat menjadi kepompong kemudian berubah menjadi seekor kupu-kupu
yang cantik(4).
|
Lengkapilah kalimat yang
rumpang pada paragraph di atas dengan kalimat yang tepat:
a.
Kupu-kupu menghisap madu
yang ada pada bunga.
b.
Habitat kupu-kupu dengan
berbagai motif banyak di jumpai di Indonesia.
c.
Kupu-kupu merupakan jenis
serangga tercantik yang pernah kita jumpai.
d.
Kupu-kupu serangga yang
bermetamorfosis.
28. Bacalah teks
berikut!
Narkoba
ternyata bisa menular. Tapi, cara penularannya tidak seperti penyakit lain….
Kita dirayu pemakai atau penjual narkoba.
“Katanya, sih, biar gaul and funky. Padahal,
itu semua bohong! Nah, kalau berhasil dirayu dan jadi pemakai narkoba, dia
akan merayu lagi teman di rumah atau di sekolah untuk memakai narkoba juga.
Kalau tidak kuat menahan rayuan, lama-lama pengguna narkoba makin
banyak.Untuk itu, supaya tidak tertular narkoba, kalau ada yang menawari,
cukup katakan,” TIDAK!” Anak Indonesia sebagai generasi harapan bangsa harus berani bersikap tegas untuk menolak
rayuan pengguna narkoba.
|
Kalimat
yang tepat untuk mengisi kalimat ke dua paragraf pertama yang rumpang adalah…
a.
Kalau penyakit lain bisa
melalui kontak fisik ataupun melalui udara.
b.
Penularan narkoba sangat
cepat dibandingka dengan penyakit lain.
c.
Penularan narkoba terjadi
melalui rayuan.
d.
Narkoba penularannya berbeda
dengan penyakit lain karena narkoba sebenarnya bukan penyakit.
29. Perhatikan teks prosedur
berikut!
Cara
Membuat Omelet Mi
(1)
Pertama-tama remas mi instan 2-3 remasan , lalu direbus.
(2)
Tiriskan mi, lalu campurkan dengan dua buah telur yang sudah diberi bumbu mi.
(3)
Panaskan minyak, lalu goreng mi hingga kecoklatan.
(4) Omelet mi siap
dihidangkan.
|
Cerpen yang tepat berdasarkan teks prosedur tersebut adalah...
a. Cara
membuat omelet mi itu mudah. Pertama-tama remas-remas mi instan lalu
rebus.Kedua tiriskan mi lalu campurkan
dengan dua buah telur yang telah diberi bumbu. Selanjutnya panaskan
minyak, lalugoreng hingga kecoklatan. Omele siap dihidangkan.
b.
Minggu pagi, Tia bergegas ke
dapur menghampiri ibunya.” Ibu masak apa?”tanya Tia.”Katanya kamu ingin diajari
membuat omelet mi?”. “Oh iya. Bahannya masih ada, kan? Bagaimana caranya, Bu?”
“Baiklah. Pertama remas mi 2-3 remasan,lalu direbus.Setelah itu mi
ditiriskan.Dua buah telur dikocok dan diberi bumbu mi. Campurkan mi yang sudah
ditiriskan.Panaskan minyak,lalu goreng hingga kecoklatan. Omelet mi siap
dihidangkan”, kata Ibu.“ Oke, Tia coba
ya, Bu”
c. “Ah,Ibu.
Mengapa masak omelet mi lagi,sih?” tanya Reni “Menurutku omelet mi termasuk
makanan tidak sehat,Bu. Bahannya saja mi instan.Makanan tersebut mengandung
bahan pengawet yang berbahaya bagi tubuh. Sebaiknya kita tidak mengonsumsi
makanan serba instan, terutama bagi anak-anak”.
d. Pernahkah
Anda membuat omelet mi? Omelet mi mudah dibuat lho.Bahannya mudah didapat dan
tidak membutuhkan waktu lama. Bahan omelet dapat dibeli di warung atau pasar
swalayan.Selain praktis, omelet mi disukai anak-anak karena kebanyakan anak
suka makanan ini.Caranya mudah. Pertama-tama remas-remas mi lalu
rebus.Campurkan mi dengan telur, lalu goreng hingga kecoklatan.
30. Perhatikan data-data berikut
ini !
