PAKET
01
|
1.
Bacalah
teks berikut dengan saksama!
Sistem pendidikan di Indonesia dewasa ini mengalami
suatu perubahan yang sangat signifikan.
Perubahan tersebut berkaitan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia
pendidikan Indonesia. Kurikulum 2006 yang sejak lma dipakai diganti dengan
kurikulum 2013. Walaupun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum ini,
pembelajaran tetap berjalan sebagai mestinya.
|
Makna kata tercetak niring dalam teks
tersebut adalah ... .
A. cepat
B. penting
C. sulit
D. maju
2.
Bacalah
teks berikut!
Hutan bakau merupakan ekosistim pendukung utama
kehidupan di wilayah pesisir. Selain sebagai habitat biota laut, hutan bakau
berfungsi mengurangi dampak tsunami. Hutan bakau juga berfungsi untuk menahan
tepian pantai atau pulau dari pengikisan ombak atau abrasi. Setiap
pengrusakan hutan bakau sangat berpotensi terhadap berkurangnya luasan
kawasan daratan akibat abrasi.
|
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
tersebut adalah ... .
A. Hutan
bakau pendukung utama kehidupan di wilayah pesisir.
B. Pengrusakan
hutan bakau selalu dilakukan sekelompok manusia yang tinggal di pesisir pantai.
C. Adanya
habitat biota laut dapat menahan abrasi.
D. Dampak
tsunami berpotensi terhadap berkurangnya luasan kawasan daratan.
3.
Cermati
teks berikut!
Festival
Kebudayaan Melanesia 2015 tidak hanya sekedar ajang silaturahmi, tetapi untuk
mencari persamaan kebiasaan atau cara hidup, kebudayaan, kesenian, cara
berpakaian, bahasa, dan seni budaya lain antarnegara anggota Melanesia.
Kesamaan cit –cita mrnjadi salah satu faktor utama untuk memperkenalkan dan
memajukan suatu negara, khususnya bagi negara-negara Melanesia saat ini.
Sejatinya, budaya memiliki peranan cukup besar dalam eksistensi suatu negara.
|
Simpulan isi teks tersebut
adalah ... .
A. Cara
hidup, kebudayaan, kesenian, dan bahasa modal dasar pembangunan.
B. Festival
Kebudayaan Melanesia 2015 mendukung suatu kemajuan suatu bangsa.
C. Kesamaan
cita-cita merupakan alasan penyelenggaraan acara tersebut.
D. Budaya
memiliki andil cukup besar dalam eksistensi suatu bangsa.
4.
Cermatilah
teks berikut
Fear of missing out (FOMO) adalah semacam penyakit mental yang banyak
menimpa pengguna media sosial, semacamkecemasan, ketakutan, keengganan, dan
juga ketidakmauan tertinggal informasi. Beberapa indikasi FOMO antara lain
keinginan untuk selalu mengaktualkan apa pun peristiwa atau kejadian yang
menimpa agar diketahui publik. Indikasi lainnya adalah keinginan untuk
mengetahui apa yang terjadi pada orang lain yang sering disebut knowing every
particular object (KEPO). FOMO tidak hanya menghinggapi kalangan muda, tetapi
juga kalangan kalangan senior terdidik, para lulusan pascasarjana,
professional, pengusaha, dan kalangan mapan lainnya.
|
Ide
pokok teks tersebut adalah…
A. FOMO
adalah semacam penyakit mental yang banyak menimpa pengguna media sosial
B. Keinginan
untuk selalu mengaktualkan apa pun peristiwa atau kejadian yang menimpa
C. Keinginan
untuk mengetahui apa yang terjadi pada orang lain atau KEPO
D. FOMO
menghinggapi kalangan muda, para lulusan pascasarjana, professional, dan
pengusaha
5.
Cermatilah
paragraf berikut!
Tahun
ini kemarau sangat panjang, sampai-sampai tanah di persawahan kering bahkan
retak-retak. Sumur juga kering
sehingga tidak dapat untuk menyiram tanah. Sungai-sungai yang biasanya
menjadi harapan petani saat musim kemarau juga mendangkal. Padi yang sudah
terlanjur ditanam pun akhirnya puso karena kekurangan air.
|
Isi
tersirat teks tersebut adalah…
A. Terjadi
kemarau panjang
B. Sumur
menjadi kering
C. Sungai-sungai
mendangkal
D. Petani
tidak panen2
6.
Cermatilah
paragraf berikut!
Setiap
hari Senin setiap sekolah melaksanakan upacara bendera. Hal ini sudah menjadi
agenda rutin. Upacara bendera banyak manfaatnya, baik bagi guru maupun siswa.
Selain untuk berlatih disiplin, juga dapat menghargai perjuangan para
pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan.
Dari amanat pembina upacara, para siswa juga mendapat nasihat-nasihat
yang bermanfaat bagi masa depan mereka.
|
Pernyataan
yang mendukung pada teks tersebut adalah…
A. Saya
senang, para siswa mengikuti upacara bendera setiap hari Senin
B. Saya
senang, para siswa dapat berkumpul
dengan teman-temannya
C. Saya
senang, para siswa mendapatkan banyak manfaat ketika mengikuti
upacara bendera
D. Saya
senang, para siswa lebih sehat karena mendapat vitamin D
7.
Bacalah
bacaan berikut!
Tineke telah berusia 83 tahun dan berambut putih.
Meskipun demikian, semangat dan tekadnya tidak pernah kendur untuk
mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Prestasinya yang
spektakuler di dunia atletik patut dicontoh dan dihargai. Meskipun telah
berusia lanjut, wanita berbadan tegap tersebut tetap aktif mengikuti berbagai
lomba atletik hingga tingkat internasional.
Tekad Tineke untuk menjadi atlet diawali ketika
Pekan Olah Raga Nasional (PON) I yang diadakan di Solo 1948. Pada saat itu,
wanita yang pernah tinggal di Belanda itu datang ke stadion dan melihat
langsung pertandingan atletik. Kemudian, dia mulai berlatih dan terus
berlatih. Akhirnya, karena tekad kuatnya, wanita berambut pendek itu terpilih
mewakili DKI Jakarta pada PIN ke-2 di Jakarta. Pada saat itu, dia berhasil
menyabet medali emas untuk lari estafet 4x100 meter. Kemudian, pada PON ke-4
dan ke-5 dia tidak bisa ikut karena sudah menikah dan pindah ke Belanda.
|
Ringkasan yang tepat berdasarkan teks di
atas adalah....
A. Tineke
telah berusia 83 tahun. Prestasinya di dunia atletik patut dicontoh dan
dihargai.
B. Tineke
telah berusia 83 tahun masih aktif mengikuti
berbagai lomba atletik. Tekadnya menjadi atlet diawali ketika PON di
Solo 1948.
C. Semangat
Tineke untuk mengharumkan nama bangsa tidak pernah kendur. Oleh karena itu dia
rajin dan terus berlatih.
D. Tekad
Tineke untuk menjadi atlet diawali ketika PON di Solo. Pada saat itu dia
berhasil menyabet medali emas.
8.
Bacalah
teks berikut!
Teks 1
Suatu
hari gagak dan merak bercakap-cakap di tepi sungai.
“Sungguh
membanggakan bila bulu yang kita miliki berwarna indah,” kata merak.
“Tidakkah
kau bosan dengan warna bulumu yang hanya putih itu?”
“Ya,
sungguh membosankan,” sahut gagak. “Bagaimana kalau kita mencari bahan
pewarna? Mula-mula aku akan mengecat bulu-bulumu, setelah itu, kau mengecat
buluku. Bagaimana?”
|
Teks 2
Diantara
daun kayu tampak kepada mereka tebing itu turun ke bawah, di kakinya tegak
pondok, sunyi mati, tak sedikit jua pun kentara, bahwa dia melindungi manusia
yang hidup, pandai bergerak dan bersuara. Di bawahnya kedengaran
sebentar-bentar sapi mendengus dan binatang-binatang itu pun kelihatan
kekabur-kaburan dalam sinar bara yang kusam. Dari celah-celah dinding pondok
keluar cahaya yang kuning merah, tetapi tiada berupa jauh sinar yang halus itu
lenyap dibalut oleh kelam yang Maha Kuasa.
|
Perbandingan penggunaan bahasa kedua
teks tersebut adalah....
A. Teks
1 lebih banyak menggunakan kalimat-kalimat dialog, sedangkan teks 2 dengan
pencerita.
B. Teks
1 bahasanya sederhana, mudah dipahami, sedangkan teks 2 bahasanya sulit
dipahami.
C. Teks
1 menggunakan pencerita dia an, sedangkan teks 2 menggunakan pencerita aku an.
D. Teks
1 bahasanya enak didengar sedangkan teks 2 bahasanya kasar.
9.
Bacalah
kutipan teks berikut!
Pada
bab pertama novel “Sang Pemimpi”, Andrea menceritakan bahwa dirinya (dalam
novel ini digambarkan sebagai Ikal) dan kedua temannya, Arai dan Jimbron adalah tiga remaja yang nakal.
Mereka sangat dibenci oleh Pak Mustar, tokoh antagonis dalam novel ini. Sebaliknya,
hal berbeda diberikan oleh sang Kepala Sekolah yang bernama Pak Balia. Pak
Balia lah yang telah memberikan mimpi-mimpi kepada murid-muridnya, terutama
kepada Ikal, Arai dan Jimbron.
“Jelajahi kemegahan Eropa sampai ke Afrika yang eksotis. Temukan berliannya
budaya sampai ke Perancis.....”. itulah kata-kata yang sering diucapkan Pak
Balia.
|
Hal yang menyatakan keunggulan karya
novel tersebut adalah....
A. Cerita
cocok untuk remaja
B. Latar
ceritanya menarik
C. Sudut
pandang orang ketiga
D. Pesan
moral secara tersurat
Cermatilah
kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 10 – 12.