>Letaknya 3 km dari
Candi Borobudur
>Terdapat 3
areaBudha
>Di depan candi
terdapat Budhis Monastry
>Berdiri di atas
kaki candi setinggi 3,79 meter
>Berbentuk
segiempat
>Atap
bertingkat-tingkat
|
Penulisan teks laporan yang sesuai
dengan data-data tersebut adalah...
a. Candi
berbentuk segiempat dengan atap bertingkat-tingkat yang dihiasi stupa- stupa
kecil ini memang tegak berdirisendiri tanpa candi-candi pendamping. Dengan
pintu masuk menghadap arah matahari
tenggelam, Candi Mendut memiliki relung-relung besar yang menjadi singgasana
bagi tiga area Budha raksasa.
b. Biasanya
wisatawan akan mengunjungi Candi Mendut, Candi Pawon, lalu berakhir di Candi
Borobudur.Ketiga candiyang terletak dalam satu garis lurus ini dulunya
merupakan candi Budha yang didatangi para peziarah dari belahan bumi. Candi
Mendut merupakan candi yang terletak 3 kilometer dari Candi Borobudur.
c. Candi
mendut merupakan Candi Budha yang terletak 3 kilometer dari Candi Borobudur.
Direlung candi terdapat 3 area Budha berukuran besar dan tepat didepan candi
terdapat Budhis monastry. Berdiri kokoh di ataskaki candi setinggi 3,70 meter.Candi
Mendut berbentuk segi empat dengan atap bertingkat-tingkat.
d. Candi
Mendut merupakan candi Budha yang
terletak 3 kilometer dari Candi Borobudur. Biasanya wisatawan akan mengunjungi
Candi Mendut, Candi Pawon, lalu Candi Borobudur. Ketiga candi yang terletak
dalam satu garis ini dulunya merupakan candi yang didatangi para peziarah dari
berbagai belahan bumi.
31. Perhatikan kalimat berikut
ini!
Kerja sama ekonomi
antarnegara dapat menjadi cara menarik bagi para fasilitator untuk menanamkan modalnya di Indonesia.
|
Penggunaan kata bercetak miring pada kalimat diatas akan
tepat maknanya apabila diganti kata...
a. Donatur
b. Induktor
c. Inspektur
d. Investor
32. Cermati kalimat – kalimat
berikut !
(1)
Anita sangat suka sekali bunga mawar.
(2) Anita sangat suka bunga mawar merah.
(3) Bunga mawar merah mudah peraatannya.
(4) Bunga mawar banyak terdapat di taman sekolah.
|
Kalimat yang tidak efektif
ditandai dengan nomor …
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
33.
Bacalah
teks berikut !
Sejumlah kendaraan pun mogok di kota Medan, baik mobil,
angkutan kota, maupun sepeda motor (1) Beberapa tepian jalan menjadi lokasi
mirip bengkel dadakan untuk upaya menghidupkan kembali kendaraan yang mati
terkena rembesan air genangan banjir itu (2) Wajah – wajah stres dan
menggerutu menjadi panorama di pagi itu (3) Mereka seperti tak peduli lagi
dengan harga bensin yang tidak juga turun (4)
|
Ketidakpaduan paragraf tersebut ditandai
dengan kalimat nomor …
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d.
(4)
34.
Perhatikan
kalimat berikut!
Mereka yang mengalami gangguan dalam melihat yang
diakibatkan kelainan / kerusakan pada
organ penglihatan dinamakan ( … )
Istilah yang tepat untuk melengkapi
kalimat tersebut adalah …
a. Tunadaksa
b. Tunawicara
c. Tunanetra
d. Tunarungu
35.
Cermati
kalimat berikut!
Pada tanggal 29 Januari
2016, di sekolahku {...} pentas seni.
Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat
rumpang tersebut adalah...
a. Mengadakan
b. Menyelenggarakan
c. Diadakan
d. Terselenggara
36.
Cermati
kalimat berikut!
Saat liburan, kafe-kafe
penuh pengunjung meskipun di antara mereka terlihat hanya sekedar {...} saja.
Kata
ulang yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang di atas adalah...
a. Makan
makanan ringan
b. Minum
miinuman teh dingin
c. Makan
cumi cumi
d. Minum-minum
37.
Perhatikan
kalimat berikut!
Pada sore hari, panorama Pantai Kute sangat bagus.