Sejak tangan kirinya terluka dan tidak bisa
bekerja, Emak jadi sangat pendiam. Wajah
sendunya jadi murung.
Belakangan ini, Emak sering menghabiskan waktu untuk melamun selama berjam-jam
di bale-bale rumah. Tampak jelas di wajah senjanya Emak memikirkan sesuatu,
sesuatu yang membuatnya tampak frustasi.
Beberapa kali Dani memergoki Emak menangis. Setiap kali didekati dan ditanya, Emak selalu menjawab tidak apa-apa,
selalu bersikap seolah beliau baik-baik saja.
|
10. Makna
kata frustasi pada kutipan cerpen tersebut
adalah ….
A. Rasa kecewa akibat kegagalan di dalam mengerjakan
sesuatu.
B. Rasa
sedih akibat tidak berhasil membahagiakan orang lain.
C. Rasa bersalah akibat telah mengecewakan orang yang dicintai.
D. Rasa menyesal akibat kenyataan tidak sesuai
dengan harapan.
11. Makna
tersurat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah ….
A. Emak
sedang tidak enak badan.
B. Emak
sedang memikirkan sesuatu.
C. Emak
selalu dalam kondisi baik.
D. Emak
sedih memikirkan Dani.
12. Kutipan
cerpen tersebut merupakan bagian ….
A. Orientasi
B. Komplikasi
C. Resolusi
D. Koda
13.
Bacalah
kutipan teks berikut!
Tatkala
suatu senja sepasang merpati tersebut kembali ke rumahnya, yang didapati
adalah sepasang ayam galak sedang
mengobrak abrik rumahnya dan memakan segala makanan yang terdapat di
situ.Alangkah terkejutnya sepasang merpati itu. Marahlah mereka kepada
sepasang ayam yang kelihatannya malah mengejeknya.
|
Latar pada kutipan fabel di atas
adalah....
A. Senja
hari, di rumah
B. Sore
hari, di hutan
C. Malam
hari, di hutan
D. Pagi
hari, di rumah
14. Makna
simbol dari sepasang merpati pada
cerita di atas adalah....
A. Kesetiaan
dan kasih sayang
B. Kejujuran
C. Kedewasaan
D. Kebaikan
dan kelembutan
15.
Bacalah
teks berikut!
Ayah
mengamati aku dari atas ke bawah.Ia berdiri dan menjangkau tangan
kananku.Katanya “Untuk apa bunga ini,heh.”Aku tidak tahu karena apa,telah
mencintaibunga di tanganku ini. Ayah meraih, merenggutnya dari
tanganku.Kulihat bungkah otot tangan ayah menggenggam bunga kecil-kecil
itu.Aku menahan untuk tidak berteriak.
“Laki-lakitidak
perlu bunga Buyung. Kalau perempuan bolehlah. Tetapi engkau laki-laki.”
Ayah
melempar bunga itu.Aku menjerit. Ayah pergi. Ibu masih berdiri. Aku
membungkuk, mengambil bunga itu,membawanya ke kamar.
|
Isi tersirat kutipan cerpen tersebut
adalah...
A. Ayah
tidak ingin Buyung memiliki sifat lembut
seperti wanita.
B. Ayah
tidak ingin anaknya menyukai bunga seperti dia.
C. Ayah
tidak ingin kalau bunga itu dipetik.
D. Ayah
ingin bunga itu menjadi hiasan di taman.
Bacalah
kutipan teks cerpen berikut kemudian kerjakan soal nomor 16 dan 17!
Gadis kecil itu kembali ke teras dengan berlari,
tidak lupa membawa segulung kain kasa di tangan. Mia meneteskan obat
antiseptik ke lengan burung itu pelan-pelan seolah takut menyakiti.
“Kau tenang saja burung cantik, ini akan sedikit
sakit, tapi kau akan segera sembuh dan bisa terbang lagi bersama keluargamu,”
ujarnya lirih pada burung malang itu seperti seorang dokter.
Kemudian dililitkan kasa steril sebagai perban
dengan hati-hati seolah-olah takut jika dia mematahkan lengan yang terluka
itu. Mia teringat ayah yang pernah membalutkan perban kasa steril seperti ini
ketika dia jatuh dari sepeda.
Mia menceritakan peristiwa yang dialami itu kepada
ayahnya. Kata ayahnya, mungkin burung itu terkena tembakan senapan angin para
pemburu burung.
Dua hari telah berlalu. Ketika suatu pagi Mia bangun
untuk melihat pasien kecilnya, betapa terkejut dia.
“Ayah… Ibu…!” teriak Mia. Ayah dan ibu pun
tergopoh-gopoh menghampiri Mia. “Lihat Yah! Burung ini kenapa? Sayap dan
dadanya tidak lagi naik turun seperti kemarin, tetapi lukanya sudah
mengering,” seru Mia seraya menunjukkan luka di balik balutan perban yang
baru saja dibukanya.
“Mia, burung ini terluka cukup parah waktu kau
menemukannya tempo hari. Dia sekarang tidak kuat lagi.”
“Mmm… maksud Ayah dia sudah mati?” pekik Mia. Air mata
meleleh di pipinya yang kemerahan.
“Iya Mia, Ayah turut menyesal.”
|
16. Sebab
terjadinya konflik pada kutipan cerpen tersebut adalah …
A. Mia
menjumpai burung yang terluka di teras rumah.
B. Mia
suka memelihara burung yang sedang terluka.
C. Burung
yang cantik bisa terbang lagi setelah sembuh.
D. Para
pemburu kehilangan burung yang ditembak.
17. Akibat
konflik yang terjadi pada kutipan cerpen tersebut adalah …
A. Tokoh
Ayah turut menyesal.
B. Tokoh
Mia merasa sedih.
C. Tokoh
Ibu menghampiri Mia.
D. Tokoh
Mia mengobati luka.
18.
Bacalah
teks berikut!
Teks
1
Senyum
Haryono
Para
pekerja tertawa bersama. Mereka, para pengumpul batu itu, memang pintar
bergembira dengan cara menertawakan diri mereka sendiri. Dan Haryono tidak
ikut tertawa, melainkan cukup tersenyum. Bagi mereka tawa atau senyum
sama-sama sah sebagai perlindungan terakhir. Tawa dan senyum bagi mereka
adalah simbol kemenangan terhadap tengkulak, terhadap rendahnya harga batu,
atau terhadap licinnya tanjakan. Pagi itu senyum Haryono pun sebagai tanda
kemenangan atas perutnya yang sudah mulai melilit dan matanya yang
berkunang-kunang.
Haryono
melangkah pelan dan sangat hati-hati. Beban yang menekan pundaknya adalah
pikulan yang digantungi dua keranjang batu kali. Jalan tanah yang sedang
didakinya sudah licin dibasahi air yang menetes dari tubuh Haryono dan
kawan-kawan, yang pulang balik mengangkat batu dari sungai ke pangkalan
material di atas sana.
|
Teks
2
Gadis
Penjaja Tikar
Suasana Kebun Raya
Bogor dipenuhi dengan pengunjung. Laki-laki, perempuan, tua maupun muda
semuanya ada di sana. Saat itu adalah hari libur panjang sekolah sehingga
banyak pengunjung yang pergi liburan. Mereka ingin menikmati suasana malam
dan menghilangkan kejenuhan.
Seorang anak kecil tiba-tiba datang dengan pakaian
sederhana. Ia menjajakan tikar dari plastik kepada para pengunjung ke
pengunjung lain. Ia terus menawarkan tikarnya. “Pak, mau sewa tikar?” katanya
pada Pak Umar. “Berapa harga sewa satu lembar tikarnya?” tanya Pak Umar.
“Lima ribu rupiah, Pak!” jawabnya dengan suara lembut. “Bagaimana kalau bapak
ambil tiga puluh ribu rupiah?” tanya Pak Umar lagi. Gadis itu diam sejenak.
|
Perbedaan pola pengembangan kedua
kutipan cerita tersebut diawali dengan …
|
Teks
1
|
Teks
2
|
A
|
Menginformasikan garis
besar cerita
|
Mengisyaratkan adanya
ketegangan
|
B
|
Memulai dengan perbuatan
tokoh
|
Menginformasikan garis
besar cerita
|
C
|
Menampilkan lokasi
terjadinya cerita
|
Mengisyaratkan adanya
ketegangan
|
D
|
Memulai dengan perbuatan
tokoh
|
Menampilkan lokasi
terjadinya cerita
|
19.
Bacalah kedua kutipan cerita berikut!
Kutipan fable 1
|
Kutipan fable 2
|
Dengan
senang hati Kus Tikus naik ke leher sang Jerapah. Kemudian dia memegang
kaleng cat dengan kedua bibirnya. Dia merasa nyaman menempel di leher sang
Jerapah. Dengan mudah si tikus menjangkau tempat-tempat yang sulit. Si tikus
mengayunkan kuas ke langit-langit. Pekerjaan mereka sangat rapi. Pak Beruang
sang pemilik rumah, sangat besar hatinya. Lalu, ia memberi imbalan jerih
payah lebih untuk Kus Tikus dan Jiji Jerapah
|
Ketika
mereka sedang berpesta, tiba-tiba monyet berteriak kencang, “Teman-teman
cepat bersembunyi, ada gerombolan serigala mengintai kita!” seketika itu juga
mereka kalang kabut. Tiba-tiba gerombolan serigala mengejar binatang-binatang
yang ada di rumah Kuku. Kura-kura, monyet, kancil, dan kambing sudah tertangkap
oleh serigala. Seketika itu juga Landa marah. Dia tidak terima melihat
teman-temannya ditangkap serigala.
|
Perbedaan
penggunaan bahasa pada kedua cerita tersebut adalah....
|
Kutipan 1
|
Kutipan 2
|
A
|
Menggunakan bahasa kiasan
|
Menggunakan bahasa lugas
|
B
|
Menggunakan bahasa lugas
|
Menggunakan bahasa kiasan
|
C
|
Menggunakan bahasa ungkapan
|
Menggunakan bahasa berkonotasi negatif
|
D
|
Menggunakan bahasa sehari-hari
|
Menggunakan bahasa campuran
|
20.