Perbaikan kata yang dicetak miring pada kalimat tersebut
yang tepat adalah...
a. bagus
b. indah
c. baik
d. cantik
38.
Cermatilah
kalimat di bawah ini!
Para anak-anak yang berulang kali sering
minum jus apel kecil kemungkinan terserang gangguan asma.
Kalimat tersebut akan menjadi kalimat efektif
jika ditulis….
a. Para
anak-anak yang berkali-kali sering minum jus apel kecil kemungkinan terserang
gangguan asma.
b. Anak-anak
yang berulang kali sering minum jus apel kecil kemungkinan terserang gangguan
asma.
c. Para
anak-anak yang berulang-ulang sering minum jus apel kecil kemungkinan terserang
gangguan asma.
d. Anak-anak
yang sering minum jus apel kecil kemungkinan terserang gangguan asma.
39. Cermatilah
uraian di bawah ini!
Ketika George Bush
berkuasa, menurut ukuran kita, pendidikan di Amerika dalam keadaan prima. Oleh karena itu, Bush tetap memiliki
program reformasi pendidikan menyeluruh untuk masa depan Amerika
|
Kata yang tepat untuk mengganti kata bercetak miring agar
dua kalimat tersebut menjadi padu adalah
….
a. Tetapi
b. Dengan
demikian
c. Bahkan
d. Selain
itu
40.
Perhatikan
kalimat berikut ini!
Semua para undangan sekalian diharap
segera memasuki ruang rapat.
Agar kalimat tersbut menjadi kalimat
efektif maka ….
a. Kata
semua dihilangkan karena bermakna sama dengan kata para.
b. Kata
sekalian dihilangkan karena bermakna sama dengan kata semua.
c. Kata
para dan sekalian dihilangkan karena bermakna sama.
d. Kata
semua, para, dan sekalian dihilangkan karena bermakna sama.
41. Sejak dari
kemarin dia hanya diam saja.
Alasan kalimat di atas tidak efektif adalah...
a. Kesalahan
memasukkan kata dari karena menunjukkan arah terjadinya suatu
pristiwa.
b. Kesalahan
memasukkan kata dari karena menunjukkan perbandingan.
c. Kesalahan
memasukkan kata dari karena menunjukkan letak benda.
d. Kesalahan
memasukkan kata dari karena menunjukkan waktu.
42. Perhatikan
paragraf berikut!
Kegiatan membaca indah merupakan upaya dalam menyerap
informasi. Hal tersebut merupakan langkah awal
dalam upaya memperkaya diri dengan
ilmu pengetahuan. Langkah selanjutnya
adalah melakukan upaya pemahaman yang tepat terhadap isi bacaan. Selain itu, membaca berulang-ulang
merupakan salah satu cara yang tepat dalam memahami bacaan.
|
Alasan kesaIahan penggunaan kalimat tidak padu dalam
paragraf tersebut adalah ...
a. Kalimat
tersebut tidak berkaitan satu dengan kalimat lain untuk mendukung gagasan utama
sehingga paragraf tidak padu.
b. Kalimat
tersebut berupa kalimat imbauan bahwa membaca indah perlu disosialisasikan kepada masyarakat.
c. Kalimat
tersebut seharusnya menggunakan kalimat majemuk seperti kalimat lain dalam
paragraf tersebut.
d. Pilihan
kata yang digunakan dalam kalimat tersebut tidak tepat sehingga sulit dipahami
pembaca.
43.
Perhatikan kalimat berikut!
Ibu
membeli oleh-oleh jeruk Bali.
Kalimat
tersebut salah dalam penggunaan ejaan karena....
a.
Huruf kapital seharusnya
tidak dipakai sebagai penjelas huruf pertama nama diri geografi yang digunakan
sebagai penjelas nama jenis
b.
Huruf kapital seharusnya
dipakai sebagai huruf pertama nama diri geografi jika kata yang mendahuluinya
menggambarkan kekhasan budaya
c.
Huruf kapital seharusnya
dipakai sebagai huruf pertama unsur-unsur nama geografi yang diikuti nama diri
geografi
d.
Huruf kapital seharusnya
dipakai sebagai penjelas huruf pertama nama diri geografi yang digunakan
sebagai penjelas nama jenis
44.
Perhatikan kalimat berikut!