Bacalah kutipan cerita berikut!
Setelah mendengar cerita itu Kuku merasa iba
kepada Landa. Kuku berusaha menghibur Landa. Dia juga mengundang Landa ke
pesta di rumahnya. Landa senang mendapat undangan itu. Keesokan harinya Landa
datang ke rumah Kuku. Dengan senang dan bergembira dia segera menuju ke rumah
Kuku. Setelah sampai di rumah Kuku ternyata sudah banyak binatang lain yang
hadir dalam pesta tersebut, termasuk monyet, kambing, dan kancil. Kuku
menerima kedatangan Landa dengan gembira. Dia mengenalkan Landa kepada
teman-temannya. Sebagian dari tamu-tamu itu ada yang mau bersalaman dengan
Landa dan sebagian lain menolaknya.
|
Komentar
terhadap isi teks cerita tersebut adalah ….
A. Cerita tersebut menarik karena memakai tokoh Kuku dan Landa.
B. Cerita tersebut bagus tokoh utamanya hanya
mengundang Landa ke rumahnya.
C. Cerita tersebut menarik semua teman
binatang mau bersalaman dengan Landa
D. Cerita tersebut bagus dapat menginspirasi
pembaca dalam berteman kepada sesama.
21.
Bacalah kutipan cerita berikut!
Di hutan belantara hiduplah seekor landak.
Namanya Landa. Jarang sekali dia bermain dengan binatang lain. Si landak
tidak mau bermain dengan binatang lain karena khawatir duri yang ada di
tubuhnya akan menusuk temannya. Setiap hari Landa bermain sendiri. Mencari
makan pun dia hanya berani pada malam hari di saat binatang lain tidur pulas.
Hatinya sedih karena tidak mempunyai teman yang bisa diajak berbicara dan
bermain. Beberapa waktu lalu si Landa mengajak monyet, kambing, kancil, dan
binatang lainnya untuk bermain bersama. Akan tetapi mereka menolak ajakan
itu.
|
Komentar
terhadap pola pengembangan teks tersebut adalah ….
A. Cerita tersebut diawali dengan seekor landak
yang jarang bermain dengan binatang lain.
B. Cerita tersebut mengisahkan landak yang senang
mencari makan di malam hari.
C. Cerita tersebut diawali dengan binatang lain
yang menolak ajakan si landak.
D. Cerita tersebut mengisahkan monyet, kambing,
kancil, dan landak.
22.
Perhatikan
kalimat berikut!
Kapal itu Berlayar menyusuri samudera
Pasifik.
Kalimat tersebut salah dalam penggunaan
ejaan karena ....
A. Huruf
kapital seharusnya tidak dipakai sebagai penjelas huruf pertama nama diri
geografi yang digunakan sebagai penjelas nama jenis.
B. Huruf
kapital seharusnya dipakai sebagai huruf pertama nama diri geografi jika kata
yang mendahuluinya menggambarkan kekhasan budaya.
C. Huruf
kapital seharusnya dipakai sebagai sebagai huruf pertama unsur-unsur nama
geografi yang diikuti nama diri geografi.
D. Huruf
kapital seharusnya dipakai sebagai penjelas huruf pertama nama diri geografi
yang digunakan sebagai penjelas nama jenis.
23.
Bacalah
teks Laporan berikut!
Laporan
Kegiatan … Tes Kompetensi Dasar mengatakan bahwa rerata kemampuaqn calistung
(membaca, menulis, berhitung) untuk seluruh kabupaten di Provinsi DIY belum
dapat memenuhi kriteria dan perlu ditingkatkan. Hal ini beralasan jika
melihat hasil … Direktorat Ketenagaan Depdiknas Tahun 2004 yang menyebutkan
secara 65, 29% dari sebanyak 29.238 guru SD tidak menguasai dengan baik
materi pelajaran (Mundularto, 2005:8). Hal ini memiliki pengaruh terhadap …
soal yang digunakan dalam Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN).
|
Kata baku yang tepat untuk melengkapi kutipan tersebut
adalah …
A. Analisa,
survei, kualitas
B. Analisa,
survei, kwalitas
C. Analisis,
survei, kualitas
D. Analisis,
survey, kualitas
24.
Perhatikan petunjuk rumpang berikut!
Petunjuk
Melakukan Wawancara
1) Tetapkan tujuan melakukan wawancara, lalu
tentukan narasumber.
2) [ ….. ]
3) Upayakan pertanyaan yang diajukan dapat
menggali informasi sebanyak-banyaknya..
4) [ ….. ]
5) Saat melakukan wawancara, ajukan pertanyaan
yang runtut.
6) Akhiri wawancara dengan kesan menyenangkan.
|
Kalimat tepat untuk
melengkapi petunjuk tersebut adalah …
A. 2) Siapkan daftar pertanyaan sesuai tema yang
dipilih dan alat tulis.
4) Daftar pertanyaan sebaiknya dikonsultasikan
terlebih dahulu dengan narasumber.
B. 2)
Siapkan daftar pertanyaan sesuai tema yang dipilih dan alat perekam.
4) Awali pembicaraanringan, seperti menanyakan
kabar.
C. 2)
Siapkan daftar pertanyaan sesuai temayang dipilih dan alat tulis.
4) Penentuan tema wawancara bertujuan untuk
membatasi perbincangan dengan narasumber.
D. 2)
Siapkan daftar pertanyaansesuai tema yang dipilih dan alat perekam.
4)
Hubungi narasumber dan buatlah janji terlebih dahulu untuk melakukan wawancara
dengan
narasumber.
25.
Cermati
kalimat-kalimat berikut !
Petunjuk Membuat Tape Singkong
1. Kupas
singkong yang akan dibuat tape
2. Cuci
bersih singkong yang telah dikupas
3. Kerok
singkong yang telah dikupas
4. Taburi
singkong yang sudah dingin dengan ragi tape secukupnya
5. Kukus
singkong yang sudah bersih
6. Dinginkan
singkong yang sudah matang
7. Siapkan
tempat yang dilapisi penuh dengan daun pisang
8. Masukkan
singkong yang telah ditaburi ragi tape
9. Tutup
rapat-rapat dan simpan
10. Setelah
2-3 hari buka dan tape siap disantap
|
Urutan
yang tepat petunjuk membuat Tape singkong tersebut adalah…
A. 1, 3,
2, 5, 6, 4, 7, 8, 9, 10
B. 1, 2,
3, 5, 6, 4, 7, 8, 9, 10
C. 1, 3,
2, 4, 6, 5, 7, 8, 9, 10
D. 1, 2,
3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10
26.
Bacalah
kalimat berikut!
Buah jambu biji sangat
bagus bagi…. tubuh karena banyak mengandung …. yang dapat menyegarkan dan menghaluskan….
|
Istilah yang tepat untuk melengkapi
kalimat tersebut adalah…
A. Kesegaran,
vitamin, kulit
B. Kesehatan,
nutrisi, wajah
C. Kesehatan,
vitamin, kulit
D. Kesegaran
, nutrisi , tubuh
27. Bacalah teks berikut!
Di
sebuah hutan yang sangat lebat, tinggallah bermacam-macam hewan. Ada Semut,
Gajah, Harimau, Badak, Burung, dan
sebagainya.Pada suatu hari, datanglah badai yang sangat dasyat.....Semua
hewan berlari ketakutan menghindari badai tersebut.
|
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
paragraph tersebut adalah…
A. Banyak
hewan penghuni hutan itu kebingungan.
B. Badai
itu membuat seluruh penghuni hutan panik.
C. Badai
itu banyak menghancurkan rumah-rumah hewan di hutan.
D. Banyak
hewan yang lari tunggang langgang.
28. Bacalah
teks di bawah ini!
Penduduk
asli negara Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan pohon singkong.
Pohon singkong merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditanam oleh
para petani di tanah air. Dari umbi hingga daunnya, tanaman ini dapat
digunakan untuk kehidupan manusia. Umbi pohon ini dikenal dengan nama
singkong yang merupakan jenis umbi kayu yang dapat diolah menjadi aneka
makanan yang nikmat. Sementara untuk batangnya dapat dimanfaatkan sebagai
kayu bakar dan bisa ditanam kembali dengan cara distek.
(....)
Berdasarkan informasi yang diambil dari
manfaatdaun.com, daun singkong mempunyai kandungan nutrisi yang terdiri dari
vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, magnesium, kalium, kalsium, zat
besi, mangan, zinc dan lain sebagainya. Selain itu, daun singkong mempunyai
kadar kalori dan lemak rendah. Di dalam 100 gram daun singkong terdapat
kandungan kalori sebanyak 37 kkal dan terdapat kandungan lemak sebanyak 1,9
gram.
|
Paragraf
yang tepat untuk mengisi bagian rumpang
teks tersebut adalah…
A. Nah,
bagaimana dengan daunnya? Sama seperti umbi singkong, daun singkong juga dapat dikonsumsi
menjadi berbagai masakan yang enak seperti ditumis, direbus sebagai lalapan
serta bisa juga dimasak menjadi sayur lodeh dan urap. Jika dibandingkan,
kandungan nutrisi di dalam daun singkong tak kalah dengan kandungan yang
terdapat pada sayuran pada umumnya
B. Tak
hanya untuk mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, kandungan
nutrisi di dalamnya juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk
mengetahui informasi selengkapnya, berikut ini akan diberikan informasi tentang
manfaat daun singkong untuk kesehatan tubuh.
C. Selain
kaya akan kandungan nutrisi dan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh,
daun singkong ini juga dibanderol dengan harga yang cukup murah. Dengan uang 2
ribu rupiah saja, kita sudah bisa mendapatkan daun singkong ini di pasaran.