Laksmi meminta adiknya yang malas belajar : “Jangan malas
belajar nanti tinggal kelas”.
Alasan kesalahan penggunaan tanda baca dalam kalimat
tersebut adalah ....
a. Setelah kata belajar seharusnya menggunakan tanda baca
koma.
b. Setelah kata belajar seharusnya menggunakan tanda baca
titik koma.
c. Setelah kata belajar seharusnya menggunakan tanda pisah.
d. Setelah kata belajar seharusnya menggunakan tanda kutip.
45. Bacalah teks berikut!
(1) Pemerintah berupaya memperluas jaringan listrik ke setiap pelosok
tanah air.
(2) Selama pelita ke IV perluasan jaringan listrik itu diprioritaskan ke desa-desa strategis.
(3) Desa-desa
yang mendapat prioritas adalah desa swasembada; desa swakarya; desa swadaya;
dan ibu kota kecamatan.
(4) Desa-desa
inilah yang mendapat prioritas utama.
|
Ejaan yang tepat dalam paragraf di atas terdapat
pada kalimat ...
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (2) dan (4
d. (1) dan (4)
46.
Cermati
kalimat-kalimat berikut!
(1) Buku kumpula cerpen ‘Hujan Kepagian’ itu cukup
menarik.
(2) Buku ini menceritakan kesaksian tentang
revolusi kemerdekaaan.
(3) Karya sastra yang menampilkan
kisah-kisah disekitar revolusi yang dialami oleh pengarang,jumlahnya sangat
sedikit.
(4)
Selain itu, buku ni juga memiliki amanat mengajak generasi muda untuk
berjuang mempertahankan kemerdekaan bangsa.
|
Kalimat yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca
ditandai dengan nomor …
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
47.
Perhatikan kalimat berikut!
Kami sekeluarga akan bertamasya ke danau toba saat
liburan pada hari lebaran.
Penggunaan ejaan tepat
terdapat pada kalimat ....
a. Kami sekeluarga akan bertamasya ke danau Toba saat
liburan pada hari lebaran
b. Kami sekeluarga akan bertamasya ke Danau toba saat
liburan pada Hari Lebaran.
c. Kami sekeluarga akan bertamasya ke Danau Toba saat
liburan pada hari Lebaran.
d. Kami sekeluarga akan bertamasya ke danau toba saat liburan
pada Hari Lebaran.
48.
Perhatikan
kalimat berikut!
Belikan adikmu permen cokelat dan es krim, kata ibu
kepadaku.
Penggunaan tanda baca tepat terdapat pada kalimat…
a. “Belikan
adikmu permen, cokelat dan es krim,”kata ibu “kepadaku”.
b. “Belikan
adikmu permen,cokelat dan es krim,”kata ibu kepadaku.
c. “Belikan
adikmu permen cokelat dan es krim,” kata ibu kepadaku.
49.
Perhatikan
kalimat berikut!
Guru saya, Pak Doni pandai sekali.
Kalimat tersebut salah dalam penggunaan tanda baca karena
…
a. Tanda
koma seharusnya dipakai untuk mengapit keterangan tambahan yang sifatnya tidak
membatasi.
b. Tanda
koma seharusnya dipakai untuk menghindari salah baca atau salah pengertian di
belakang keterangan yang terdapat di awal kalimat.
c. Tanda
koma dipakai untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimat jika anak kalimat
itu mendahului induk kalimatnya.
d. Tanda
koma dipakai untuk memisahkan bagian atas nama yang dibalik susunannya dalam
sebuah kalimat.
50.
Perhatikan
kalimat berikut!
Di
meja itu ada: buah manggis, anggur, dan jeruk.
Alasan
penggunaan tanda baca tersebut tidak tepat adalah…
a. Tanda
titik dua hanya dipakai dalam naskah drama sesudah kata yang menunjukkan pelaku
dalam percakapan.
b. Tanda
titik dua dalam kalimat tersebut dipakai pada akhir suatu pernyataan
lengkapdiikuti pemerian.
c. Tanda
titik dua hanya dipakai sesudah kata atau ungkapan yang memerlukan pemerian.
d. Tanda
titik dua dalam kalimat tersebut tidak dipakai jika pemerian itu merupakan
pelengkap yang mengakhiri pernyataan.
No comments:
Post a Comment