D. Akan
tetap daun singkong tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam porsi yang
berlebihan, terutama untuk orang yang menderita hipertensi. Mengkonsumsi daun
singkong secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah atau hipertensi.
29.
Bacalah
teks berikut!
Aku
terlalu sombong dan angkuh, aku menghendaki manusia sempurna sedangkan
manusia hanya dapat ikhtiar dan berusaha untuk sempurna. Kini aku sadar
kemanusiaaan hanya dapat dibina dengan mencintai dan bukan membenci. Sudah
saja hendak merusak manusia lain. Tetapi pertama kali merusak dirinya
sendiri. (Harimau-Harimau oleh
Moehtar Lubis).
|
Dalam kutipan novel di atas pengarang
menggunakan sudut pandang …
A. akuan
B. diaan
C. orang
kedua
D. orang
ketiga
30.
Cermati
data hasil lomba baca puisi berikut !
Lomba baca puisi dalam rangka
memperingati HUT SMP N 1 Sukodono
Peringkat
|
Kelas
|
Jumlah Nilai
|
Juara
1
|
Kelas
1XB
|
1060
|
Juara
II
|
Kelas
VIID
|
1024
|
Juara
III
|
Kelas
VIIG
|
1010
|
Paragraf laporan yang tepat
berdasarkan data tersebut adalah…
A. Hasil
lomba yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMP N I
Sukodono sebagai berikut. Juara I diraih oleh kelas IX B dengan jumlah nilai
1060.Juara II diraih oleh kelas VII D dengan jumlah nilai 1024 dan juara III
diraih oleh kelas VII G dengan jumlah nilai 1010.
B. Hasil
lomba baca puisi yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun
SMP N I Sukodono sebagai berikut.Juara I diraih oleh kelas IX B dengan jumlah
nilai 1060.Juara II diraih oleh kelas VII D dengan perolehan nilai 1024 dan
juara II diraih oleh kelas VII G dengan jumlah nilai 1010.
C. Hasil
lomba baca puisi yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun
SMP N I Sukodono sebagai berikut. Juara III diraih oleh kelas IX B dengan
jumlah nilai 1060.Juara II diraih oleh kelas VII D dengan perolehan nilai 1024
dan juara I diraih oleh kelas VII G dengan jumlah nilai 1010.
D. Secara
berturut-turut hasil lomba kelas yang dilaksanakan di SMP N I Sukodono sebagai
berikut. Juara I diraih oleh kelas IX G dan Juaran II diraih kelas VII D juara
III diraih oleh kelas VIII G
31.
Bacalah
kalimat berikut!
Pelajar
sekarang lebih mengutamakan musyawarah mufakat dari pada sikap anarkis guna menyelesaikan masalah.
|
Penulisan yang tepat pada kata yang
bercetak miringdi atas adalah….
A. anarki
B. anarkitis
C. anarkisme
D. anarkinisme.
Bacalah
paragraf di bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 32 dan 33!
(1)
Memasuki
kawasan wisata Sangeh, terdapat patung besar yang berwujud ksatria raksasa,
yaitu Kumbakarna yang sedang dikeroyok puluhan kera-kera. (2) Patung ini
menggambarkan kisah pewayangan Ramayana yang sangat dikenal masyarakat Bali.
(3) Di sekitar patung Kumbakarna terdapat dua patung singa, yang salah
satunya terlihat sedang mengasuh seekor anak kera. (4) Hal ini berarti
menunjukkan bahwa masyarakat Bali menyukai seni pahat patung yang tinggi. (5)
Setelah memasuki pintu gerbang akan melewati jalan sepanjang lebih kurang 200
meter menuju hutan pala yang setiap sisinya dipagari dengan tembok batu-batu
kali besar yang disusun tidak beraturan.
|
32. Berdasarkan
paragraf di atas kalimat tidak efektif ditunjukkan pada nomor….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
33. Kalimat
tidak padu pada paragraf di atas ditunjukkan pada nomor….
A. 1
B. 2
C. 4
D. 5
34.
Perhatikan kalimat berikut!
Menurut (1)....dokter,ayah menderita
penyakit (2)....,sehingga operasi prostatnya ditunda karena sangat
membahayakan bagi jiwanya.
|
Istilah
yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang kalimat tersebut adalah....
A. 1) analisis (2) hipertensi
B. (1) penelitian (2) infeksi
C. (1) diagnosis (2) hipertensi
D. (1) diagnosa (2) ginjal
35.
Perhatikan
kalimat di bawah ini !
Andi dan Ayahnya .......di
hotel sejak pulang ke Indonesia.
A. bermalam
B. semalaman
C. semalam
D. kemalaman
36. Tidak
seorang pun berpangku tangan saat banjir datang, bahkan mereka [...] dengan
penuh semangat...
Kata ulang yang tepat
untuk mengisi bagian rumpang kalimat tersebut adalah....
A. tolong-tolongan
B. tolong-menolong
C. bertolong-tolong
D. tolong-tolong
|
|||||||||
37.
Cermati
teks berikut!
Kalimat yang menggunakan
kata tidak baku dalam paragraf tersebut adalah ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
38.
Cermati
paragraf berikut!
Kalimat tidak efektif
dalam paragraf tersebut ditunjukkan nomor ....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)
39.
Bacalah
teks berikut!
A. Jika
tidak diatur dengan baik, kemungkinan akan terjadi penyimpangan terhadap
norma kesopanan tersebut.
B. Negara
menyadari bahwa setiap warganya memiliki perbedaan dalam memenuhi kebutuhan
hidup.
C. Pelanggaran
terhadap norma kesopanan akan mengakibatkan seseorang dicela atau dicemooh
oleh masyarakat.
D. Norma
kesopanan mengatur, melarang, serta memaksa warga masyarakat untuk bertingkah
laku sesuai undang-undang.
Bacalah teks eksposisi berikut ini
untuk soal no 40 dan 41!
40. Perbaikan
yang tepat untuk kata yang bercetak miring pada teks tersebut adalah …
A. (1)
mempelajari, (2) di kancah, dan (3) diharapkan
B. (1)
mempelajari, (2) dikancah, dan (3) di harapkan
C. (1)
mempelajari, (2) di kancah, dan (3) di harapkan
D. (3)
mempelajari, (2) di-kancah, dan (3) di-harapkan
41.
Perhatikan
kalimat berikut!
Perbaikan kalimat tersebut
agar menjadi kalimat efektif adalah …
A. Banyak
pelajar yang harus memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia dan negara
Indonesia karena pendidikan yang sudah ditopang oleh pemerintah Indonesia.
B. Pelajar-pelajar
harus memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara Indonesia karena
pendidikan yang sudah ditopang oleh pemerintah Indonesia.
C. Banyak
pelajar-pelajar harus memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara Indonesia
karena pendidikan yang sudah ditopang oleh pemerintah Indonesia.
D. Pelajar
harus memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara Indonesia karena
pendidikan yang sudah ditopang oleh pemerintah.
42.
Cermati
teks berikut!
Kalimat
penjelas yang tidak padu dalam paragraf tersebut adalah …
A. (2)
B. (3)
C. (4)
D. (5)
43. Penggunaan ejaan tidak tepat terdapat pada
kalimat …
A. Ibu sangat menyukai kursi dengan ukiran
jepara.
B. Ayah memerlukan kunci inggris untuk
memperbaiki sepeda motornya.
C. Harga pisang ambonlebih mahal daripada
pisang depok.
D. Saya sangat menyukai jeruk bali.
44.
Penggunaan
tanda baca tidak tepat terdapat pada kalimat …
A. Kamu pasti punya banyak waktu luang buat
belajar, ya?
B. Wah, kamu pasti senang menjadi juara kelas.
C. Mengapa kamu tidak mengumpulkan, tugas Her?
D. Aku setiap hari belajar, tetapi tetap saja
kalah denganmu.
45. Perhatikan
kalimat berikut :
Penggunaan ejaan yang tepat pada kalimat diatas,terdapat pada nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
46. Cermatilah
kalimat berikut :
Penulisan
kalimat langsung yang tepat terdapat pada nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
47. Cermatilah kalimat berikut!
Perbaikan pilihan kata pada paragraf yang rumpang tersebut
adalah ....
A. membajak, menanamkan, ada
B. membajak, bertanam, ada
C. membajak, ditanam, datang
D. membajak, menanam, datang
48. Cermati kalimat di
bawah ini!
Selanjutnya raja Iskandar yang, agung mengenalkan merica ke Yunani
Perbaikan
penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat di atas adalah …
A. Selanjutnya Raja, Iskandar
yang Agung mengenalkan merica ke Yunani
B. Selanjutnya, Raja
Iskandar, yang Agung mengenalkan merica ke Yunani.
C. Selanjutnya, Raja
Iskandar yang Agung, mengenalkan merica ke Yunani.
D. Selanjutnya, Raja
Iskandar yang Agung, mengenalkan merica ke Yunani
|
49. Gubernur
terpilih dilantik oleh Presiden di dalam gedung.
Alasan ketidaktepatan penggunaan ejaan
pada kalimat tersebut adalah....
A. Kata
Presiden seharusnya ditulis presiden karena tidak diikuti nama orang.
B. Kata
dilantik seharusnya ditulis di lantik karena di kata depan.
C. di
dalam ditulis didalam karen di adalah imbuhan.
D. gedung
ditulis Gedung karena nama tempat.
50. Pelajar
harus : semangat,rajin,dan giat belajar.
Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat
tersebut adalah....
A. tanda
(.) seharusnya diganti tanda seru (!)
B. pengurangan
tanda (,) setelah kata rajin
C. tanda
(,) sebelum kata dan tidak perlu
D. tanda
( : ) tidak diperlukan
Jawaban nya mana
ReplyDelete